InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

Cara praktek bahasa inggris – praktek penting yang berarti

3 min read

praktek bahasa inggris

Hari ini kami akan sharing tentang cara praktek bahasa inggris yang menyenangkan – praktek yang berarti. Berbicara menggunakan bahasa inggris yang lancar dan akurat adalah dambaan pembelajar bahasa inggris.

Semua cara bahkan mereka lakukan agar bisa akurat dan lancar berbicara bahasa inggris. Segala praktek mereka lakukan bahkan tidak sedikit dari mereka yang sampai merogoh kantong mereka.

Namun, pembelajaran keakuratan dan kelancaran dalam bahasa inggris tidak didapat dari mempelajari aturan tata bahasa inggris atau menghafal definisi.

Juga bukan berasal dari menghafal kosa kata. Keakuratan dan kelancaran berbicara bahasa inggris berasal dari praktek (practice).

Yang kami maksud praktek di sini bukanlah percakapan yang menjadi pemahaman tren saat ini. Bahkan juga bukan percakapan menggunakan apa yang Anda ketahui.

Juga, bukan percakapan sesuatu yang telah Anda ingat. Karena semua latihan itu hanya sekedar membuat Anda merasa lancar, akan tetapi tidak lancar dan akurat pada hakikatnya.

PRAKTEK BAHASA INGGRIS

Jadi,, apa yang kami maksud PRAKTEK disini?

Berbicara bahasa inggris dengan akurat dan lancar, ada yang lebih penting dari praktek itu sendiri. Itu adalah mengetahui kata (diction) mana yang keluar bersama saat berbicara.

Yuph, cuma itu saja.

Dan itu berdasarkan personal experience.

baca: memilih kosa kata yang pas saat berbicara bahasa inggris

Saya tidak memungkiri pentingnya dengan percakapan bahasa inggris,

Akan tetapi percakapan tersebut akan menjadi sia-sia jika tidak di latih dengan praktek yang sebenarnya.

Masih bingung?

Begini,,

Pernah Anda memainkan alat musik?.

Atau pernahkah Anda melatih mengendarai sepeda motor?.

Atau pernahkah Anda melatih diri Anda dalam olahraga tertentu?.

Penjelasan Praktek bahasa inggris

  1. Ketika Anda memainkan alat musik, Anda pasti akan berlatih lagu yang berulang-ulang. Membuat kesalahan dalam not lagu atau nada suara. Semakin lama Anda merasa semakin nyaman, menikmatinya, yang kemudian mengembangkan kemampuan Anda dalam memainkan lagu tersebut.
  2. Ketika Anda belajar mengendarai sepeda motor, Anda pasti akan mencobanya berulang-ulang. Terkadang kesalahan saat Anda belajar mengendarai sepeda motor akan terjadi. Seperti jatuh dari motor, salah menginjak rem atau gigi dan lain sebagainya. Semakin sering Anda mengendarai sepeda motor, semakin Anda lihai ketika Anda berada di jalan.
  3. Ketika Anda melatih diri Anda dalam olah raga tertentu, Anda pasti akan mengulangi olah raga tersebut secara berulang-ulang. Anda pasti akan mencobanya hingga Anda merasa nyaman. Anda tidak akan berhenti sampai Anda tiba pada titik puas Anda. Bahkan ketika Anda sudah tiba pada titik puas Anda, Anda tidak akan berhenti untuk terus berlatih untuk olah raga yang sedang Anda tekuni.

Bahkan ketika Anda sudah tiba pada titik puas Anda, Anda tidak akan berhenti untuk terus berlatih untuk olah raga yang sedang Anda tekuni.

inilah cara praktek bahasa inggris yang menyenangkan – praktek yang berarti yang kami paparkan dengan jelas kepada anda.

Jika anda sudah memahami dengan benar tips diatas dengan benar maka selanjutnya anda hanya tinggal menguasai cara mengetahui kata (diction) mana yang keluar bersama saat berbicara.

Praktek bahasa inggris sesungguhnya tidak akan susah jika dilakukan dengan ilmu yang pas dan cara yang benar

Untuk bisa menguasai dalam pemilihan kosa kata yang pas saat berbicara bahasa inggris bisa di baca di artikel memilih kosa kata yang pas berbicara bahasa inggris.

Pentingnya Praktek Berbicara Bahasa INggris

Ada 4 keterampilan utama saat Anda belajar bahasa:

  1. Listening
  2. Reading
  3. Speaking
  4. Writing

Kalau saya tanya!

Manakah dari berikut ini yang merupakan “Odd-One-Out”? Manakah yang berbeda dari tiga lainnya?

Jawabannya adalah Speaking.

Tiga lainnya dapat Anda lakukan sendiri, sendiri, tanpa orang lain.

Anda dapat listening radio sendirian. Anda bisa reading buku sendiri. Anda bisa writing surat sendiri. Tapi Anda tidak bisa berbicara sendiri! Berbicara kepada diri sendiri bisa menjadi “berbahaya” karena rumah sakit jiwa mungkin datang dan membawa Anda pergi !!

Itulah mengapa Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan seseorang untuk diajak bicara.

Di mana Anda dapat menemukan orang yang dapat berbicara bahasa Inggris dengan Anda? Dan bagaimana Anda bisa berlatih berbicara saat Anda sendirian?

Praktek di sekolah

Jika Anda bersekolah di sekolah bahasa, Anda harus menggunakan kesempatan ini untuk berbicara dengan guru Anda dan siswa lain. Saat pulang, Anda masih bisa berlatih mendengar, membaca, dan menulis, tetapi mungkin tidak bisa berlatih berbicara.

Jika guru Anda mengajukan pertanyaan, gunakan kesempatan ini untuk menjawab. Cobalah untuk mengatakan sebanyak mungkin. Jika guru Anda meminta Anda untuk berbicara berpasangan atau berkelompok dengan siswa lain, cobalah untuk berbicara sebanyak mungkin. Jangan khawatir tentang kesalahan Anda. Bicaralah!

Speaking Club

Banyak kota di seluruh dunia memiliki klub sepeaking english di mana orang dapat bertukar satu bahasa dengan bahasa lain. Anda bisa mencarinya di koran lokal dalam mencari klub percakapan di dekat Anda. Klub tersebut biasanya gratis meskipun beberapa mungkin mengenakan sedikit biaya pendaftaran.

Perbelanjaan

Jika Anda tinggal di negara berbahasa Inggris, Anda memiliki kesempatan bagus. Berlatihlah berbicara dengan penduduk setempat seperti asisten toko atau supir taksi.

Bahkan jika Anda tidak ingin membeli apa pun, Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang produk yang Anda minati di toko.

“Berapa biaya ini?” “Bisakah saya membayar dengan cek?” “Mana yang Anda rekomendasikan?” Seringkali Anda dapat memulai percakapan nyata – dan tidak ada biaya apa pun!

Bahasa ada di sekitar Anda

Ke mana pun Anda pergi, Anda menemukan bahasa. Nama toko, nama jalan, iklan, pemberitahuan di bus dan kereta api.

Meskipun Anda tidak berada di negara berbahasa Inggris, sering kali ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang dapat Anda lihat saat berjalan di jalan, terutama di kota-kota besar.

Dan juga selalu ada angka. Nomor mobil, nomor telepon, nomor rumah. Bagaimana ini bisa membantu Anda? Saat Anda berjalan di jalan, berlatihlah membaca kata dan angka yang Anda lihat. Katakan pada diri Anda sendiri.

Ini sebenarnya bukan bagian dari praktek conversation, tapi hal tersebut akan membantu Anda untuk “think” dalam bahasa Inggris.

Misalnya, jika Anda berjalan di sepanjang barisan mobil yang diparkir, sebutkan nomor pada setiap mobil secepat Anda melewatinya.

Tes diri Anda, untuk melihat seberapa cepat Anda bisa berjalan dan tetap mengucapkan setiap angka.

Lagu dan Video

Dengarkan kata-kata dari lagu berbahasa Inggris yang Anda sukai. Kemudian ulangi untuk diri Anda sendiri dan cobalah bernyanyi dengan musik.

Ulangi kata-kata tersebut sebanyak mungkin hingga menjadi otomatis. Anda akan segera menyanyikan seluruh lagu. Atau dengarkan salah satu aktor favorit Anda di video dan ulangi satu atau dua kalimat yang Anda suka.

Lakukan sampai menjadi otomatis. Ini latihan yang baik untuk ingatan Anda dan untuk otot mulut yang Anda butuhkan untuk bahasa Inggris.

Yang terpenting, jangan takut untuk berbicara. Anda harus mencoba untuk berbicara, meskipun Anda membuat kesalahan. Anda tidak bisa belajar tanpa kesalahan.

Ada pepatah yang mengatakan: “Orang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah melakukan apa pun.” Jadi pikirkan kesalahan Anda sebagai sesuatu yang positif dan berguna.

Bicaralah sebanyak mungkin! Buat kesalahan sebanyak mungkin! Ketika Anda tahu bahwa Anda telah membuat kesalahan, Anda tahu bahwa Anda telah membuat kemajuan.

baca: memilih kosa kata yang pas saat berbicara bahasa inggris

baca: power chatting berbahasa inggris

InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

8 Replies to “Cara praktek bahasa inggris – praktek penting yang berarti”

    1. Hi ms. Nebby,

      I am glad to hear that you are enjoying this blog.
      Just stay close with us in this blog, coz we will do our best to this blog.

      Keep spirit
      keep fighting

  1. Apa yang harus aku lakukan agar speaking saya menjadi semakin baik Mr?

    Karena kalau bermain bola tinggal pergi kelapangan dan latihan..

    Kalau speaking gmna ya cara nya?

    1. Hi Riko 🙂
      Jika untuk lancar dalam bermain bola adalah dengan pergi kelapangan, maka untuk lancar dalam speaking adalah dengan secara langsung praktek berbicara bahasa inggris.

      Prakteknya bisa sesama teman, atau lewat chatting dengan teman bule, atau kalau tidak punya teman sama sekali bisa dengan praktek lewat cermin.
      Ada banyak jalan menuju roma.

      semoga jawaban ini membantu Mr. Riko 🙂

  2. Malem min…
    Mang kalo cuma ngapalin kosakata doang tanpa praktek langsung, tetap kurang efektif ya Min?
    Walaupun saya hafal ribuan kosan kata..

    Please anter ya Min..

    1. Ya malam juga,,

      Bener Rahma,, akan kurang efektif dan bahkan sangat kurang jika hanya menghafal kosa kata tanpa praktek. walaupun sudah hafal ribuan kata.
      karena bahasa itu skill dan harus di latih rahma,,
      kalo kosa kata tu ilmu pengetahuan makanya di hafal dan bukan skill

      gmna rahma, sudah jelas penjelasan saya

      hehe, apanya yang di anter rahma, typo ya?

  3. mau tanya, kalo saya prakteknya dengan menggunakan metode ngomong depan kaca gitu bisa gak sir, soalnya saya gak ada partner dan tinggal di lingkungan yang tidak mendukung juga

    1. Hello sasa,
      bagus sekali sasa punya ide dengan menemukan jalan keluar dari masalah yang sasa hadapi. Itu justru sangat baik karena selain juga bisa melatih skill speaking, secara psikologi juga akan membuat kita nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *