3 Tips Belajar Vocabulary yang Efektif dan Menghafalkannya

Ada banyak cara untuk mempelajari bahasa inggris. Salah satunya adalah dengan menghafalkan kosa kata bahasa inggris. Namun bagaimana cara menghafalkan kosata yang efektif. Simak semua disini.

Tidak ada yang dapat berkomunikasi lebih baik tanpa bekerja keras untuk meningkatkan Vocabulary. Meningkatkan dan Belajar Vocabulary seseorang memiliki beberapa manfaat.

Misalnya, itu meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri. Ini juga memungkinkan penambahan kecanggihan ke bahasa lisan atau tulisan seseorang.

Untuk belajar dan memperkaya vocabulay, tentunya tidak langsung bisa didapat seperti membalikkan telapak tangan.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memperkaya vocabulary atau kosa kata bahasa inggris. Disini ada beberapa tips dan cara memperkaya vocabulary yang bisa teman – teman coba.

Langkah Belajar Vocabulary

belajar vocabulary

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengerjakan dan meningkatkan Vocabulary Anda :

Read More, Read Deeply

Membaca tidak merugikan siapa pun. Investasikan waktu dan seidkit dana dalam membeli beberapa novel dan bacalah untuk meningkatkan dan meningkatkan Vocabulary Anda.

Ini bukan hanya cara paling sederhana tetapi juga cara terbaik untuk meningkatkan kosa kata bahasa inggris. Baca apa saja yang dapat Anda temukan – termasuk koran, majalah, dan semua jenis karya sastra.

Paparkan otak Anda pada lebih banyak kosa kata tiap harinya. Cari arti kata-kata baru dari kamus. Cobalah menguraikan makna dari konteks di mana mereka diterapkan.

Gunakan Kamus dan Thesaurus untuk peningkatan vocabulary anda

Cara terbaik lain yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan Vocabulary adalah dengan selalu dekat dengan kamus. Jenis kamus Thesaurus juga akan membantu anda dalam peningkatan vocabulary secara masif.

Jangan ragu untuk menggunakan kamus atau Thesaurus online, berbasis perangkat lunak atau cetak. Kembangkan kebiasaan mengungkap makna kata-kata baru dengan mencari di kamus atau Thesaurus.

Dengan melakukan hal itu akan membantu Anda untuk tidak hanya mempelajari artinya tetapi juga pengucapan setiap kosa kata bahasa inggris baru yang Anda pelajari.

Pelajari vocabulary Baru Setiap Hari

Mempelajari kata baru setiap hari adalah kebiasaan yang baik. Luangkan waktu untuk mengembangkan daftar atau jadwal kata harian Anda sendiri yang ingin Anda pelajari.

Ada beberapa situs web dan kalender yang dapat Anda gunakan untuk tujuan ini. Selama Anda tetap disiplin, Anda akan segera mulai menuai manfaatnya.

Jika metode belajar vocabulary ini terasa terlalu kaku, silakan melengkapinya dengan metode lain. Untuk metodenya sendiri juga telah banyak tersedia online yang bisa anda akses kapan saja.

Pelajari Word Roots, Prefixes and Suffixes

Anda akan sangat berhasil meningkatkan vocabulary Anda dengan memeriksa root setiap kata baru yang Anda pelajari. Sebagian besar kosa kata bahasa Inggris memiliki akar bahasa Yunani dan Latin. Pelajari akar-akar ini.

Mempelajari akarnya memungkinkan Anda untuk menguraikan artinya. Awalan, sufiks, dan akar bernilai setiap menit Anda habiskan untuk mempelajarinya.

Jadi, Simpelnya, Ketika sebuah kata baru tampak mustahil untuk dipahami, telusuri kembali ke akarnya.

Mainkan Word Games

Bagi banyak orang, cara terbaik untuk meningkatkan vocabulary melibatkan bermain permainan kata. Belajar vocabulary dengan mainkan game yang menantang otak Anda.

Dunia ini penuh dengan alat yang dapat Anda gunakan untuk tujuan ini. Anda tidak akan pernah kehabisan game yang bisa Anda mainkan secara offline atau online untuk meningkatkan kosa kata.

Karena sekarang ini, Banyak situs web penuh dengan permainan yang layak dimainkan juga. Beberapa permainan kata yang paling sering dimainkan meliputi:

  • Scrabble
  • Word Jumble
  • Anagrams
  • Crossword Puzzles
  • Boggle

Jika Anda ingin meningkatkan vocabulary Anda, ikuti langkah-langkah belajar vocabulary di atas dan Anda akan melihat peningkatan dalam kosakata Anda dalam waktu singkat!

Belajar vocabulary dan menghafalakanya adalah hal yang sangat banyak dilakukan pembelajar. Mereka menghafalakan vocabulary dengan tujuan untuk memperkaya bendahara kosakata bahasa inggris mereka.

Sebagian dari kita mungin sudah banyak yang telah belajar dan menghafal vocabulary sejak TK, Namun, hingga kini, masih belum membuahkan hasil

Vocabulary yang sudah dihafal sejak dahulu kala,

Vocabulary yang sudah banyak dihafal

Namun, terlihat seperti  buih ombak dipantai ==> banyak, tapi cepat mebias.

Cara Efektif Untuk Menghafalkan Vocabulary

belajar vocabulary

Ada beberapa cara yang efektif yang bisa dipraktekkan oleh setiap kalangan sebagai berikut:

Belajar Vocabluary dengan Menghafalkan

Yuph,

Ini adalah tahap awal.

Anda harus mengahafal vocabulary. khususnya bagi anda yang masih pemula. Maka dianjurkan bagi anda untuk bisa menghafalkan vocabulary terkait aktifitas keseharian atau benda-benda disekitar.

Contoh,

Vocabulary tentang kegiatan keseharian. (e.g. run, walk, speak, talk etc.)

Vocabulary tentang isi rumah. (e.g. chair, living room, kitchen, lamp, etc.)

Atau vocabulary tentang dapur. (e.g. plate, spoon, soap, table, etc.)

Dan masih banyak lagi.

Cara diatas dikhususkan bagi anda yang masih pemula dalam bahasa inggris. Dengan menghafalkan vocabulary untuk keseharian akan memudahkan anda dalam proses pembelajaran bahasa inggris anda.

Karena saat belajar bahasa inggris, anda di butuhkan untuk praktek bahasa inggris secara langsung.

mengapa hanya terkhusus untuk pemula?

karena untuk mereka yang sudah memiliki bahasa inggris dengan level intermadiate, mereka tidak lagi menghafal untuk memperkaya vocabulary.

Mereka memperkaya vocabulary dengan cara aktif seperti dari lagu, film, artikel atau bahkan dari keseharian mereka.

Kalau anda sudah memiliki modal vocabulary sebelumnya, maka ini akan sangat membantu. Serta juga akan mempercepat proses pembelajaran bahasa inggris anda.

Baca: belajar bahasa inggris untuk pemula

Belajar Vocabulary Dengan Membuat Kalimat Dari Kosakata Yang Telah Anda Buat

Belajar kosakata bahasa inggris dengan cara ini akan dengan cepat merangsang otak anda untuk bekerja pada bahasa baru yang akan dimilikinya.

Dengan usaha anda dalam membuat kalimat bahasa bahasa inggris dari vocabulary yang baru ada pelajari, itu akan menambah kemampuan anda dalam logika bahasa inggris.

Pada awalnya akan sangat sudah bagi anda untuk membuat kalimat. namun, jalani saja. ini lah prosesnya.

iInilah proses pembelajaran bahasa inggris. tidak perlu mengeluh jika kesusahan. Untuk proses pembelajaran vocabulary bahasa inggris yang lebih lengkap bisa di lihat pada artikel yang membahas proses pembelajaran vocabulary bahasa inggris.

Vocabulary kalau hanya disimpan dalam otak, tidak akan bertahan lama bahkan ada yang langsung hilang hafalan kosakata nya hanya dengan 5 menit.

Karena tiada guna vocabulary dari sekedar hafalan

Sangat berguna hafalan vocabulary yang dibuat kalimat

Belajar Vocabulary Dengan Mempraktekkan Dari Sebuah Kalimat Yang Anda Buat

Bahasa inggris adalah keterampilan.

Keterampilan yang tidak dilatih atau dipakai, akan pupus sendiri dalam kurun waktu tertentu.

Tidak heran. bahkan orang yang sangat berketerampilan dalam bidang tertentu, dan bahkan sudah memenangkan berbagai macam piagam, akan tetap melatih keahliannya tersebut.

Karena keterampilan ada di alam bawah sadar kita,

Dan alam bawah sadar berkomunikasi dengan cara refleks

Sebanyak kosakata bahasa inggris yang telah anda hafal, jika itu hanya sekedar hafalan, maka itu hanya sebuah hafalan.

Baca: belajar bahasa inggris untuk pemula

Sudah banyak yang mengalaminya. Ketika seorang murid bahasa inggris yang hafal ribuan vocabulary namun tetap tidak bisa berbicara bahasa inggris.

Bahkan, ia tidak memahami ketika lawan bicara sedang berbiara bahasa inggris.

Mengapa demikian?

Karena hanya mangandalakan hafalan, dan tidak praktek.

Maka dari itu, belajar memperbanyak kosakata dengan sering mempraktekkan apa yang telah di hafal dan yang telah dibuat kalimat, memiliki hasil yang memuaskan.

Dalam praktek pun tidak lah asal praktek, Segala sesuatu ada ilmu dan caranya. Kalau hanya asal praktek, maka akan berakibatkan hal yang sia-sisa

Cara yang paling utama adalah sebuah niat dari setiap individu pembelajar itu sendiri. Kami sangat mengharapkan dari artikel ini anda bisa menguasai banyak vocabulary dengan cepat dan memiliki hafalan yang kuat dan berkualitas.

Memilih kosa kata bahasa inggris yang pas saat berbicara bahasa inggris adalah hal yang harus dilakukan setiap pembelajar dalam keefektifan nya dalam berkomunikasi bahasa inggris.

Metode Yang Benar

APA PEMBELAJARAN DAN PENGAFALAN KOSA KATA ITU BAGUS / BENAR?

Benar dan tidak benar. Benar karena tidak ada cara yang salah dalam pembelajaran bahasa inggris. Tidak benar karena pembelajaran yang mengandalkan hafalan kosa kata bahasa inggris adalah belajar vocabulary yang membosankan.

Kami tidak mengatakan ini pembelajaran yang salah. Selama itu bisa membuat pembelajar termotivasi dalam pembelajaran nya. Why not. Namun kebanyakan murid / pembelajar merasa bosan dan jenuh jika mereka dihadapi dengan pembelajaran kosa kata.

Kami sangat menyadari akan kebosanan dalam pembelajaran akan menghambat murid dalam proses pembelajaran nya. Karena akan membuat proses pembelajaran akan tidak efektif. dan sia-sia.

Terlebih lagi, dalam pembelajaran bahasa inggris tidak semua kosa kata bisa digunakan dalam setiap situasi. Dalam pembelajaran bahasa inggris ini disebut dengan diction.

Contoh:

Look = melihat

See = melihat

Kedua kata di atas memiliki arti yang sama secara diction/konten namun memiliki carayang berbeda secara pemakaian/ konteks.

BAGAIMANA CARA KITA MEMILIH KOSA KATA YANG PAS DALAM BICARA BAHASA INGGRIS?

Ulangi dan nikmati pembelajaran bahasa inggris secara konteks.

Pembelajaran bahasa inggris terbagi akan konten dan konteks. Konten merujuk ke cara belajar dengan tulisan. Sementara konteks adalah cara belajar secara aktif. Mempraktekkan phrase dan sentence secara alami. Ini lah yang di maksud dengan praktek bahasa inggris yang berarti.

Praktek bahasa inggris secara konteks adalah pembelajaran yang di ulang-ulang dan enjoy ketika melakukannya. Seperti listening music, membaca cerita, membaca update status teman di sosmed yang memakai bahasa inggris, bermain game dll.

Apalagi bagi anda yang memiliki hobi dalam menonton film yang memakai bahasa inggris. Kami saran kan jangan hanya ikuti alur cerita nya. Karena itu akan sangat di sayang kan.

MEMILIH KOSA KATA – Hal yang harus anda lakukan ketika menonton film berbahsa inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris adalah

  1. Menonton nya berulang kali dan memperhatikan substitelnya dengan pembicaranya
  2. Menontonnya dengan merubah substitelnya menggunakan substitel bahasa inggris. setelah terbiasa dengan substitel bahasa inggris di film yang sama
  3. Selanjut nya adalah menonton kembali film tersebut tanpa menggunakan substitel.

lakukan berulang-ulang dan enjoylah dalam pembelajaran secara konteks. karena inilah pembelajaran yang berarti dan tidak sia sia. juga dengan pentingnya kemampuan dalam memilih kosa kata yang pas saat berbicara bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *