Abstract Noun merupakan bagian Noun (kata benda) yang dapat digolongkan menjadi beberapa jenis yang salah satunya akan di bahas pada kesempatan kali ini yaitu abstract noun.

Noun merupakan kata benda yang berfungsi untuk menjelaskan atau menerangkan benda itu sendiri, manusia, hewan dan hal lainnya.

Kata benda merupakan hal yang terpenting dalam komponen kalimat Bahasa inggris karena ia hamper selalu ada dalam setiap kalimat yang tertulis ataupun yang terucap.

Nah, untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas dengan lugas akan apa itu Abstract Noun dan penjelasannya.

APA ITU KATA BENDA ABSTRACT NOUN?

A. Pengertian Kata Benda Abstract Noun

Abstract Noun merupakan kata benda yang keberadaannya secara fisik tidak dapat kita rasakan dengan panca indera sehingga kita tidak bisa melihat, menyentuh, ataupun menciumnya.

Kata benda abstrak ini bisa juga disebut sebagai kata benda yang berbentuk konsep, ide atau gagasan yang hanya ada dalam benak dan pikiran.

Jadi, Jenis kata benda ini tidak ada wujud nya dalam dunia nyata. Namun, walaupun seperti itu, Jenis kata benda ini tetap dalam kategori Noun.

Abstract noun juga bisa disebut a noun for concept atau hanya sebuah konsep, ide, gagasan yang hanya ada di pikiran kita saja, dengan kata lain kita hanya bisa membayangkan benda tersebut tanpa pernah bisa melihat, menyetuh ataupun menciumnya.

Beberapa Contoh Kata benda Abstrak

ContohArti
BeautyKecantikan
JusticeKeadilan
FreedomKebebasan
HappinessKebahagiaan
FactFakta
DarkKegelapan
IdeaIde
BraveryKeberanian
Etc.

Dari beberapa contoh kata benda yang ada dalam table diatas, semuanya adalah kata benda yang tidak ada wujud fisiknya. Semuanya hanya ada dalam benak dan pikiran kita.

Kita pun merasakan keberadaan kata benda tersebut melalui batin dan perasaan kita. Oleh sebab itu, Jenis kata benda ini dinama kan kata benda abstrak yang tidak ada wujudnya namun ada dibenak kita.

B. Pembentukkan Kata Benda Abstrak

Abstract noun bisa dibuat dengan cara menambahkan imbuhan (derivational suffix) pada adjective, verb, atau common noun.

C. Contoh Kalimat

Untuk memudahkan pemahaman, Kami akan mem BOLD pada kata benda abstrak dalam contoh kalimat dibawah ini. Baik pada Bahasa indonesianya dan juga pada bahasa inggrisnya.

e.g.

I can not see anything in dark
Saya tidak bisa melihat apapun pada kegelapaan
==> Kata benda abstrak yang ada diatas terdapat pada kata dark (kegelapan). Dark merupakan kata benda yang tidak bisa dirasakan secara fisik juga tidak berwujud, namun ia ada.

e.g.

We can not buy a happiness with money
Kita tidak dapat membeli sebuah kebahagiaan dengan uang
==> Pada kalimat di atas, kata benda asbtraknya ada pada kata happiness (kebahagiaan). Kita tidak bisa melihat wujud kebahagiaan, tapi bisa merasakannya.

BACA JUGA:
1. Phrase
2. Concrete Noun
3. Plural dan Singular Noun

Demikianlah ulasan singkat tentang apa itu Abstract Noun. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan untuk tidak sungkan bertanya dikolom komentar dibawah.