APA ITU MATERIAL NOUN (Kata Benda Material)?

Material Noun Nama benda yang merupakan bahan dasar untuk memuat sesuatu, atau Noun yang berasal dari alam. Juga bisa menunjukkan untuk benda yang berupa buatan manusia.

Kata benda jenis ini secara jenis termasuk dalam jenis kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun). Walaupun tidak bisa dihitung dengan cara angka dan jumlah, ia tetap bisa dihitung dengan cara takaran atau berat dll.

Material noun termasuk kata benda yang tidak dapat dihitung karena kita tidak dapat menghitung kata benda yang berbentuk cair, semi cair, gas, atau padatan.

Beberapa Contoh

ContohArti
Paper Kertas
SaltGaram
SugarGula
IronBesi
RoofGenteng
StoneBatu
SandPasir
Paint Cat
GoldEmas

Kita bisa melihat bersama semua dari beberapa contoh kata benda material di atas berasal dan dari golongan yang terbuat dari alam.

Kata benda diatas tidak memiliki bentuk penjumlahan angka, Namun memiliki jenis hitungan berat atau takaran.

Untuk memudahkan dalam pemahaman, kami sediakan juga beberapa contoh berupa kalimat untuk pembahasan material noun.

Contoh Kalimat Material Noun

Kata Benda material yang berasal dari Tanaman

I see no sugar on the table (Saya tidak melihat gula di atas meja).

Penjelasan = Pada kalimat di atas, Jenis Kata benda material nya terdapat pada akta sugar (gula). Sugar merupakan kata benda yang dihasilkan dari alam yaitu dari tumbuhan tebu dan jagung. Sehingga Sugar termasuk dari bagian dari material Noun.


Kata Benda Material dari Alam

I want to drink mineral water (Saya mau minum air meniral).

Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, kata yang merupakan kata benda material dari alam adalah water (air). Water adalah kata benda yang berasal dari alam. Dalam penghitungannya pun tidak bisa dijumlahkan dengan angka, akan tetapi dengan liter.


Kata Benda Material dari Hewan

I love drinking milk. (Saya suka minum susu)

Penjelasan = Contoh kalimat diatas adalah contoh kalimat yang mengandung kata benda material didalamnya. Kata benda material nya adalah milk (susu). Milk merupakan kata benda yang berasal dari hewan yang di ambil susu dari dalam tubuh nya.


Kata Benda Materi Buatan Manusia

I like to eat bread with cheese (Saya suka makan roti denngan keju)

Penejalasan = Pada dasarnya hanya ada tiga bagian dari kata benda material; yaitu alam, tanaman dan hewan. Namun manusia juga bisa membuat sesuatu yang baru lagi yang jua merupakan dari kategori kata benda material. Yaitu produk baru yang mentahannya dari ketiga hal tersebut.


Baca Juga :
Collective Noun
Countable Noun
Uncountable Noun
Abstract Noun
Concrete Noun
Proper Noun