InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

Belajar Public Speaking – Tujuan serta Manfaat

3 min read

Belajar Public Speaking

Belajar public speaking kadang menjadi dilema bagi berapa orang. Khususnya bagi mereka yang mempunyai sindrom berbicara di depan orang.

Penulis sendiri pernah mengalami masa saat merasa takut, grogi, gemetar dan gugup ketika harus berbicara di depan orang banyak.

BAGAIMANA MENGUASAI dan BELAJAR PUBLIC SPEAKING?

Terutama bagi anda yang dalam karir nya membutuhkan skill public speaking untuk merebut hati client dan sejenisnya. Maka belajar public speaking wajib hukum nya bagi anda untuk perkembangan dan kemajuan karir anda.

Bagi yang masih menempuh jenjang karir atau bahkan belum lulus sekolah atah kuliah bisa dimatangkan skill nya sejak dini, karena skill ini butuh yang namanya jam terbang.

Semakin banyak jam terbang, maka akan bagus public speaking kita dan akan lebih terlihat natural berjalan nya waktu.

Kemampuan public speaking tidak bisa didapat hanya dengan mendengar tips dari tutorial yang ada di youtube, buku atau bahkan dari seminar sehari.

Kemampuan public speaking merupakan sebuah skill yang perlu di asah dengan jam terbang; yaitu dengan sering berlatih dan sering praktek didepan orang banyak.

Materi Belajar Public Speaking
Materi Belajar Public Speaking

Materi Belajar Public Speaking

Ngomong didepan orang banyak memerlukan latihan secara mandiri dan dipandu oleh mentor dan kalau bisa bersama tim yang sama sama memiliki tujuan yang sama.

Ada beberapa hal untuk dilatih agar public speaking kita terlihat profesional, natural dan excellent. berikut caranya:

Minimalisir Hesitation (Suara jeda – jeda)

Hesitation adalah suara yang keluar ketika pembicara ragu atau bingung atau juga lupa sama materi public speakingnya. Seperti “err,,,,, hmmmm,,, eee,,, ennggg,, dll.

Suara tersebut pastinya sangat mengganggu buat pendengar dan memecahkan konsentrasi.

Cara untuk mengurangi bahkan menghilangkan hesitation adalah dengan sering melakukan latihan berbicara depan orang banyak.

Juga berbicara secara perlahan ketika latihan public speaking juga akan membantu menghilangkan hesitation.

Dengan bergitu anda akan memiliki banyak jam terbang dan akan berdampak baik bagi karir anda di masa depan.

Intonasi Suara

Public speaking yang bagus dan sempurna adalah public speaking yang dinamis; yaitu melakukan speech dengan memperhatikan intonasi.

Intonasi suara yang pas dan teratur dan sesuai dengan apa yang sedang dibahas akan menunjukkan kenaturalan dalam public speaking itu sendiri.

Mengapa demikian?

Karena jika kita tidak mengatur dan memperhatikan intonasi serta menggunakan intonasi yang datang dalam melakukan presentasi akan membuat presentasi monoton. Itu sangat buruk untuk kesan dan hasil dari presentasi kita.

Efek buruknya adalah audience akan menganggap pembahasan presentasi kita tidak penting walaupun sebenarnya itu sangat penting dan bagus. Tapi karena kesalahan penggunaan intonasi, membuat presentasi memiliki hasil yang tidak diinginkan.

Jaga Eye Contact

Eye Contact adalah melakukan kontak mata kepada audience ketika melakukan public speaking. Hal ini merupakan hal yang sangat penting.

Mengapa demikian?

Karena ketika melakukan kontak mata kepada setiap pemirsa yang hadir secara bergantian akan membuat mereka secara psikologi bahwa kita secara langsung berinteraksi dengan mereka.

Hal itu akan membuat mereka mendengarkan dengan seksama atas apa yang kita sampaikan dan akan berdampak baik kepada setiap yang hadir.

Juga kita akan mendapatkan goal dari tujuan kita melakukan presentasi di tempat tersebut, baik itu goal hasil belajar public speaking, atau bahkan hasil approve dari client kita.

Jangan lupa Ekspresi dan Body Language

Hal yang paling dibenci setiap orang adalah merasa bosan. Juga, ketika melakukan public speaking dengan tanpa ekspresi dan tanpa body language sudah memenuhi syarat untuk presentasi yang membosankan.

Hal itu sangat tidak baik dan akan berakibat fatal.

Lakukanlah latihan ekspresi dan Body language ketika anda belajar public speaking. Ketika anda memiliki ruang gerak yang lebih lakukan secara proforsional body language yang pas dengan apa yang sedang di sampaikan.

Juga dengan ekspresi, jangan berikan eksrpesi datar. Juga jangan lakukan dengan memakai ekspresi yang berlebihan.

penggunaan Ekspresi dan Body language yang proforsional akan membuat public speaking terlihat hidup dan semakin mudahnya tersampaikan pesan tersirat dari presentasi.

PRACTICE, PRACTICE, PRACTICE

Setelah beberapa teori di atas, hal selanjutnya adalah melakukan praktek dan latihan secara konsisten. Akan lebih baik jika anda memiliki tim dan mentor yang memiliki tujuan yang sama; yaitu sama sama ingin memiliki kualitas dalam penyampaian public speaking.

Dimana Belajar PUBLIC SPEAKING
Dimana Belajar PUBLIC SPEAKING

Dimana Belajar PUBLIC SPEAKING?

Ada banyak sekali tempat untuk belajar public speaking. Bahkan disetiap daerah di setiap kota akan kita temukan sebuah lembaga yang menyediakan kursus untuk latihan public speaking.

Namun ada satu tempat rekomendasi penulis untuk latihan public speaking.

TOASTMASTER

Ya nama tempat untuk belajar public speaking adalah toastmaster. Toastmaster merupakan organisasi non-profit yang bergerak dibidang leadership yang kegiatannya berupa latihan public speaking.

Toastmaster pertama berdiri di Amerika serikat. Namun jangan khawatir, karena Toastmaster telah mengepakkan sayapnya di kancah internasional di setiap negara. Termasuk Indonesia.

Saat ini, Di Indoensia, Toasmater telah ada dan tersedia di setiap kota di Indonesia dan ada banyak klub di setiap kotanya.

Cara bergabungnya sangat mudah, Yaitu hanya dengan datang langsung ke club terdekat dari tempat tinggal anda.

Untuk mengetahui club meeting terdekat dari lokasi anda, bisa buka langsung situs resmi Toastmaster. Kemudian anda cari menu club dan akan otomatis anda akan menemukan beberapa klub yang berada disekitar anda.

Anda kemudian bisa memilih klub mana saja sesuai hati anda dan juga yang sesuai dengan jadwal anda. Karena pada umumnya, Klub mengadakan meeting time seminggu sekali atau dua minggu sekali dan dengan hari yang berbeda-beda.

Jadi, anda dapat dengan bebad menentukan waktu dan lokasi yang tidak menyusahkan anda. Kemudian, Untuk mendaftar anda tinggal ngomong ke ketua klub pada saat anda hadir pada waktu meeting yang anda tentukan.

Selamat Mencoba!


Baca Juga :
Cara cepat speaking english
Kreatif belajar bahasa inggris
Cara Praktek Bahasa Inggris
Kuis bahasa inggris Online

InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *