Salah satu kunci sukses dalam berbahasa Inggris adalah menguasai pengetahuan seputar tenses. Nah, di dalam Bahasa Inggris ada berbagai macam tenses yang meski kamu pahami. Beragamnya jenis tenses yang ada di dalam Bahasa Inggris nggak meski kamu pelajari sekaligus kok, kamu bisa mempelajarinya satu persatu, karena yang terpenting dari belajar tenses adalah harus dipelajari secara detail dan mendalam. Salah satu materi tenses yang harus kamu pelajari adalah present perfect.

Apa Sih Pengertian Present Perfect?

Bagi anak 90- an, pasti sudah nggak asing sama present perfect, karena saat di bangku sekolah, pernah menerima materia tentang berbagai tenses, salah satunya ya present perfect ini.Tentu berbeda dengan anak sekarang, karena memang pelajaran Bahasa Inggris sudah dihapuskan dari kurikulum, sehingga harus belajar sendiri tentang tenses.

Present perfect merupakan sebuah kalimat yang menunjukkan adanya kata kerja yang telah kamu lakukan dan akan terus beranjut, ataupun sebuah bentuk kalimat yang menunjukkan kata kerja yang telah kamu selesaikan pada waktu tertentu. Dan present perfect ini akan berbicara tentang berbagai pengalaman ataupun perubahan yang tentunya akan melibatkan satu tempat.

Rumus

S + has / have + V3

Dalam tenses satu ini, have akan dipasangkan dengan subjek, mulai dari pronoun I, You, We, hingga They. Dan dibentuk dengan auxiliary verb have yang diikuti verb ke 3. Sementara untuk pronoun He, She, dan juga It bisa menggunakan has. Adverb yang terbilang cukup sering digunakan adalah since dan juga for, dan tidak menutup kemungkinan juga untuk menggunakan beberapa keterangan waktu lainnya.

Pengguaan Present Perfect (Usage)

Setelah mengetahui definisi dan rumus dari present perfect, maka hal selanjutnya yang harus kamu pelajari dari tenses satu ini adalah penggunaannya. Mempelajari penggunaan present perfect juga sangat penting. Karena ketika kamu sudah mengetahui penggunaan present perfect tentu akan mempermudah kamu dalam menguasai tenses ini.

Pekerjaan ataupun Kondisi yang Kamu Lakukan di Masa Lalu dan Masih Terus Kamu Lakukan Sampai Saat ini

Sebagian orang mungkin pernah mengalami beberapa hal, misalnya memiliki kejadian yang dilakukan di masa lalu, dan masih terus berlanjut sampai saat ini. Maka, untuk menyatakan hal tersebut, kamu bisa mengikuti pola kalimat berikut.

Contoh:

I have read the my uncle book for a week (Saya masih membaca buku paman saya seminggu)

I have studied in SD Muhammadiyah (Saya masih sekolah di SD Muhammadiyah)

We have lived in Pekanbaru since 2019 (Kami sudah tinggal di Pekanbaru sejak tahun 2019)

Pekerjaan yang Dilakukan Berulang

Jika kamu memiliki beberapa peristiwa, pekerjaan, atau kegiatan yang terus kamu lakukan berulang-ulang, maka gunakanlah present perfect dengan penggunaan kalimat seperti contoh berikut.

We have visited the Prambanan temple two times this mounth (Kami sudah mengunjungi Candi Prambanan dua kali bulan ini)

Pekerjaan yang Diulang Pada Waktu yang Tak Tentu

Jika kamu, atau kalian mengalami peristiwa, pekerjaan, atau kejadian ulangan, dengan waktu yang sama sekali tidak teratur atau tidak tentu sebelum hari ini, maka kamu bisa menggunakan beberapa kata, seperti yet, ever, already, never, dan juga before. Bingung? Tenang, karena setelah membaca contoh di bawah ini, pasti kamu bisa langsung paham.

I have already met my brother (Saya sudah bertemu abang saya).

He has watched this comedi before (Dia sudah menonton komedi ini sebelumnya).

Ngerti ya? Jadi, ungkapan present perfect ini bisa kamu ungkapkan kalau memang memiliki kejadian yang sudah kamu alami dan ternyata terjadi lagi, dengan waktu yang acak atau tidak ditentukan. Seperti kedua contoh di atas. Saya rasa, semua orang pasti pernah mengalami hal ini. Maka, agar bisa mengungkapkannya dalam ungkapan Bahasa Inggris, kamu harus memahami polanya.

Pekerjaan yang Baru Saja Dilakukan

Selesai melakukan sebuah pekerjaan, mungkin kamu berpikir untuk mengungkapkannya dalam Bahasa Inggris, namun, karena keterbatasan grammar atau tenses kadang malah membuat kamu malas atau malu menggunakannya. Padahal sebenarnya, untuk mengungkapkan kalimat kamu baru selesai melakukan sesuatu sangat mudah loh.

Sederhannya, kamu bisa menggunakan keterangan ‘just’. Perhatikan contoh ya.

Has she just left? (Apakah dia (wanita) baru saja pergi?)

We have just eaten (Kami baru saja makan)

I have just finishied sport (Saya baru saja olahraga)

Gampang ya?

Waktu yang Tepat Menggunakan Present Perfect Tense

Jika kamu ingin mengidentifikasi satu kondisi, apakah kalimat ini bentuknya present perfect atau tidak, atau kapan waktu yang sangat tepat untuk menggunakan present perfect ini, maka kamu dapat mengindentifikasinya dengan melihat keterangan waktu yang digunakan, ataupun time epxpression. Cara ini adalah cara yang paling mudah. Keterangan waktu yang digunakan dalam tenses ini adalah just, ever, yet, already, lately/resently, ever, since, for, dan still. Beberapa keterangan waktu ini sudah kamu temukan pada beberapa contoh di atas ya. Nah, agar lebih jelas, simak penjelasan singkat berikut.

Just

Just merupakan keterangan waktu yang menunjukkan sebuah pekerjaan atau peristiwa yang baru saja terjadi. Kalimat yang dibuat menggunakan kerangan ‘just’ selalu menunjukkan sebuah pekerjaan yang baru saja diselesaikan di waktu yang lalu. Bisa lihat contoh di poin penggunaan present perfect.

Before

Before merupakan kata yang sudah sangat familiar di telinga kita ya, yang artinya belum. Nah, keterangan waktu ini dapat kamu pakai jika ingin memberikan penekanan terhadap sebuah kejadian yang sebenarnya sudah pernah kamu alami sebelumnya. Untuk contohnya sudah ada di atas ya.

Yet

Yet mengandung makna belum. Dan untuk digunakan pada keterangan waktu, yet mengandung makna yang khusus, yang artinya ‘belum sampai saat ini’, dan merupakan keterangan khusus yang digunakan untuk kalimat negative atau interogatif. Cara menggunakannya bagaimana? Untuk lebih jelas, kamu bisa melihat contoh di bawah.

Has Ria found the job yet? (Sampai saat ini, suudahkah Ria menemukan pekerjaan?)

For

Keterangan ‘for’ bisa kamu gunakan ketika akan menunjukkan kira-kira berapa lama sebuah kejadian atau pekerjaan akan berlangsung. Seminggu kah, dua minggu, sebulan, setahun, dan seterusnya. Ketika menggunakan keterangan for, maka ada beberapa kata kerja yang tidak bisa kamu gunakan secara bersamaan, yakni began, end leave, meet, stop, dan arrive.

Already

Keterangan lainnya yang digunakan dalam present perfect adalah ‘already’. Pola keterangan yang satu ini digunakan untuk menunjukkan sebuah kegiatan yang telah kamu lakukan. Sehingga dapat diartiken sebagai ‘telah dilakukan’.

Contoh present perfect yang menggunakan keterangan ‘already’ adalah:

April have submitted the homework already (April telah mengirim tugasnya)

Has Pitri already gone to Amerika? (Apakah Mira telah pergi ke Amerika?)

The bus has already left us. (Bus telah meninggalkan kami).

Demikian pembahasan seputar present perfect. Setelah mengetahui rumus dan pola tenses satu ini, hal utama yang harus kamu lakukan adalah memahami pola verb 3, karena memang tenses present perfect menggunakan verb 3. Semoga bermanfaat.