APA ITU RELATIVE PRONOUN?

Relative Pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk membentuk rangkaian Adjective Clause.

Lebih lengkapnya kata ganti yang digunakan untuk merujuk pada kata benda yang disebutkan sebelumnya, apakah itu manusia, tempat, benda, binatang, atau ide. Kata ganti relatif dapat digunakan untuk menggabungkan dua kalimat.

Hanya ada beberapa kata ganti relatif dalam bahasa Inggris. Yang paling umum adalah which, that, whose, whomever, whoever, whom, dan who.

Anggota :WHO, WHOM, WHICH, THAT.

Semua anggota diatas bermakna YANG

Dalam beberapa situasi, kata-kata when, what, dan where juga bisa berfungsi sebagai Relative Pronoun.

Karena hanya ada beberapa saja, ada juga hanya beberapa aturan untuk menggunakan Relative Pronoun. Ingatlah hal itu saat Anda menulis.

Catatan penting mengenai Relative Pronoun

Relative clauses biasanya diperkenalkan oleh Relative Ponoun, dan bahwa kata ganti relatif dapat berfungsi sebagai kata ganti posesif, objek, atau subjek.

Ketika kata ganti relatif memperkenalkan klausa relatif restriktif, tidak ada koma yang digunakan untuk memisahkan klausa restriktif dari klausa utama.

Dalam bahasa Inggris Amerika, kata Relative Pronoun whom jarang digunakan. Anda mungkin memperhatikan hal ini dalam percakapan, tetapi yang terbaik adalah menggunakan istilah saat menulis untuk memastikan bahwa anda menggunakan tata bahasa yang benar.

Contoh Kalimat

Kalimat berikut berisi contoh-contoh kata ganti relatif. Kata ganti relatif dalam setiap contoh dicetak miring.

Contoh kalimatArti
The girl whom you love is my sister

Note : “love” merupakan kata kerja yang membutuhkan objek, akan tetapi object telah di gantikan dengan whom yang berperan sebagai object pada relative pronoun.
Wanita yang kamu sukai adalah kakak ku
The house which you buy is big

Note : penjelasan tentang penggunaan relative pronoun “who, which, dll” akan dijelaskan secara mendetail pada judul CLAUSE”.
Rumah yang kamu beli besar

Dari contoh diatas dapat kita lihat bersama bahwa kata ganti relatif memiliki arti “yang” yang menjadi penghubung antara kedua kalimat. Penjelasan lebih detail pada pembahasan clause.

kata ganti relatif memiliki anggota yang sama persis dengan Interrogative Pronoun. Yaitu WHO, WHOM,WHICH, WHICH, THAT.

Namun, walau demilikian, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan baik secara arti ataupun dalam penggunaannya.

Untuk menguji kemampuan teman – teman dalam topik ini, silahkan untuk tes melalui Soal latihan Interrogative Pronoun yang tersedia di website ini.

PERBEDAAN ANTARA RELATIVE PRONOUN DAN INTERROGATIVE PRONOUN

Interrogative pronounRelative pronoun
Who plays football? The boy who is playing football on the yard is my neighbor.
Which car hit you? The car which hit me was yellow.
Who is your father? The man who plays football is my father.

dari perbandingan contoh kalimat diatas, dapat dilihat bersama bahwa walaupun keduanya memiliki anggota yang sama, namun memiliki pemakaian dan makna yang berbeda.

Jika dalam Interrogative Pronoun memiki arti dan fungsi pertanyaan, lain halnya dengan kata ganti relatif yang memiliki makna majemuk dalam kalimat.

Begitu juga dalam pemakaiannya yang berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat yang biasa di sebut sebagai CLAUSE.

Demikianlah penjelasan mengenai kata ganti relatif. Semoga penjelasan diatas cukup jelas dan bisa difahami dengan mudah.

Semoga Bermanfaat.