InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

Grammar Bahasa Inggris – Belajar Rumus dan Materi

5 min read

Grammar Bahasa Inggris

Grammar bahasa inggris kerap menjadi dilema bagi kebanyakan orang. Khusus nya yang dihadapi sebuah tuntutan baik dalam lingkungan ataupun kerjaan untuk menguasai grammar bahasa inggris.

Telah kita ketahui bersama bahwa dalam dunia kerja atau dunia pendidikan, kebutuhan bahasa inggris adalah sebuah primer. Termasuk Penguasaan grammar bahasa inggris nya harus menyesuaikan baik dalam tulisan maupun lisan.

Masalahnya Grammar bukanlah sesuatu yang bisa dikuasai dalam satu malam layaknya seorang pesulap handal

BAGAIMANA MENGUASAI GRAMMAR BAHASA INGGRIS?

Pada zaman sekarang ini ada banyak banget cara untuk menguasai grammar bahasa inggris. Baik itu melalui kursus di lembaga – lembaga bahasa inggris yang tersebar luas di setiap kota, Juga bisa melalui buku dengan metode otodidak.

Di tempat tersebut anda bisa belajar banyak dari guru – guru yang handal yang bisa anda temui ketika anda sudah mendaftar.

Kalau anda masih ragu dengan kualitas guru nya yang ada di lembaga tersebut, anda bisa memilih di InggrisPRO sebagai tempat belajar bahasa inggris anda.

DIMANA BELAJAR GRAMMAR BAHASA INGGRIS?

Kami menyediakan kelas belajar bahasa inggris online yang akan di handle oleh guru – guru yang berpengalaman dan profesional pastinya.

Semua tenaga pengajar yang ada di InggrisPRO adalah seorang akademisi yang telah berpengalaman mengajar bahasa inggris pada bidangnya. Baik itu materi conversation, grammar hingga IELTS.

Grammar Dalam Bahasa Inggris
Grammar Bahasa Inggris

Untuk ke halaman penjelasan detail grammar nya anda bisa klik gambar di atas. Sudah banyak yang belajar dan puas dengan hasil dari sistem pengajaran bahasa inggris online kami kami.

TOPIC GRAMMAR BAHASA INGGRIS PALING POPULER

Ada banyak sekali topik bahasa inggris pada pembahasan grammar yang seru jika dibahas. Namun ada beberapa topik yang populer dikalangan pembelajar.

Topik apa sajakah itu?


TENSES

Ya tenses merupakan salah satu pembasan grammar yang paling populer. Bahkan tidak sedikit pula murid yang kebingungan dibuatnya.

Tenses akan jadi amat sangat susah jika hanya di bahas dengan cara klasik. Yaitu tanpa dibubuhi analogi atau semacamnya dan memabahasnya secara satu persatu.

Namun, Jika tenses dibahas dengan cara yang tepat, maka setiap pembelajar bahasa inggris akan menemukan bahwa grammar adalah mudah. Seraya meng klaim bahwa tenses itu mudah dan seru.

Tenses seluruhnya terdiri dari 16 pembahasan dan seperti yang saya bilang diatas, kalau kita hanya lihat dari angkanya yang 16 maka akan terlihat susah.

Namun jika kita membuatkan pola yang 16 tadi maka akan menjadi kumpulan yang masuk dengan logika. Juga angka yang 16 itu akan serasa menjadi sedikit.

Judul Tenses

Berikut ini adalah 16 judul tenses :

1. Simple Present9. Simple Future
2. Present Continuous10. Future Continuous
3. Present Perfect11. Future Perfect
4. Present Perfect Continuous12. Future Perfect Continuous
5. Simple Past13. Past Future
6. Past Continuous14. Past Future Continuous
7. Past Perfect15. Past Future Perfect
8. Past Perfect Continuous16. Past Future Perfect Continuous

Tabel diatas adalah kumpulan judul tenses yang 16. Namun kita akan membahasnya secara terpisah.


PHRASE

Pembahasan selanjutnya yang populer adalah Phrase. Phrase adalah susunan kata yang tidak berpola s + v.

Pola Phrase

Head + Modifier

Susunan kata yang berpola S + V ada pada pembahasan Sentence, juga Clause. Jika tidak berpola S + V maka ia Phrase.

Selengkapnya tentang Phrase bisa dibaca disini.

Contoh Phrase dan arti

ContohArti
Beautiful girlWanita cantik
Handsome manLelaki ganteng
Good bookBuku bagus
New carMobil baru
Come lateDatang terlambat
Very SlowSangat lambat

Diatas merupakan beberapa contoh dari phrase secara general. Dapat kita lihat bersama bahwa susunan kata pada phrase tidak memiliki pola S + V.

Semua contoh yang ada diatas berpola Head + Modifier. Karena Phrase tidak memiliki pola s + v, Maka ia berkelas kata. Kelas kata dari phrase bermacam-macam tergantung dari jenis Head nya.

Untuk lebih detail bisa kunjungin pada pembahasan PHRASE.


CLAUSE

Pembahasa selanjutnya yang populer pada kalangan pembelajar bahasa inggris adalah Clause.

Clause berbeda dengan phrase. Jika Phrase tidak memiliki pola s + v dalam susunan katanya, maka clause justru wajib berpola s + v untuk sah di sebut clause.

Bukannya yang berpola s + v itu sentence?

Ya bener.

Bedanya Jika sentence bisa berdiri sendiri, Namun Clause tidak bisa berdiri sendiri karena status nya yang sebagai anak kalimat. Sedangkan sentence adalah induk kalimat.

Maksudnya,

Sentense berpola S + V saja. Jadi sudah sah menjadi kalimat utuh dan dapat dipahami.

Clause Berpola Conjunction + S + V sehingga walaupun ia memiki pola s + v, ada conjuntion yang membuatnya tidak menjadikannya kalimat utuh. Sehingga Clause membutuh kan induk kalimat untuk menyempurnakan pola nya menjadi kalimat sempurna.

Jenis – Jenis Clause

Adjective Clause
Noun Clause
Adverbial Clause

Clause pada dasar nya memiliki tiga pembahasan seperti yang tertera diatas. Ketiga nya tidak bisa berdiri sendiri karena sifatnya yang sebagai anak kalimat.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas bersama menyertakannya dengan kalimat.

Clause dalam Kalimat

The Girl that you love is my sister. (Cewek yang kamu suka adalah kakak saya)

Penjelasan = Pada kalimat diatas bahwa kalimat yang di bold adalah clause. Tepatnya Adjective Clause.

That : Conjuction
You : Subject
Love : Verb

Jika That you love diatas adalah anak kalimat, maka induk kalimat adalah yang merupakan sisa kata yang selain kata di atas. Yaitu:

The girl is my sister

Kalimat the girl is my sister diatas sudah sah menjadi kalimat walaupun tidak di tambah dengan kata lainnya.

Mengapa demikian?

Karena kalimat tersebut sudah memiliki maksud yang valid dan merupakan kalimat yang dapat dipahami secara sempurna walaupun tidak ada tambahan dari kalimat lainnya.

Berbeda kasusnya dengan kailmat that you love diatas, yang mempunyai arti (yang kamu cinta), tidak memiliki maksud yang valid.

Sehingga itu yang membuat induk kalimat bisa berdiri sendiri dan sah menjadi kalimat tanpa bantuan kata lainnya.

Sedangkan Anak kalimat tidak sah menjadi kalimat tanpa hadirnya induk kalimat. Tanpa hadirnya induk kalimat, Anak kalimat tidak akan memiliki maksud yang valid dan tidak bisa dipahami.

PART OF SPEECH – TOPIK GRAMMAR BAHASA INGGRIS PALING MUDAH

Part Of Speech merupakan salah satu judul grammar yang paling popuper dari semua judul yang ada. Mungkin dikarena kan ia merupakan judul dasar wajib.

Terlepas dari ia merupakan judul dasar, Part of speech juga sangat mudah untuk di pelajari.

Part of speech atau yang lebih dikenal sebagai kelas kata memiliki 7 bagian yang masing masing memiliki pembahasannya tersendiri.

Jenis Part Of Speech

Part Of SpeechArti
1. NounKata benda
2. PronounKata ganti
3. AdjectiveKata sifat
4. AdverbKata Keterangan
5. PrepositionKata depan
6. ConjunctionKata hubung
7. InterjectionKata seru

Tabel diatas merupakan ketujuh bagian dari part of speech. Seperti yang kita lihat bersama bahwa semua bagian tersebut termasuk golongan kelas kata.

Dan dari tiap kelas kata diatas memiliki posisi dan peran nya masing – masing dalam sebuah kalimat.

Contoh Kalimat Part of Speech

Seperti Noun yang berposisi di subject atau object dari sebuah kalimat.


The girl takes the book. (Cewek itu mengambil buku).

Penjelasan = Pada contoh kalimat di atas, dapat kita lihat bersama kalau Noun nya adalah Girl dan Book. Keduanya juga berposisi di subject dan object. Noun (kata benda) memiliki peran untuk mengambil posisi pada subjek atau objek atau keduanya (sesuai kebutuhan) dalam sebuah kalimat.


The phone rings at night. (Hp nya berdering dimalam hari)

Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, kita bisa lihat bersama bahwa part of speech nya ada pada kata phone yang berkelas kata Noun (kata benda). Pada kasus kalimat diatas, kita bisa melihat bahwa phone atau Noun (kata benda) berposisi pada subjek pada kalimat tersebut.


PASSIVE VOICE – Grammar dengan Pembahasan Mirip Tenses dalam Bahasa Inggris

Pembahasan terakhir kita adalah judul Passive Voice. Passive Voice juga merupakan salah satu judul populer dikalangan pembelajar grammar.

Dalam belajar grammar bahasa inggris, Pembahasa Passive Voice sudah pasti akan kita temui.

Selain memiliki pembahasan yang mirip dengan pembahasan Tenses, Juga akan sering di pakai dalam percapakan dan tulisan keseharian kita.

Passive Voice atau dalam dalam bahasa indonesianya lebih kita kenal sebagai kalimat pasif, memiliki pembahasan yang kembar dengan tenses.

Yaitu sama sama menggunakan pola tenses. Hanya dalam Passive voice ada tambahan “be” dalam setiap rumus tenses nya.

Dan yang menjadi ciri khas nya adalah :

  1. Bukan Ving yang hadir setelah adanya “be”, melainkan V3
  2. Kata yang berada di subjek kalimat aktif dipindah ke objek kalimat pasif dan objek kalimat aktif dipindah ke subjek kalimat pasif.

Jadi rumus baku Passive Voice adalah :

Be + V3

Kalimat aktif = I eat rice
Kalimat Pasif = Rice is eaten by me

Is = be
eaten = V3

Dapat kita lihat bersama pada kalimat diatas bahwa munculnya V3 setelah be. Jika pada tenses kalimat aktif, setelah be maka wajib Ving. Tapi pada bentuk pola kalimat pasif, setelah be harus muncul V3.

Contoh Kalimat Passive Voice

Contoh KalimatArti
The door is opened by mePintu dibuka oleh saya
Harry Potter was written by J.K. RowlingHarry Potter ditulis oleh J.K. Rowling
The wood is cut by my friendKayu itu dipotong oleh teman saya
I am the chosenAku yang terpilih
That place has been visited by many personsTempat itu telah dikunjungi oleh banyak orang

Dari beberapa contoh kalimat diatas, kita dapat melihat bersama bahwa kalimat passive voice selalu berpola be + V3. Begitu juga dalam terjemahannya dalam bahasa indonesia yang mana kata kerjanya berimbuhan “di”.

Passive Voice merupakan salah satu judul grammar yang seru untuk dipelajari dalam bahasa inggris. Sehingga banyak yang mempelajari pembahasan ini.


Itulah beberpa pembahan grammar bahasa inggris yang banyak di pelajari oleh banyak pembelajar grammar.

Untuk Lebih detailnya mengenai pembahasan di atas, bisa teman – teman langsung kunjungi pembahasan detailnya yang sudah di sediakan di website ini.

Jika kurang puas dengan membaca pembahasan detail pada link – link di atas, teman – teman bisa mengikuti kursus bahasa inggris E-learning yang kami sediakan.

Pembelajarannya dari sistem hingga guru merupakan yang terbaik. Semua itu untuk memaksimalkan semua jenis kegiatan belajar mengajar yang ada di InggrisPRO.

Tutor Kami adalah Tutor yang terbaik yang telah kami kualifikasi sehingga memiliki kualitas yang mumpuni serta profesional dalam mengajar.

Selamat Mencoba!

Baca Juga :
Noun Singular dan Plural
Possessive Noun
Collective Noun
Concrete Noun
Material Noun
Proper Noun
Grammar Dalam Bahasa Inggris, Apa perlu

InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *