cara mengajar anak tk

4 Cara mengajar anak TK – khususnya bahasa inggris

Seorang anak kecil yang masih TK (taman kanak-kanak) akan lebih senang dalam bermain dengan kesenangannya. Mereka akan sangat susah di ajak serius. sehingga kita harus memikirkan cara mengajar anak tk khususnya bahasa inggris.

Kenapa bahasa inggris?

Bahasa inggris merupakan bahasa international yang banyak dipakai oleh kebanyakan manusia di belahan dunia.

Kita pun sebagai orang tua akan sangat senang jika buah hati kita mendapatkan tempat yang layak di masa depannya. Ketika seorang anak merasa percaya diri akan masa depannya, disitulah letak kebanggaan orang tua.

Nah,

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa anak yang masih berumur sekitaran 5 tahun, akan susah diajak serius.

Lantas bagaimana cara mengajarnya, sedangkan mereka tidak bisa serius?.

Inilah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para orang tua yang menginginkan penanaman moral, mental dan skill sejak dini.

Apakah ini masalah serius?

Ya ini masalah seirus.

Mengapa?

  1. Karena kalau kita mengajak anak kita untuk serius, maka itu berlawanan dengan lahiriah seorang anak tk yang seharusnya bermain.
  2. Karena kalau kita biarkan mereka bermain, kita tidak akan bisa mengajarkan anak dalam skill-skill penting. khususnya skill bahasa inggris.

Oleh karena itu kami membuat suatu solusi bagi para orang tua yang menginginkan anaknya bisa menguasai berbagai skill. Termasuk skill bahasa inggris.

Banyak cara mengajar anak tk tanpa harus mengorbankan lahiriannya sebagai anak kecil yang sangat penting itu. Justru orang tua yang berpikiran kalau bermain untuk anak kecil itu tidak baik, itulah kesalahan besar.

Melarang anak dalam bermain akan menjadi penyeselan terbesar orangtua ketika melihat anaknya pasif, tidak kreatif dan tidak percaya diri.

Namun, sekarang tidak perlu lagi khawatir, karena anda dapat melakukan 2 hal tersebut.

  1. Anda tatap bisa membuat anda bermain
  2. Anda tetap bisa mengajarkan anak anda berbagai skill.

Inilah cara mengajar anak TK Tahap Awal:

  1. Ajari mereka dengan memberikan tontonan yang menarik. Kalau lah itu bahasa inggris, beri mereka tayangan berbahasa inggris. Usahakan tontonan tersebut menarik dan tidak membosankan. Anak kecil tidak suka hal yang membosankan.
  2. Cara mengajar anak tk dengan bermain game. Bila skill yang di ajarkan adalah bahasa inggris, maka anda harus memberikan anak anda game yang ada sangkut pautnya dengan bahasa inggris.
  3. Cara mengajar anak tk dengan mengajak mereka berdialog/bercerita. Cara ini cukup bagus untuk mengetahui kemampuan speaking anak. Namun, yang harus di perhatikan, bahwa seorang anak tidak suka sesuatu yang membosankan. Jadi, beri mereka cerita yang menarik.

Dengan menjalani beberapa cara mengajar anak tk diatas, maka pengajaran kepada anak anda yang masih tk akan terasa sangat mudah.

Cara ini bisa di terapkan keberbagai skill yang ada. Termasuk bahasa inggris. Karena wadah kami tentang bahasa inggris. Maka kami memberikan nya dengan permisalan bahasa inggris.

Pada era digital yang serba lengkap dan tanpa batas ini, skill bahasa inggris menjadi primadona. Bahasa inggris menjadi sangat penting. Cara bahasa inggris ini yang banyak di cari untuk mejadikan anaknya agar menjadi pintar bahasa inggris.

Pada artikel ini walaupun judulnya hanya terfokus untuk anak, akan tetapi cara ini bisa diterapkan oleh setiap kalangan di berbagai umur.

Namun, khusus bagi mereka yang masih memiliki umur yang masih kecil, baik dan sangat bagus mereka untuk diajarkan dan dibimbing dengan cara ini.

Ketika buah hati kita bisa berbahasa inggris dengan lancar, maka anak kita bisa sedini mungkin mempersiapkan diri untuk bersaing secara luas.

Apalagi sekarang dunia semakin lama kian semakin berkembang dan tanpa kenal susut. Zaman dan kemajuan sangat cepat kita rasakan bersama. Maka sudah sepantasnya kita harus mengajarkan anak kita, buah hati kita cara bahasa inggris untuk anak.

Oleh karena itu mendidik dan mengajari anak dalam kemampuannya dalam berbahasa asing, akan sangat penting. Khususnya bahasa inggris yang merupakan sebuah bahasa internasional yang banyak di pakai di ranah professional.

Merupakan kewajiban kita sebagai orang tua dan juga kita pastinya menginginkan buah hati kita sukses di masa depannya. Ada beberapa cara yang saya kupas di artikel ini supaya buah hati kita bisa menguasai kemampuan berbahasa inggris.

Cara mengajar anak TK tahap lanjutan

Ini dia cara bahasa inggris untuk pemula termasuk mengajar anak tk:

LATIH SKILL CARA BAHASA INGGRIS SECARA ORAL

Melatih kemampuan anak secara oral adalah pondasi dasar untuk anak dalam menguasai bahasa inggris secara efektif. Karena melalui latihan ini yang akan merangsang anak kita dalam kemampuan baca dan tulis nantinya.

Mengapa dengan cara oral ini?

Karena dengan cara latihan oral ini, merupakan cara belajar bahasa inggris yang efektif dalam melatih bahasa anak. Dimana anak akan secara tidak langsung disuruh untuk berbicara apa yang ada dipikirannya.

Ketika seorang anak sering mengekspresikan apa yang ada dalam imaginasinya. Seorang anak perlu latihan bagaimana cara mengucapkan kata bahasa inggris dengan pronunciation yang benar.

Kebanyakan dari kita terlalu mengabaikan untuk bisa fasih dan lancar dalam berbicara.

Perlu diketahui bahwa untuk melatih seorang anak untuk menjadi fasih sebenarnya sangat mudah. Berbeda ketika orang dewasa belajar bahasa inggris. Akan sangat susah baginya untuk menguasai nya lebih cepat ketika belajar cara bahasa inggris untuk fasih.

Jadi seorang anak tidak hanya harus bisa ngomong sekedarnya, namun ia juga harus bisa fasih layaknya penutur aslinya.

Apakah mudah?

Ya sangat mudah,

Khususnya bagi anak-anak.

Latihlah anak anda cara bahasa inggris secara oral speaking beserta dengan pronunciation nya bersamaan. karena itu akan menjadi bekalnya kelak.

Seorang anak yang bisa lebih matang secara skill dan intelektual akan bisa lebih percaya diri dalam menghadapi masa depan.

LATIH SKILL ANAK DENGAN LISTENING

Namun,

Cara ORAL diatas merupakan sebuah cara lanjutan, bukan berarti salah, karena proses pembelajaran awal bagi anak tk adalah LISTENING.

Lantas mengapa di tempatkan di urut pertama?

Karena melatih skill secara oral speaking adalah yang paling penting. bahkan sangat penting. Namun, untuk menuju proses ORAL, seorang anak harus terlebih dahulu mendengar bahasa inggris dari orang tuanya.

Apalagi untuk seorang anak yang jika belum memahami gadget, maka haruslah orang tuanya lah yang membimbingnya. Akan lebih baik jika si kecil mendengar cara bahasa inggris nya dari orang tuanya secara langsung.

Seorang anak tidak akan bisa berbicara sepatah kata pun dalam berbahasa inggris jika mereka tidak pernah dikenalkan bahasa inggris sama sekali pada sebelumnya.

Jadi, ketika buah hati kita sering mendengarkan segala sesuatu tentang pembelajaran bahasa inggris, ia akan secara alami belajar kosakata baru. Serta bahasa baru juga.

Termasuk ketika kita para orang tua mengajarkan mereka sebuah kata bahasa inggris, maka secara tidak langsung mereka mendengarnya. Secara tidak langsung juga mereka belajar.

Inilah yang dilakukan anak kita ketika mereka belajar berbicara ketika berumur satu tahun dulu. Anak kita sering mendengarkan orang tuanya berbicara padanya. Sering juga mendengarkan ayah ibunya sedang berbicara.

Seperti yang pernah di ulas oleh para ahli bahasa,

LEARN ENGLISH AS A BABY

Yuph, belajar bahasa yang paling baik adalah ketika belajar bahasa seperti para bayi belajar bahasa ibunya.

Selanjutnya,

Ketika naka kita sudah sering mendengarkan beberapa bahasa inggris, disitulah kita para orang tua untuk mendidiknya cara bahasa inggris secara bersamaan dengan listeningnya.

Jadi, caranya:

  1. Ajarkan mereka dulu beberapa kata bahasa inggris
  2. Setelah mereka menguasainya, maka ajarkan buah hati kita kemampuan oral cara bahasa inggris.
  3. Latihan oral bisa dilakukan besoknya atau bisa juga setelah itu juga. Tergantung daya tangkap anak. Kita para orang tua pasti lebih memahami daya tangkap anak kita.

Lantas kalau daya tangkap anak terlalu lambat bagaimana?

Jawabannya,

Tetap beri latihan orang keesokannya. karena akan membuatnya lupa kalau kelamaan. Karena bahasa tidak ada sangkut pautnya sama kepintaran.

Kita para orang tua cukup lihat bagaimana kemampuan bahasa pertamanya. Jika anak kita tidak ada permasalahan dalam bahasa ibu/aslinya. Maka begitu juga dengan bahasa inggrisnya atau bahkan beberapa bahasa lain setelahnya.

LATIH SKILL ANAK TK DENGAN MENULIS DAN MEMBACA

Pada sesi ini kita memberikan anak kita sebuah bacaan-bacaan berupa bahasa inggris yang menarik.

  1. Kita bimbing buah hati kita dalam memahami cerita dari bacaan-bacaan tersebut.
  2. Setelah kita memastikan mereka memahami cerita dari bacaan-bacaan tersebut, maka kita ajak buah hati kita untuk bercerita tentang cerita yang mereka baca. (Ini hampir mirip dengan proses ORAL diatas. Namun tujuan utamanya adalah untuk mengumpulkan ide cerita yang bisa diaplikasikan anak kita didalam tuilsan).
  3. Selanjutnya, setelah kita bercerita dan bercanda kepada anak kita tentang bacaannya, maka, kita suruh anak kita menuliskan apa saja yang dia pahami kedalam sebuah tulisan.

Pada tahap awal penulisan, mungkin buah hati kita akan menuliskan kalimat yang tidak sesuai grammar. Namun, jangan khawatir, itulah proses awalnya saja.

Nah, disinilah saatnya. disaat buah hati kita sedang belajar untuk menulis, disaat itu juga kita juga pelan-pelan mengoreksi tulisannya agar sesuai dengan grammar.

Disini sebagai orang tua, harus sedikit sabar, karena yang namanya seorang anak, sangat susah baginya untuk fokus. Namun, semakin sering kita menyuruh mereka menulis, maka kemampuan menulisnya akan berkembang dengan pesat. Tergantung keseriusan orang tua dalam mendidik anaknya.

Semakin sering juga orang tua mendidik anak cara bahasa inggris dengan membaca dan menulis, karena semakin matang juga buah hati kita cerah kedepannya, baik secara sosial ataupun akademik.

Dengan sering mendidik anak kita untuk selalu menulis dan membaca, ini juga secara tidak langsung akan mematangkan buah hati kita dalam memaparkan sebuah topik yang cerdas ide yang kompleks.

LATIH SKILL dan AJAKRKAN ANAK TK DENGAN MENERAPKAN KONSEP LSRW pada anak?

Apa itu LSRW?

Apa dampaknya bagi pembelajaran?

LSRW adalah singkatan dari:

  • L = Listening
  • S = Speaking
  • R = Reading
  • W = Writing

Para pakar pengajar bahasa inggris telah sepakat bahwa pembelajaran LSRW adalah pembelajaran Yang sanngat berguna dengan proses pembelajaran seorang anak.

Bukan hanya mempermudah proses akan tetapi juga membuat bahasa inggris akan menjadi sangat mudah bagi pembelajar itu sendiri.

Konsep LSRW diatas berlaku urutannya, kita tidak bisa langsung mencoba ke metode reading, ataupun writing. Kita harus memulainya dengan listening. Atau pun bisa juga memulainya bersama-sama dengan speaking.

Cara bahasa inggris diatas adalah merupakan cara yang pas dan bagus. Anda juga bisa melakukannya buat diri anda sendiri ataupun anak anda. Yaitu dengan cara menggabungkan konsep (listening dan speaking) dan (reading dan writing).

Cara mengajar bahasa inggris untuk anak TK dengan cara menggabungkan seperti itu adalah merupakan cara yang sangat bagus. Bahkan bisa mempercepat pembelajaran. Karena kita seakan hanya melakukan dua tahap, dan bukan melakukan 4 tahap. Dengan begitu kita akan merasa bahasa inggris akan sangat mudah untuk dipelajari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top