APA ITU COLLECTIVE NOUN (Kata Benda Kolektif)?

Collective noun Merupakan jenis Noun (kata benda) yang biasa digunakan dalam menyatakan nama kumpulan atau kelompok. (terdiri dari lebih dari satu anggota). Noun (Kata benda) Jenis ini dapat berupa benda, abstrak. orang dan hewan.

Sebelumnya kita telah mempelajari akan apa itu noun. Yang mana noun adalah kata benda yang merujuk kepada orang, binatang, tempat, dan benda itu sendiri.

Collective noun biasanya digunakan untuk mengelompokkan kata yang anggota kelompoknya berjumlah dua atau juga lebih. Jenis kata benda ini juga sangat sering dipergunakan dalam keseharian.

Baca : Noun SIngular dan Plural

Beberapa Contoh

ContohArti
TeamTim
FamilyKeluarga
ClubKlub
CommitteePanitia
BunchIkat ( barang yang kecil )
TroupeRombongan
Pile / Heap Tumpukan (barang)
MobMassa
Group Grup
Crew Awak
ClassKelas

Dari beberapa contoh diatas dapat kita lihat bersama bahwa semua kata benda diatas meruapakan benda jenis kelompok. Baik kelompok dari hanya dua orang atau bisa lebih dari itu.

Kita ambil contoh satu contoh kata dari kata diatas. Family merupakan kata yang mendeskripsikan kumpulan manusia yang dari satu keturuan kakek – nenek atau bisa juga dari sebatas orang tua mereka atau sejenisnya.

Untuk lebih memahami lebih dalam tentang apa itu collective noun, alangkah baiknya jika kita membahas nya dalam contoh kalimat.

Untuk jenis kata benda collective noun akan ada tanda BOLD untuk memudahkan teman-teman dalam memahami jenis kata benda ini dengan maksimal.

Contoh Kalimat

The committee agrees that english language should be in our habit. (Panitia setuju bahwa bahasa inggris seharusnya menjadi habit kita).

Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, kata benda kolektif nya ada di kata committee (Panitia). Kata Committee merupakan kata pengelompokan untuk yang sedang bertugas dalam suatu tujuan yang sama dan terdiri dari satu pimpinan dan beberapa anggota yang memiliki tujuan yang sama.


I want to go to my class (saya ingin pergi ke kelas saya)

Penjelasan = Kalimat diatas merupakan contoh kalimat yang mengandung kata benda kolektif. Kata benda kolektifnya adalah class (kelas). Class merupakan kata benda yang mendeskripsikan banyak nya sekolompok murid dengan jumlah dua atau lebih di sebuah tempat yagn dinamakan kelas.


Baca Juga :
Common Noun
Proper Noun
Countable Noun
Uncountable Noun
Abstract Noun
Concrete Noun