Banyak orang yang mengeluh akan pronunciation mereka. Terutama bagi mereka yang sudah lama bahkan bertahun-tahun mempelajari bahasa inggris namun tidak juga memiliki pronunciation seperti yang diharapkan. Itu semua karena mereka tidak menerapkan metode dengar dan ulangi.

Pronunciation,

Apakah sesusah itu?

Apakah rumit itu?

Banyak kita temui orang yang sudah bertahun-tahun mempelajari bahasa inggris dengan hasil yang begitu-begitu saja.

Namun, ada juga yang tidak boleh kita abaikan yang berhasil bicara berbahasa inggris secara fasih bahkan dalam hitungan bulan. Atau bahkan kurang dari 6 bulan.

Mengapa itu bisa terjadi?

Itu semua kembali kepada metode yang di gunakan pembelajar. metode yang di gunakan akan berdampak kepada proses pembelajaran itu sendiri. Bahkan bisa juga berdampak pada hasil itu sendiri.

Lantas bagaimana proses yang harus dilalui untuk mengusai pronunciation dan bisa berbicara secara fasih?.

baca: cara cepat berbahasa inggris

sampai saat ini cara dengar dan ulangi adalah cara yang paling ampuh dalam perkembangan berbahasa inggris. Kemampuan berbahasa inggris saat ini harusnya bukan lah sebuah rahasia lagi.

Bahkan sekarang pembelajaran bahasa inggris bisa dilakukan dengan online. Tapi semua itu kembali kepada ke pembelajar itu sendiri.

Apa yang harus di lakukan untuk menguasai pronunciation dan fasih dalam pengucapannya?

Gampang. Inilah cara untuk dengar dan ulangi yang harus anda lakukan.

Dengar dan Ulangi – Pertama

Anda siapkan artikel berbahasa inggris yang anda sukai topik nya. Namun artikel yang harus di siapkan disini adalah sebuah artikel yang juga tersedia versi audionya.

Kedua

Kemudian anda dengarkan audio yang telah disiapkan tadi beberapa kali.

Ketiga

Kemudian anda putar lagi audio nya dan stop kan di setiap titik sesuai dengan teks nya. Disaat audio nya sedang diberhentikan, Kemudian tugas anda adalah untuk mengikuti/meniru suara audio yang anda dengar tadi.

Keempat

Usahakan saat sedang dengar dan ulangi ini, anda upayakan lidah, pita suara serta rahang anda untuk bisa se-fasih mungkin dalam pengucapan dengan pronunciation yang benar.

Pasti akan susah di awal nya. Asal anda tidak menyerah pasti anda akan menemukan hasil akhir anda.

Proses dengar dan ulangi ini adalah sebuah proses dimana otak kita merangsang kegiatan baru yang terjadi pada mulut kita.

Secara bersamaan otak kita akan menyesuaikan kebiasaan baru kita tersebut apabila kita secara aktif dan sering dalam melakukannya. Intinya jangan pernah berhenti.

Baca: cara baca bahasa inggris