Present Perfect Continuous – Bahasa Inggris telah menjadi salah satu bahasa Internasional yang meski kita kuasai. Jika tidak benar-benar mahir, ya paling tidak memiliki basiclah, tahunya nggak cuma ‘yes’ dan ‘no’ saja. Apalagi nih, jika kamu mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris, ada banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah peluang mendapatkan beasiswa di luar negeri.

Siapa sih yang nggak ingin kuliah di luar negeri? Saya rasa, nyaris semua dari kita mendambakan kuliah di luar negeri ya. Nah, salah satu hal yang meski kamu persiapkan jika ingin kuliah di luar negeri adalah penguasaan tenses di bahasa Inggris yang mumpuni. Ada beragam tenses yang harus kamu kuasai, salah satunya adalah present perfect continuous.

Apa Sih Present Perfect Continuous Itu?

Jadi, present perfect continuous adalah salah satu tenses yang ada di Bahasa Inggris, dan terbilang sangat sering kita gunakan sehari-hari. Present perfect continuous merupakan tenses yang dapat kamu gunakan ketika akan menunjukkan sebuah peristiwa yang sudah kamu lakukan di masa lalu, tapi masih berlanjut sampai sekarang.

Present perfect continuous mempunyai nama lain nih, yaitu present perfect progressive. Nah, nama tenses satu ini dikuti dengan kata ‘continuous’ di akhir nama tensesnya ya, dan hal inilah yang membuat kamu meski memperhatikan beberapa hal ketika akan menggunakannya.

Misalnya adalah memperhatikan verb yang akan digunakan, yaitu verb + ing, atau verb yang memiliki durasi waktu, sehingga dapat kita lihat bahwa present perfect continuous sendiri memberikan penekanan terhadap kegiatan atau peristiwa yang terjadi. Selain itu, tenses satu ini digunakan untuk menunjukkan waktu yang samar, atau tidak diketahui, apakah terjadi sekarang atau malah sebelumnya.

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Agar bisa membuat kalimat present perfect continuous, tentu kamu harus menguasai pola pembuatannya, atau struktur pembuatan kalimat present perfect continuous. Rumus pembuatan kalimat present perfect continuous dibagi menjadi tiga, ada yang kalimat positif, negative, dan juga yang interogatif. Kita bahasa satu-satu ya,

Rumus Kalimat Positif (+)

Dalam bahasa Inggris, kalimat positif dibuat untuk menunjukkan sebuah pernyataan. Dan untuk mengenalinya, kamu dapat melihat kalimat yang ada pada berita di Bahasa Indonesia. Nah, agar mudah dimengerti, perhatikan rumus di bawah ya.

Subject (S) + have/has + been + present participle/V-ing

Rumus Kalimat Negatif (-)

Kalimat negative tentu berbeda dengan kalimat yang positif ya. kalimat negative adalah kalimat yang digunakan untuk sebuah penyangkalan atau jawaban yang berkonotasi negative. Berikut ini rumus membuat kalimat negative.

Subject (S) + have/has + not + been + present participle/V-ing

Rumus Kalimat Interogatif (?)

Kalimat terakhir adalah kalimat interaktif. Apa sih kalimat interogatif dalam Bahasa Inggris? Nah, dalam Bahasa Inggris, kalimat interogatif merupakan kalimat yang bisa kamu pakai ketika akan membuat sebuah pertanyaan ataupun untuk mempertanyakan sesuatu. Rumusnya adalah:

Have/has + Subject (S) + been + present participle/V-ing

Nah, agar kamu bisa membuat kalimat present perfect continuous dengan baik dan benar, kamu harus benar-benar menguasai rumus yang ada ya. Rumus-rumus di atas bisa kamu hafal, pahami, dan mengerti dengan sangat mudah loh. Present perfect continuous bisa kamu buat dengan menggunakna auxiliary verb, sama seperti tenses lainnya, seperti has atau have, been, ataupun present participle (-ing). Dan pada dasarnya, auxiliary verb sendiri mempunyai kegunaannya sendiri-sendiri ya, dan kamu harus memahami ini dengan baik.

Have, akan digunakan untuk I (Saya), you (kamu), dan plural subject. Plural subjectnya sendiri terbagi menjadi tiga ya, ada plural noun, ada boys dan men, ada plural pronoun, ada we dan they, dan yang terakhir ada compound subject yakni dengan memakai conjunction berupa and.

Contoh Present Perfect Continuous

Setelah tahu pengertian dan rumusnya, cara yang harus kamu lakukan agar bisa menguasai tenses satu ini adalah berlatih dengan membuat contoh. Agar kamu memiliki gambaran, berikut ini kami sajikan beberapa contoh present perfect continuous. Dan contoh-contoh di bawah ini adalah paket lengkap ya. Kok bisa? Ya, karena kami menyediakan contoh dari tiap-tiap kalimat present perfect continuousnya, mulai dari yang positif sampai yang interogatif, dan dibuat dengan menggunakan beberapa subject.

Subject Saya atau I

Contoh pertama akan kita buat menggunakan subject orang pertama, atau I.

Kalimat positif (+)

I just follow the book recipe, and I have been taking the cooking the vegetable for 35 minutes.
(Saya hanya mengikuti buku resep, dan saya sudah memasak sayur selama 35 menit).

Kalimat negatif (-)

I have not been reading yet, but now I feel so hard.
(Saya belum membaca, tapi sekarang saya sudah merasa sangat kesulitan.

Kalimat interogatif (?)

Have I had been cooking the rice for 15 minutes? Because I just just follow the recipe.
(Apakah saya sudah memasak nasi selama 15 menit? Karena saya hanya mengikuti resep).

Subject “You”

Kalimat positif (+)

You have been asking to Febi for three day, but, sorry to say that Febi can’t come.
(Kamu telah meminta kepada Febi selama tiga hari, tapi maaf, untuk mengatakan bahwa Febi tidak bisa datang).

Kalimat negatif (-)

You have not been trying, that is why you can’t make a something different.
(Kamu tidak berusaha, itulah mengapa kamu tidak bisa membuat sesuatu yang berbeda).

Kalimat interogatif (?)

Have you been asking to Mr. Febi for a day? But, sorry to say that Mr. Febi can’t come.
(Apakah kamu sudah meminta kepada Pak Febi selama satu hari? Tapi, maaf, untuk mengatakan bahwa Pak Febi tidak bisa datang).

Subject “They”

Kalimat positif (+)

They just follow the book recipe, and they have been taking the cooking the vegetable for 35 minutes.
(Mereka hanya mengikuti buku resep, dan mereka sudah memasak sayur selama 35 menit).

Kalimat negatif (-)

They not been cooking the vegetable, they just reading a book recipe.
(Mereka belum memasak sayur, mereka hanya membaca buku resepnya).

Kalimat interogatif (?)

Have they been eating in home to make them healthier?
(Apakah mereka pernah makan di rumah supaya lebih sehat?).

Jadi gimana, gampangkan? So, mulai sekarang sudah bisa dong buat kelimat present perfect continuous sendiri? Semoga bermanfata. Have a nice day.