InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

 7 Cara Cepat Berbahasa Inggris dengan Baik dan Benar

4 min read

cara cepat berbahasa inggris

CARA CEPAT BERBAHASA INGGRIS

Pembelajaran bahasa inggris dari tahun ke tahun memiliki perbaikan secara konsisten. berbagai cara cepat berbahasa inggris di gagaskan. dari cara traditional hingga cara modern hingga saat ini yang tidak membosankan yang akan di bahas pada artikel  7 cara cepat berbahasa inggris

Kami percaya praktik adalah cara utama untuk fasih atau kelancaran. Sebagian besar pembelajar bahasa inggris menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk belajar bahasa inggris (tata bahasa, kosa kata, cara pengucapannya, dll.).

Namun tidak dapat menggunakannya dengan baik dalam situasi kehidupan nyata. Ini seperti ketika kita pertama kali belajar naik sepeda motor dan ingin segera lancar di jalan raya tanpa latihan dan bimbingan terlebih dahulu.

Mempraktekkan cara cepat berbahasa inggris secara berulang-ulang adalah hal yang harus dan mutlak untuk fasih dalam bahasa inggris. Namun untuk kosa kata yang seakan secara reflek keluar sendiri saat bicara, diperlukannya latihan.

Praktek berarti pengulangan. baik itu melalui lagu yang berbahasa inggris atau melalui audio bahasa inggris yang di dengarkan berulang-ulang setiap hari.

Masalah pun timbul,,

Masalahnya, pengulangan secara tradisional dalam pembelajaran bahasa itu membosankan!.
Masalah lain: sangatlah tidak mudah untuk praktek apalagi dalam keadaan sendiri dirumah.

Terlebih lagi, kita tidak mengetahui apa saja yang sebenarnya yang seharusnya kita lakukan yang bisa membawa kemajuan.

baca: cara praktek bahasa inggris yang menyenangkan – praktek yang berarti

Berbagai cara untuk fasih dalam bahasa pun ditekuni. dari pindah dari kursus satu yang satu ke kursus yang lain. Bahkan ada yang sampai mengikuti kelas online. Namun tetap saja harapan mereka untuk bisa fasih alami berbicara bahasa inggris kian memupus.

Untuk memudahkan pembelajar bahasa inggris agar fasih secara maksimal. Inilah terdapat beberapa cara cepat berbahasa inggris yang dapat dilakukan:

1.  Mendengarkan lagu berbahasa inggris – CARA CEPAT BERBAHASA INGGRIS

belajar bahasa inggris dengan lagu
belajar bahasa inggris dengan lagu

Cara cepat berbahasa inggris yang pertama adalah mendengarkan lagu berbahasa inggris. Tidak sedikit di antara kita yang masih mengingat lantunan lagu yang sering didengar pada saat kita kecil dulu. Itu bukan hanya kebetulan melainkan itulah cara kerja otak.

Otak akan sangat mudah mengingat kembali sesuatu yang berpola. Misal, sebuah lantunan pada lagu dll. Oleh sebab itu, kefasihan dalam bahasa inggris akan sangat mudah didapatkan dengan cara mendengarkan ke sebuah lagu dan mengulang nya berkali-kali.

Setelah itu Anda harus menyanyikan nya dengan menggunakan pronunciation yang sesuai lagunya agar fasih alami berbicara bahasa inggris.

Baca ; belajar bahasa inggris dengan lagu.

Mengenai belajar bahasa inggris dengan lagu anda bisa mempelajarinya lebih detail pada artikel kami tentang cara belajar bahasa inggris dengan lagu.

2.  Dengarkan dan respon – CARA CEPAT BERBAHASA INGGRIS

dengarkan dan respon
belajar bahasa inggris dengan mendengarkan dan merespon

Pilihlah suatu percakapan atau video seperti VOA yang sangat banyak tersebar di Youtube. Setelah anda mendengarnya dengan saksama dan berulang-ulang, kemudian anda ikuti pengucapannya secara secara bersamaan dengan percakapan atau video yang anda dengar tadi.

Tidak berhenti disitu, setelah anda dengar dan mengikutinya, tugas selanjutnya adalah dengan merespon percakapan atau video yang anda dengar barusan. Anda utarakan apa yang anda pikirkan secara pribadi anda tentang topik yang sedang anda pelajari itu.

karena bahasa adalah sebuah pola kita sendiri yang harus menemukan celah di setiap pola tersebut.

baca: dengarkan dan respon

Jadi ketika anda sering mendengarkan hingga merespon apa yang anda dengar, itu lah cara terbaik untuk mengenalkan lidah rahang dan vita suara kita kepada bahasa baru yang sedang kita pelajari.  Mari kita lanjutkan.

3. Menonton film berbahasa inggris –
CARA CEPAT BERBAHASA INGGRIS

Belajar bahasa inggris dengan menonton
Belajar bahasa inggris dengan menonton

Cara cepat berbahasa inggris yang selanjutnya adalah menonton film berbahasa inggris. Ini adalah cara fasih dalam bahasa inggris melalui menonton film berbahasa inggris.

Saya sering bahkan hampir ke setiap murid murid saya untuk selalu menonton film bahasa inggris. Dengan tujuan agar mereka mendapat taste dialek serta intonasi yang pas seperti penutur aslinya.

Cara ini agak berbeda dengan cara di atas karena cara di atas untuk memperbagus listening kita dan ide kita dalam berbicara, sedangkan cara ini adalah cara untuk kita pembelajar mendapatkan dialek dan intonasi secara alami.

baca: belajar bahasa inggris dengan menonton

Jadi tunggu apa lagi, habis ini langsung tonton film berbahasa inggris sebanyak banyaknya. mengenai cara detailnya bisa di temui di sini

4. Ngomong dan dengarkan

cara cepat berbahasa inggris ngomong dan dengarkan
belajar bahasa inggris dengan ngomong dan dengarkan

Cara cepat berbahasa inggris selanjutnya adalah dengan merekam diri kita sendiri dan mendengarkannya. Cara ini untuk memastikan dialek serta intonasi yang kita gunakan.

Apakah sudah pas atau belum. Jika belum ulangi lagi beberapa kali dan sesering mungkin lakukan perekaman dan dengarkan.

Ini adalah cara termudah dan tercepat dari cara diatas karena anda bebas melakukan rekaman dimanapun atau kapanpun bahkan untuk seberapa lama anda merekam diri anda.

Setelah itu buat label rekaman kita dari awal hingga akhir untuk mengetahui hasil rekaman kita.

anda akan menemukan hasil kualitas bahasa inggrsi yang berbeda antara rekaman yang satu dengan yang lainnya. Namun anda secara pasti akan menemukan progres yang menakjubkan dari metode nomong dan dengarkan ini

baca: ngomong dan dengarkan

5. Jangan takut dan ragu untuk praktek

cara cepat berbahasa inggris sering praktek bahasa inggris
cara praktek bahasa inggris

Cara cepat berbahasa inggris yang kelima adalah jangan takut dan ragu untuk praktek. Fasih atau lancar dalam berbicara bahasa inggris itu semua masalah praktek saja.

Tok til.

Seperti yang sering kita lihat di footage buku tulis kita di sekolah “practice makes perfect”.

Kami tidak bilang pembelajar itu malas dalam praktek. Karena kami mengetahui pada hakikatnya rata-rata pembelajar itu malu untuk praktek dan takut salah. Bahkan tidak tau harus praktek kemana karena lingkungannya tidak ada yang menggunakan bahasa inggis.

“PRACTICE MAKES PERFECT”

Pokok nya hilang kan rasa malu. Pikirkan saja hasil akhir “fasih”. Dan untuk yang tidak punya lingkungan berbahasa inggris bisa mencari kumpulan berbahasa inggris di dekat tempat tinggal seperti komunitas atau organisasi dan sebagainya.

Organisasi yang bisa di ikuti adalah toastmaster. Saat ini toastmaster sudah hadir hampir ada seluruh provinsi di indonesia. Jadi hampir tidak ada lagi alasan untuk tidak ada lingkungan berbahasa inggris.
Pokoknya yang penting niat mencari, pasti ada.

baca: cara praktek bahasa inggris yang menyenangkan – praktek yang berarti

Praktek

Praktek

Ptaktek

untuk penjelasan lebih lengkap, ada di artikel cara praktek bahasa inggris yang menyenangkan – praktek yang berarti.

6. Chatting

cara cepat berbahasa inggris dengan chatting
belajar bahasa inggris dengan chatting

Cara cepat berbahasa inggris selanjutnya adalah chatting. Chatting merupakan wadah penting dalam mempraktekkan bahasa inggris. Apalagi di era digital saat ini sangatlah mudah untuk mencari partner native speaker melalui media sosial yang menyediakan fasilitas chatting.

Dengan meluangkan sedikit waktu kita untuk chatting maka kita telah melatih alam bawah sadar kita untuk berbahasa inggris karena semua kata yang terketik di chat, semua nya sudah terucap dalam benak.

baca: power chatting berbahasa inggris

Segala hal sudah di dalam benak seharusnya kita bisa mengucapkannya dengan dialek dan intonasi yang pas. Semakin sering pembelajar melakukan nya dan benaknya pun sudah sangat terbiasa dengan itu. Maka lidah, rahang dan vita suara pun akan sangat mudah menyesuaikan kedepannya.

Chatting merupakan jalan termudah cara cepat berbahasa inggris untuk lebih akurat dalam penulisan dan tata bahasa.

7. Dengar dan ulangi

cara cepat berbahasa inggris dengan dengar dan ulangi
belajar bahasa inggris dengar dan ulangi

cara cepat berbahasa inggris selanjutnya adalah Dengar dan ulangi. Ini merupakan cara pembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan pronunciation. Keakuratan dalam pelafalan adalah target di latihan ini.

Berbeda dengan dengarkan dan respon yang berfokus pada perluasan ide saat berbicara.

Juga berbeda dengan ngomong dan dengarkan yang berfokus kepada proses real time saat belajar bahasa inggris.

Dengar dan ulangi berfokus pada latihan laring, lidah dan rahang. Latihan ini tidak susah jika di lakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh.

Proses merupakan hal yang wajib di jalanin oleh setiap pembelajar bahasa inggis. Untuk lebih detail, inilah artikel tentang dengar dan ulangi.

baca: dengar dan ulangi

Demikian, 7 cara cepat berbahasa inggris yang kami harap dapat memberi solusi pada pembelajaran Anda agar terlihat alami, tidak membosakan dan memiliki hasil yang maksimal.

InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *