Introduction?

Disini saya akan menjelaskan materi yang akan dipelajari pada kursus ini.

Alphabet?

pada pembahasan ini kita akan membahas topik dasar dari pronunciation; Alphabet. Memang terlihat sepele, namun salah dalam pengucapan satu alphabet saja akan membuat fasih nya ketika mengucapkan bahasa inggris.

Phonetic Symbols?

Setelah anda menguasai pengucapakan Alphabet dengan benar, maka sekarang kita belajar Phonetic Symbol yang berguna untuk kita membaca symbol yang ada dalam kamus bahasa inggris seperti Oxford atau Longman. Sehingga anda bisa menyarakan kata bahasa inggris dengan pronunciation yang baik.

Vowel?

Disini kita akan membahas Vowel

Diphthong?

Disini kita akan membahas Diphthong.

Consonant?

Disini kita akan membahas Consonant.

Pop Sound

Final Sound

American T

Word Connection

Stress

Intonation

Tongue Twister

Final Test

Pronunciation

Sebelum kita mulai, Mari kita fahami terlebih dahulu apa itu accent.

Ya. Kita sama sepakat pembelajaran pronunciation adalah untuk menguasai bahasa inggris dengan ACCENT yang pas baik BRITISH ataupun AMERICAN.

Oke. Kita tandai dulu. BRITISH atau AMERICAN.

British ataupun American merupakan dua bentuk ACCENT yang paling populer di dunia.

Apakah bahasa inggris hanya terdiri dari dua Accent tersebut?

Tentu tidak. Ada banyak lagi accent sesuai dari lokasi penuturnya, ada Accent Ausie, Canada dll. namun British dan American lah yang paling banyak di pakai di dunia. Serta para pembelajar bahasa inggris mayoritas menargetkan satu dari kedua aksen tersebut.

Hanya salah satu? apa gak bisa keduanya?

Tentu saja bisa. Justru kamu bisa menguasai seluruh aksen yang ada jika kamu mau mempelajarinya dan mempraktekkannya.

APA HUBUNGANNYA ACCENT DAN PRONUNCIATION?

Accent kalau dalam bahasa Indonesianya adalah logat. sebagai mana logat dalam bahasa Indonesia sendiri dipengaruhi dari lokasi kita tinggal.

Ada yang berbahasa Indonesia dengan logat batak, jawa, madura, indonesia timur dll. ada banyak. Bahasa Indonesia yang kita kenal saja memiliki logat penutur yang berbeda tergantung dari lokasinya.

Begitu juga bahasa inggris yang memiliki perbedaan accent dalam komunikasi yang berbeda lokasi.

Jadi,

Accent itu merupakan logat bahasa inggris yang dituju.

Pronunciation merupakan pelajaran tahap demi tahap yang membahas teori untuk menguasai accent tersebut. pembelajaran meliputi symbol kamus hingga intonasi, stress dan ritme.

APA ACCENT YANG SAYA PELAJARI DI SINI?

Di InggrisPRO kamu belajar kedua jenis accent tersebut, BRITISH dan AMERICAN. Jadi, kamu bisa memilih salah satu atau menguasai keduanya.

Bagaimana caranya?

Ada dua cara mempelajari dan menguasai Accent bahasa inggris:

  1. Praktek langsung di England (untuk bahasa inggris British)
  2. Belajar dengan teori dan praktek

Praktek langsung di England

Seperti yang disebutkan pada point diatas bahwa hal yang paling simple adalah dengan belajar serta praktek langsung pada negara asalnya.

Waduh, mahal dong.

Ya bukan hanya mahal, tapi juga ribet, jauh dan susah. Susah karena rata rata orang asli sana individualist.

Sehingga kalau anda tidak punya kenalan atau rekan, anda akan susah juga untuk praktek bahasa inggris dan ujung – ujungnya, anda kesana cuma sekedar jalan – jalan.

Tapi tunggu dulu ada cara selanjutnya,,

Belajar dengan teori dan praktek

Cara ini terbukti murah, berhasil dan menjadi solusi favorit pembelajar bahasa inggris di seluruh penjuru.

Ya, hampir semua lembaga pendidikan bahasa inggris di dunia pada program pronunciation akan memakai sistem ini.

Ya, karena murah dan mudah.

MURAH Bukan berarti murahan.

Saya, serta murid – murid saya serta banyak orang yang telah berhasil mendapatkan accent BRITISH atau AMERICAN nya dari metode ini.

BAGAIMANA TEORI DAN PRAKTEKNYA?

Untuk teori serta prakteknya, baik accent BRITISH ataupun AMERICAN, memiliki cara yang sama.

YA CARA YANG SAMA, TAPI KAMUS YANG BERBEDA.

Maksudnya?

Jika anda hendak menguasai Accent British, maka kamus rujukannya adalah kamus OXFORD DICTIONARY.

JIka anda hendak menguasai accent American maka rujukannya adalah kamus LONGMAN DICTIONARY.

Jadi jika anda ingin pelajari keduanya maka kedua kamus diatas harus anda kuasai.

Apakah harus memilikinya?

Bisa iya,,,
Bisa tidak,,

Maksudnya?

Jika anda benar – benar ingin mudah dan integrit dalam pembelajarannya maka bisa membelinya. Namun, tidak juga tidak apa – apa. Karena pada kursus ini akan di berikan juga beberapa bagia dari contoh dari kedua kamus tersebut. Baik dari OXFORD ataupun LONGMAN.

Namun, perlu di maklumi, contoh tersebut bukanlah mencakup seluruh kata yang ada pada kamus tersebut, jadi hanya sebagian saja.. (mana sanggup saya ngetiknya kalau semua). hehe.

SAYA INGIN MEMBELINYA. dimana?

Anda bisa membelinya di toko buku terdekat dikota anda.

Perlu diingat, ada banyak varian oxford atau longman. pilihlah yang sama dengan gambar diatas. walaupun gaya sampulnya beda, setidaknya memiliki judul yang sama.

MANFAAT MENGUASAI ILMU PRONUNCIATION

Jika anda tinggal atau bekerja diantara penutur asli bahasa inggris, maka akan sangat mudah bagi anda untuk menguasai accent bahasa inggris.

Namun, jika anda tinggal bukan dilingkungan orang yang berbahasa inggriss, anda juga bisa belajar dengan pelajaran pronunciation seperti yang disediakan pada kursus ini.

Dengan menguasai teori dan praktek pronunciation, maka anda akan bisa dan mudah mensinergikan beberapa hal untuk meningkatkan kualitas accent anda:

  • Watching an english movie. Dengan anda menguasai teori pronunciation, maka anda mudah mengenali jenis english sound serta bisa langsung mempraktekkannya dengan benar. Tidak hanya itu anda pun bisa mengaplikasikannya kebentuk tulisan.
  • Listening music and Radio. Melatih english pronunciation dengan musik dan radio berbahasa inggris merupakan cara yang baik untuk merangsang otak anda untuk logat bahasa baru anda. Maka dengan pemahaman teori dan praktek pronunciation, akan mempermudah faham terhadap setiap kata – katanya.
  • TV Shows. Acara TV shows seperti ellen show dll. akan memudahkan penguasaan accent secara real-time jika dipadukan dengan teori dan praktek pronunciation.
  • Accent Converting. Jika anda ingin menguasai dua accent; British dan American, maka dengan memakai cara ini akan memudahkan anda untuk menguasai serta merasakan perbedaan dari keduanya.

Jika sebelumnya anda telah melakukan satu atau semua hal diatas namun, malah jadi bingung. Hal tersebut karena anda tidak menguasai teori dan praktek pronunciation. Sehingga anda bagaikan mendengarkan sesuatu yang kosong.

Berbeda jika anda telah menguasai teori dan praktek pronunciation, akan ada perbedaan pada setiap kata bahkan setiap hurup yang anda dengar.

RASAKAN SENDIRI!

Sudah paham semua?

Ayo kita lanjut!