5 Topik, Materi dan Cara Belajar bahasa inggris untuk pemula : Cepat dan Otodidak

belajar bahasa inggris

Belajar bahasa inggris untuk pemula. bahasa inggris kian diminati oleh banyak kalangan. Karena bahasa inggris adalah merupakan bahasa internasional yang sangat di butuhkan pada era modern ini.

Sudah banyak Artikel yang membahas tentang cara belajar bahasa inggris baik untuk pemula dan dengan cara yang cepat dan juga secara otodidak. Seperti yang ada di artikel ini.

Sebelum lanjut lebih jauh, izinkan saya bertanya terlebih dahulu.

Apakah anda masih mempunyai basic bahasa inggris?

Dan berkeinginan untuk bisa cepat speaking dalam waktu cepat?

Topik Basic Bahasa Inggris

Basic bahasa inggris untuk speaking adalah sebuah materi basic bahasa inggris yang digunakan untuk keseharian.

Seperti:

  1. Daily activity
  2. Hobby
  3. Dream
  4. Expression
  5. Dan materi tentang favorite food and drink

Berapa topic diatas adalah beberapa materi yang bisa digunakan untuk setiap orang yang masih di level Pemula. Cukuplah menambahkan materi dan mengulangi materi yang telah dipelajari, maka bahasa inggris anda akan meningkat dengan cepat.

Daily Activity

Daily activity adalah aktifitas keseharian. Pada bagian ini anda pelajari beberapa kosa kata yang berkaitan dengan kegiatan keseharian anda. Yuph, bukan orang lain. Tapi kegiatan harian anda sendiri.

Mengapa kegiatan harian kita sendiri?

Karena kegiatan yang kita alami sendiri akan memudahkan kita dalam eksplorasi ide ketika hendak melatihkan diri kita berbicara bahasa inggris.

Sebelumnya anda bisa mempelari beberapa kosa kata yang berkaitan dengan kebutuhan daily activity yang anda miliki. Karena tanpa bekal kosa kata dasar tentang daily aktivity akan susah bagi anda untuk berbicara dan mempraktekkannya.

Mengenai pembelajaran kosa kata anda bisa cek pada artikel belajar vocabulary yang efektif dan menghafalkannya.

Dengan memiliki kosa kata bahasa inggris yang memadai untuk latihan basic bahasa inggris dalam daily activity, maka mudah bagi anda untuk praktek.

Hobby

Setiap dari kita pasti memiliki hobi. Setiap orang pun memiliki hobinya masing-masing. Pada bagian ini konsepnya hampir mirip dengan di atas. Yaitu, anda belajar berbahasa inggrisnya dengan sesuatu yang telah anda sukai sebelumnya.

Dan pastinya hal tersebut sudah familiar bagi anda.

Ketika anda memiliki hobi bermain musik, maka akan mudah bagi anda untuk berbicara tentang musik dari pada topik terkait dunia sepak bola.

Hakikatnya speaking itu hanya terdiri dua komponen:

  1. Ide
  2. Kosakata

Ketika anda memiliki ide tanpa kosakata, maka anda tidak akan bisa berbicara
ketika anda memiliki kosakata tanpa ide, anda akan speechless

Oleh karena itu, latihlah diri anda dalam basic bahasa inggris khususnya pada hal yang akrab dengan anda seperti, daily activity ataupun hobby.

Dream

Apa itu dream?

Dream adalah mimpi. Semua orang memiliki impian. Impian adalah ambisi. So, gunakan lah ambisi anda untuk jadi alat boosting dalam semangat anda dalam belajar bahasa inggris.

Namun sebelumnya, seperti langkah pertama, pelajari vocabulary yang berkaitan dengan mimpi anda. Bukan mimpi orang lain. Harus tentang mimpi anda.

Mengapa demikian?

Selain anda akan mengulangi konsep yang sama seperti di atas, namun cara ini ada nilai yang berbeda dalam penerapannya. Anda akan merapa termotivasi.

Karena anda akan diingatkan bahwa yang sedang anda pelajari dalam basic bahasa inggris adalah impian anda. Dan sudah semestinya anda akan menjadi terpacu dalam pembelajaran anda.

Jika topik yang anda pelajari adalah mimpi anda yang sangat anda dambakan pencapaiannya, maka ini akan menjadi pemicu dalam pembelajaran anda. Inilah yang membuat pembelajaran topik tentang dream akan sangat menarik untuk dibahas.

Expression

Pada artikel yang lain kami ada membahasa tentang belajar vocabulary. Ketika anda sudah memiliki beberapa kosa kata dasar dalam bahasa inggris, inilah saatnya anda mulai dengan pembelajaran vocabulary dengan expression.

Mungkin dari anda ada yang bertanya apa itu expression.

Expression adalah kumpulan kata bahasa inggris yang membentuk prhase atau kalimat. Akan tetapi bentuk prhase yang ada di expression ini tidak selalu sama dengan phrase dan kalimat yang kita ketahui pada umumnya.

Karena expression yang kami maskudkan disini adalah phrase dan kalimat yang sering digunakan oleh penutur aslinya. Jadi, walaupun beberapa tidak sesuai dengan grammar, akan tetapi memiliki kesesuaian dengan budaya mereka.

Selain itu, basic bahasa inggris dengan expression ini merupakan hal yang bagus dalam memperkaya kosakata secara tidak langsung.

Ini adalah beberapa contoh dari expression

Watch out : Awas
Stay away : Menjauhi
Where’s my pen : Dimana pulpenku
Wait a minute : Tunggu
Hold on sec : Tunggu sebentar
I want to get some food : Aku mau beli makan
On and on : Secara terus menerus
Move a bit : Geser sedikit
Don’t give up : Jangan menyerah
Don’t block my sight : Jangan halangi pandanganku
Piece of cake : Gampang
Take care : Hati-hati
Just feel at home : Anggap saja ini rumah sendiri
Feel Free : Jangan sungkan-sungkan
Anybody Home? : Ada Orang dirumah?

Itu beberapa contoh expression dalam basic bahasa inggris yang dapat anda pelajari sebagai perkenalan. Ada bayak sekali expression dalam bahasa inggris. Namuan anda hanya cukup pelajari expression yang anda butuhkan dalam daily activity anda.

Kalau kita melihat dari struktur expression di atas, ada beberapa yang tidak sesuai dengan aturan grammar bahasa inggris. Begitulah expression yang terbentuk karena kesesuaian budaya dan bukan karena kesesuaian struktur.

Pembelajaran ini merupakan pembelajaran jangka panjang. Maksudnya, expression akan selalu anda butuhkan dalam keseharian anda sampai kapan pun kedepannya. Jadi, never stop learning.

Dimana saya bisa belajar expression untuk belajar basic bahasa inggris?

  1. Anda bisa belajar expression dimana saja. Anda bisa membeli buku expression yang terjual banyak di toko buku.
  2. Atau andan bisa mendapatkannya ketika anda menonton film berbahasa inggris. Karena hampir seluruh film yang mamakai bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya, memakai expression dalam dialog mereka.
  3. Atau anda bisa membeli buku expression pilihan yang kami sediakan disini.

Favorite Food And Drink

Siapa yang tidak suka makan dan minum?
Siapa yang tidak memiliki makanan dan minuman favorit?

Makanan dan minuman favorit merupakan cara dasar yang juga termasuk dalam peningkatan basic bahasa inggris. Karena kita akan sangat antusias membahas makanan dan minuman yang kita sukai.

Apakah anda menyukai burger?

Kalau iya maka anda akan sangat menceritakan sesuatu yang berkaitan dengan burger. Kalau anda tidak menyukai makanan burger, tentu anda akan biasa saja menceritakan hal yang berkaitan dengan burger.

Akan menjadi lebih mudah, atau bahkan sangat mudah ketika anda memiliki memiliki antusiam menceritakan hal yang anda sukai.

Belajar bahasa inggris untuk pemula tidaklah sama dengan cara orang belajar yang sudah memiliki basic dalam bahasa inggris.

Untuk anda yang benar-benar pemula dalam kemampuan bahasa inggris anda dan ingin memulainya, Anda harus melakukan beberapa hal, hal yang mungkin tidak dilakukan pembelajar tingkat intermediate.

Materi Belajar Bahasa Inggris

Apa saja hal yang cocok untuk belajar bahasa inggris untuk pemula?

VOCABULARY

belajar vocabulary yang efektif
belajar vocabulary yang efektif

Yuph, anda memutuhkan vocabulary.

Kosakata mungkin tidak dibutuhkan lagi ketika anda di level intermadiate. Namun, ketika anda masih belajar bahasa inggris untuk pemula, maka pembelaran awal adalah vocabulary.

Mengapa vocabulay?

Jawabannya sudah pasti, karena untuk bendahara kosakata agar setidaknya ada kosakata bahasa inggris yang di kuasai ketika masa belajar.

Bagi anda yang sedang belajar bahasa inggris untuk pemula, lakukan hal ini

  1. Hafalkan lah beberapa kosakata bahasa inggris untuk daily activity
  2. Perbanyaklah juga dalam mempelajari idiom, expression dan slang. ini akan membantu anda dalam memahami logika struktur bahasa inggris.
  3. Sesering mungkin gunakan kosa kata tersebut dalam keseharian.

Kosakata bukanlah hafalan. Jadi jangan pernah membayangkan ketika anda sudah hafal 50.000 kosa kata, tidak menjamin dalam kelancaran speaking anda.

Anda tidak harus menghafalkan banyak kosakata. Kosakata yang dibutuhkan disini adalah, bendahara kosakata dasar sebagai penopang pembelajaran.

Karena akan sangat menyulitkan pembelajar dengan tanpa perbendaharaan kosakata. Jadi hafalkanlah kosakata yang dibutuhkan untuk keseharian terlebih dahulu

Misalnya,

Kosakata tentang rumah dan isinya.

Kosakata tentang anggota tubuh.

dll.

Belajar Bahasa Inggris – GRAMMAR IN NUTSHELL

what is grammar?
belajar grammar dengan mudah

Apa itu grammar in nutshell?

Apa bedanya dengan grammar biasa?

Grammar in nutshell adalah pembelajaran grammar secara basic yang bisa dengan mudah di adaptasi oleh pembelajar.

Singkatnya, grammar in nutshell adalah pembelajaran grammar untuk kepentingan speaking.

Oleh karena itu, pembahasan tentang grammar in nutshel akan sangat cocok bagi yagn sedang belajar bahasa inggris untuk pemula.

Grammar in nutshell mungkin masih kelihatan asing di pendengaran kita, namun ia bukanlah hal baru. Grammar in nuthsell sudah banyak dan sering di pakai oleh banyak orang yang sedang belajar bahasa inggris untuk pemula.

Pada grammar ini, pembelajar tidak akan di ajarkan grammar yang kita kenal sebagai matematika nya bahasa inggris.

Namun, grammar ini adalah grammar yang membahas dengan pemakaian umum di keseharian. Juga grammar dengan logika yang akrab bagi yang sedang belajar bahasa inggris untuk pemula.

Belajar Bahasa Inggris – LISTENING

Belajar listening dengan mudah
Belajar listening dengan mudah

bagi anda yang sedang Proses pembelajaran untuk pemula, maka listening adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Mengapa listening?

Karena listening adalah wadah pembelajaran bahasa inggris secara tidak sadar. yang mana akan diserap langsung oleh alam bawah sadar kita.

Tidak hanya itu, dengan listening, anda akan merasakan cepatnya proses pembelajaran bahasa inggris yang anda rasakan.

baca : belajar bahasa inggris dengan lagu

Disinilah listening mengambil peran penting dalam penguasaan bahasa inggris. karena otak sudah bekerja dengan sendirinya dengan menyesuaikan suara dari bahasa baru yang masuk.

Perbanyaklah listening dari materi yang sama.

Seperti lagu yang sama.

Podcast yang sama.

dalami lah terlebih dahulu satu lagu berbahasa inggris dan jangan pernah menukarnya. anda bisa menggantikan nya dengan audio baru atau lagu baru ketika anda sudah menguasainya.

Kapan saya bisa mengetahui kalau saya sudah menguasainya?

Anda dianggap sudah menguasainya,,,

  1. Ketika anda sudah memahami arti dari setiap kata yang ada dalam listening tersebut.
  2. Dan ketika anda sudah merasa bosan mengulang berulang kali audio atau lagu tersebut. Anda tidak harus menguasai atau fasih dalam pengucapannya. Anda hanya di minta mengucapkan apa yang ada di audio atau lagu tersebut sampai bosan.

Percayalah, cara listening ini sangat cukup ampuh untuk merangsang otak anda dalam proses pembelajaran bahasa inggris.

Cara yang paling manjur untuk pemula dengan listening ini sangat ampuh dan tidak bisa dilewatkan. karena anda hanya membutuhkan gadget anda sebagai media pembelajaran.

Jadi, anda bisa memanfaatkan gadget anda sebagai sarana pengembangan diri anda.

PRONUNCIATION

cara baca bahasa inggris
cara baca bahasa inggris

Belajar bahasa inggris untuk pemula yang patut dipelajari adalah cara baca bahasa inggris. Pronunciation merupakan ilmu bahasa inggris yang membahas tentang cara baca bahasa inggris.

Semua yang ada didalamnya murni pembelajaran tentang kafasihan, cara pengucapan dan intonasi ketika berbahasa inggris.

Karena semua yang ada dalamnya merupakan cara baca bahasa inggris, maka praktek secara penuh akan dibutuhkan pada pembahasan pronunciation.

ketika anda prakteknya secara setengah-setengah, maka komponen penting dalam latihan pronunciation tidak akan berjalan dengan optimal.

Komponen penting dalam latihan pronunciation adalah laring, rahang dan lidah. Ketika anda benar-benar dalam latihan, maka anda akan cepat menemukan titik fasih yang sempurna

Untuk pembahasan lebih lengkap dan detail mengenai cara baca bahasa inggris anda bisa cek dan baca artikelnya disini.

CONVERSATION

basic bahasa inggris untuk speaking
cara belajar bahasa inggris dari basic

Bagaimana saya bisa melakukan conversation? sedangkan saya masih pemula.

Walaupun conversation artinya percakapan,

Namun yang saya maskud adalah mempelajari conversation melalui buku conversation bahasa inggris yang tersedia di berbagai toko buku.

Biasanya buku conversation itu akan memiliki banyak topik percakapan berdasarkan tema.

Misal,

  1. Percakapan dikelas,
  2. Percakapan bertemu teman ketika kecil
  3. Ataupun percakapan seputar dunia kuliah dengan dosen

Dengan demikian kian anda akan mempelajari bagaimana conversation bahasa inggris itu dilakukan. Intinya adalah anda berkemauan untuk mencari buku conversartion-nya dan membacanya.

Apakah hanya dengan buku conversation saya bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris saya?

Ada banyak cara untuk meningkatkan skill dalam conversation. tidak harus melalui buku conversation.

Anda bisa memulai nya dengan sering menonton  film berbahasa inggris. Namun disaat yang bersamaan anda harus banyak mencatat kosakata penting atau bahkan expression.

Jangan hanya berfokus ke alur cerita film yang memang seru, tapi fokuslah pada alur bahasa.

Agar memudahkan anda yang belajar bahasa inggris untuk pemula untuk fokus dalam pembelajaran bahasa lewat film, anda bisa memulainya dengan film berGenre famili atau telenovela.

Belajar bahasa inggris dengan menonton
Belajar bahasa inggris dengan menonton

Mengapa harus film bergenre famili atau telenovela?

Karena dengan genre famili atau telenovela anda akan lebih santai dalam menonton nya. Bahasa inggris pun akan lebih mudah diserap dalam keadaan yang santai.

Jika anda menonton film yang bergenre action, akan susah bagi anda untuk fokus ke bahasa nya. Karena film yang bergenre action akan membawa para penontonnya untuk mengikuti alur cerita dengan ketegangannya.

Akan susah bagi anda untuk santai. jika tidak santai, bahasa pun susah untuk di tangkap pelajarannya.

Belajar bahasa inggris untuk pemula inilah yang telah membantu pembelajar pemula dalam menguasai bahasa inggris dari nol.

5 Cara Memperlancar Bahasa Inggris

Bahasa inggris sekarang ini merupakan hal yang wajib untuk kita kuasai, terlebih lagi bagi yang hendak memiliki karir yang menjanjikan, maka cara memperlancar bahasa inggris merupakan hal yang harus anda coba.

Bahkan untuk lulus dari perguruan tinggi saja, semua calon sarjananya diwajibkan untuk mengambil test toefl yang merupakan salah satu english test yang di akui di Indonesia.

Hal tersebut merupakan gambaran umum bahwa apapun jurusan anda dan dimanapun anda hendak berkarir, memiliki penguasaan akan bahasa inggris merupakan hal yang wajib.

Tidak peduli jurusan ataupun dunia kerja anda tidak membutuhkan keahlian bahasa inggris nantinya, bahasa inggris selalu menjadi syarat administrasi awal untuk seseorang di anggap layak untuk bekerja di suatu perusahaan atau tidak.

Percakapan Untuk memperlancar Bahasa inggris

Salah satu yang wajib anda kuasai untuk dasarnya adalah percakapan bahasa inggris.

Ya.

Percakapan dengan lancar dengan bahasa inggris merupakan hal awal yang harus di kuasai. Karena inilah tujuan orang belajar bahasa inggris.

Ada pun mengenai apa yang harus dilakukan setelahnya, seperti memperdalam grammar, menguasai idiom, atau bahkan master ke tahap english test seperti toefl dan ielts merupakan tahap lanjutan.

Materi Speaking Bahasa Inggris

Oke, sekarang kita sudah mengetahui tujuan kita pada awal belajar bahasa inggris, yaitu percakapan bahasa inggris. Lantas bagaimana cara memperlancar speaking bahasa inggrisnya?

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mencari materi speaking bahasa inggris. Tidak usah risau jika masih belum memiliki materi bahasa inggrisnya. Karena hal tersebut bisa sangat mudah anda dapatkan di internet.

Intinya adalah kemauan, maka materi tersebut akan didapat dari google ataupun youtube.

Setelah dan saat anda sedang belajar, disitulah anda menemukan ritme belajar yang pas dengan diri anda, seperti beberapa orang yang mencari arti kata bahasa inggris, ada juga yang mulai menerjemahkan lagu, hingga ada juga yang mencari tau cara artis – artis menguasai bahasa inggris.

Jika anda melakukannya dengan rutin, maka anda akan mudah untuk meningkatkan speaking bahasa inggris anda.

Cara Melatih Berbicara Bahasa Inggris

Setelah anda mendapatkan materi yang pas untuk diri anda, maka selanjutnya adalah waktu untuk melatih berbicara bahasa inggris.

Untuk cara melatih berbicara bahasa inggris tidaklah sulit. Anda cukup temukan partner belajar anda yang memiliki misi yang sama dengan anda. Partner tersebut bsia anda temukan di organisasi atau di perkumpulan yang membahas topik mengenai bahasa inggris seperti Toastmaster dll.

Ada banyak sekali perkumpulan – perkumpulan dan organisasi yang membahas bahasa inggris sekarang ini. Namun tugas anda adalah menemukan satu atau dua yang cocok dengan anda dan yang anda sukai.

Jika anda telah menemuukannya, maka belajar bahasa inggris serta memperlancar bahasa inggris akan serasa sangat mudah. Karena ditempat tersebut anda akan sering praktek dan sharing pengetahuan bahasa inggris anda.

Cara Fluent Bahasa Inggris

Jika sudah menyelam, ya harus minum air dong.

Yuph, jika sudah lancar bahasa inggris harus sekalian sama fasihnya dong. Jadi bukan hanya lancar dalam dalam berbicara, namun harus disertai dengan pronunciation yang tepat dan accent yang tepat pula.

Ada banyak sekali cara untuk belajar pronunciation, begitu juga untuk menguasai accent. Memang, berbicara bahasa inggris yang tepat secara pronunciation membutuhkan waktu dan proses.

Anda bisa mencari pembelajaran lengkap bahasa inggris di inggrispro atau source lainnya di google.

Accent sendiri ada banyak jenisnya, namun hanya ada dua yang paling banyak dipakai didunia, yaitu:

  • American
  • British

Ya, kedua accent diatas merupakan accent yang paling banyak penggunanya di dunia. Untuk itu saya menyarankan untuk menguasai salah satu dari kedua accent yang populer diatas.

Lanjutan : Melatih Kemampuan Bahasa Inggris

Setelah anda berhasil memperlancar bahasa inggris serta bisa menggunakannya dengan pronunciation yang tepat, maka saatnya sekarang anda melatih kemampuan bahasa inggris lanjutan.

Apa saja itu?

Anda bisa memulainya dengan memperdalam grammar.

Mengapa grammar?

Karena dengan grammar anda bisa mengerti tata bahasa secara teori, jangan khawatir jika anda sudah lancar speaking, maka anda akan lebih mudah belajar dan memperdalam grammar.

Kemudian kuasailah phrase, idiom serta beberapa istilah slank lainnya. Jika sudah maka pelajarilah rule – rule yang ada di english test seperti toefl dan ielts.

Mengapa english test yang menjadi tahap terakhir?

Karena english test merupakan tolak ukur kualitas dan penguasaan bahasa inggris bagi yang bahasa inggris bukan bahasa pertamanya. Melalui test english ini lah anda akan melihat segala progess dari pembelajaran bahasa inggris anda.

Diatas merupakan bahan – bahan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggis Anda. Untuk kiat – kiat penguasaan bahasa inggris bisa anda baca pada artikel kami yang lain yang membahas kiat-kiat penguasaan bahasa inggris.

Speak Fast or Understandable? – Mana yang Utama!

Setelah belajarr bahasa inggris dan mendalami berbagai materi bahasa inggris hingga membuahkan hasil, banyak dari kita yang memperdebatkan antara mana yang lebih penting, berbicara bahasa inggris dengan cepat atau mudah difahami oleh si pendengar? Mana yang lebih disebut sudah pintar dalam bahasa inggris?

Pada zaman sekarang ini sudah banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengejar agar bisa berbahasa inggris dengan cepat layaknya seorang rapper. Karena rata-rata menganggap bahwa seseorang yang sudah bisa berbicara bahasa inggris dengan cepat, berarti dia telah mahir dalam bahasa tersebut.

Speak Fast or Understandable?
Mana yang lebih penting, Speak fast (ngomong cepat) or understandable (mudah di fahami)?

Kembali lagi ke pertanyaan di atas.

Manakah yang paling penting?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita harus tau dulu fungsi bahasa dan tujuannya.

Bahasa adalah alat komunikasi yang memudahkan orang untuk menyampaikan pendapatnya sehingga memudahkan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Dari fungsi bahasa diatas bahwa bahasa tujuan nya untuk alat komunikasi. Kalau kita tarik lagi ke pertanyaan yang ada di atas, mana yang lebih penting, Ngomong cepat atau mudah di pahami?

Kalau dilihat dari fungsi nya maka understandable atau mudah di pahami adalah tujuan dari bahasa yang sesungguhnya. Karena tiadalah guna berbicara bahasa inggris selayaknya rapper, namun sudah di fahami banyak orang. Fungsi bahasa pun tidak mencapai tujuannya

Lantas, speak fast atau berbicara cepat tidak penting?

Jawabannya,,,

SANGAT PENTING!

Yang diprioritaskan

Speak Fast or Understandable?
ngomong yang mudah di pahami adalah lebih penting dari hanya sekedar cepat namun terdengar tidak jelas.

Hanya saja hal pertama yang harus di lakukan untuk pembelajaran awal adalah understandable terlebih dahulu, baru setelahnya speak fast

Jadi urutannya:

  1. Understandable English
  2. Speak fast

Jika kita sudah menguasai bahasa inggris ke tahap mudah di fahami orang ketika berbicara baru kita bisa fokus ke mempercepat kemampuan bahasa inggris kita

Jika kita langsung lompat ke tahap kedua dari proses di atas maka hasilnya hanya akan bisa berbicara cepat namun sudah di fahami orang lain.

Summary

Demikianlah 5 Topik, Materi dan Cara Belajar bahasa inggris untuk pemula dengan Cepat dan Otodidak yang bisa anda gunakan untuk memudahkan anda untuk menguasai bahasa inggris dengan mudah.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *