Countable Noun adalah Noun (kata benda) yang juga banyak dan sering ditemukan dalam kalimat baik secara lisan ataupun tulisan. Jadi, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas lengkap tentang Countable noun secara jelas beserta contohnya.

Countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung. Jenis kata benda ini juga sering dan banyak kelaur pada tes-tes Bahasa inggris seperti TOEFL dan juga IELTS.

Untuk mempermudah tes – tes tersebut, ayo kita belajar Bersama tentang apa dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat.

APA ITU COUNTABLE NOUN?

Countable Noun jika diartikan secara harfiah maka merupakan kata atas dua suku kata, yaitu Countable (dapat dihitung) dan Noun (kata benda). Jadi, dapat dikatakan bahwasanya Countable Noun adalah kata benda yang dapat dihitung.

Countable noun adalah kata benda yang dapat diartikan dengan mudah dengan angka. Jadi, singkatnya countable noun digunakan sebagai jawaban dari pertanyaan “how many?” atau “berapa banyak (dalam jumlah)?”

Jenis noun ini merupakan Noun yang rekat kaitannya dengan angka karena ia dapat dihitung. sehingga ia memiliki bentuk :

SINGULAR ==> Book, Bike, House

PLURAL ==> two Books, two Bikes, two Houses

Baca juga : Noun singular dan plural

Dalam bentuk Plural nya, jenis kata benda ini selalu diawali dengan quantifier “many” atau “several”, juga angka-angka dalam Bahasa inggris seperti ten, three dst.

Ciri-ciri Countable Noun?

Berikut ini adalah ciri dari Countable Noun :

  1. Bisa berubah menjadi jamak atau plural (bentuk jamak)
  2. Bisa dirangkaikan kepada article “the”, mau itu kepada bentuk jamaknya maupun dalam bentuk tunggal.
  3. Bisa disatukan dengan kata some atau any, (dalam bentuk jamak).
  4. Bisa digabungkan dengan article “a” atau “an”
  5. Bisa digabungkan dengan kata many, a lot of, a great many, atau several.
  6. Bisa digabungkan dengan kata all of, none of, both, atau a few. (dalam bentuk jamak.
  7. Diharuskannya memakai bentuk jamak (plural) pada kata kerja jamak dalam sebuah kalimat. Yaitu dengan membubuhkan tambahan s/es pada kata bendanya.
  8. Diharuskannya memakai katabenda bentuk tunggal untuk kata kerja tunggal dalam sebuah kalimat. Yaitu dengan tidak menambahkan apa-apa pada kata bendanya dan menambahkan e/es pada kata kerjanya.

Contoh kalimat :

  1. Max has ten apples in his bag. ( Max memiliki 10 apel di dalam tasnya.)
  2. Caroline buys a pen ( Caroline membeli sebuah buku).
  3. There are five eggs on the table  (Ada lima telur diatas meja).
  4. I played two games last night. ( Saya memainkan dua game tadi malam).
  5. Risa has some fruits. (Risa memiliki beberapa buah).
  6. All pens in my bag are red. ( Semua pulpen didalam tas saya berwarna merah).

Contoh Penerapan Dalam Kalimat

Contoh beserta penjelasan dibawah ini merupakan contoh kalimat dari Countable noun. Karena yang sedang dibahas adalah kata benda yang dapat dihitung, maka ia selalu kuat kaitannya dengan singular dan plural.

Untuk memudahkan dalam pemahaman, kami memberikan kata yang di BOLD pada Noun countable nya. Tanda bold nya ditandai baik pada bahasa Indonesia dan juga Bahasa inggrisnya.

  1. There’s a car in front of my house. (ada sebuah mobil baru di depan rumah saya).

Penjelasan : Pada contoh kalimat diatas, car” (mobil), merupakan kata benda yang dapat dengan mudah kaitkan dengan angka. Simpel nya kata benda yang bisa dihitung wujud nya; satu mobil, dua mobil, tiga mobil dll. Kata benda di atas merupakan kata benda singular, sehingga ada article “a” yang bersanding dengan kata benda yang di bold di atas penanda bahwa kata bendanya tunggal.

2. I bring five pens everyday. (saya membawa lima pulpen setiap hari).

Penjelasan : Pada contoh kalimat diatas terdapat angka “Five”. Yang mana merupakan penanda bahwa kata benda berikutnya adalah sebuah kata benda yang dapat dihitung. Pada kalimat diatas, kata bbenda yang melekat dengan angka adalah “pulpen”. Karena pulpen bisa dihitung dan kaitkan dengan angka secara wujud.

3. Many students come to that football competition. (Banyak siswa yang datang pada pertandingan sepak bola itu).

Penjelasan : Pada contoh kalimat diatas, kata benda yang dapat dihitung nya adalah Student (siswa). Kata benda diatas merupakan kata benda plural, sehingga ada tambahan “s” diakhir kata sebagai penand. Kata “many” sendiri adalah quantifier yang menandakan bahwa kata benda tersebut lebih dari satu, namun masih belum jelas jumlah pastinya. Selain “many”, kata “several” juga bisa dipakai sebagai penanda jamak.

Semoga dengan beberapa contoh kalimat diatas jelas dan bisa dengan mudah difahami.

Kata benda jenis ini juga sering keluar pada tes TOEFL atau IELTS yang kadang juga menjadi dilemma bagi pembelajar Bahasa inggris. Oleh sebab itu, menguasai topik ini adalah sangat penting untuk kemudahan dalam menghadapi tes TOEFL ataupun IELTS.