InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

7 Best Tips Untuk IELTS LISTENING

2 min read

7 Best Tips Untuk IELTS LISTENING

IELTS Listening Part selalu memiliki contoh

Part 1 yang ada pada listening IELTS selalu memiliki contoh pertanyaan terlebih dahulu untuk memberi Anda banyak waktu untuk memulai. Jadi, selalu baca dulu pertanyaannya. Ingatlah bahwa Anda hanya mendengarkan sekali. Dengarkan informasi spesifik, seperti tanggal atau angka.

Dengarkan ide utamanya. Jika Anda menemukan ide utama, itu akan muncul dalam percakapan berulang kali dan pertanyaan akan didasarkan pada itu.

Dengarkan perubahan suara. Di mana perubahan suara terjadi, kemungkinan ada topik atau makna yang berbeda dan pasti akan mengajukan pertanyaan. Ini biasanya terjadi setelah kata-kata seperti ‘But’ dan ‘Because’.

Baca pertanyaan pertama dan berspekulasi untuk MicroListening – Listening IELTS

Dalam Tes listening IELTS, rekaman membagi pertanyaan menjadi beberapa kelompok, jadi setiap kali Anda diperintahkan untuk menjawab sekelompok 4-5 pertanyaan. Ada 20-30 detik hening sebelum setiap kelompok.

Ini memberi Anda cukup waktu, jadi bacalah pertanyaannya sebelum Anda mendengarkan dan berpikir tentang bagaimana situasinya. Prediksi informasi seperti apa yang harus Anda dengarkan.

Dengarkan sinonim saat Anda mendengarkan. Anda bisa menebak karena tidak ada tanda negatif.

Selalu baca instruksi dengan seksama sehingga Anda tahu berapa banyak kata yang harus Anda tulis. Kata atau frasa yang Anda butuhkan selalu muncul dalam mendengarkan persis dalam bentuk yang Anda butuhkan. Jangan menulis lebih banyak kata dari yang dibutuhkan. Jangan menulis kalimat lengkap. Periksa ejaan Anda.

Saat Anda harus melengkapi catatan atau tabel, prediksi kata atau frasa seperti apa yang akan Anda butuhkan [mis. angka, nama atau beberapa fakta dan angka]. Ingat bahwa, dengan angka, Anda mungkin juga perlu menulis penentu seperti [km, cm, tahun, dolar dll.

Memahami makna tersembunyi (hidden meaning)

Dalam mendengarkan, Anda harus menemukan memahami makna yang tersembunyi. Dalam contoh berikut, pada awalnya, wanita itu tampaknya tidak menjawab pertanyaan yang diajukan pria itu. Dia menanggapinya dengan pernyataan yang sepertinya hanya terkait longgar.

a. Man: is she going to be ready for her presentation?
b. woman: she has only got little of it finished and it’s taken her two hours for do this much. There are only three hours left before the presentation is due.

Setelah Anda melihat lebih dalam, maka Anda dapat menemukan arti sebenarnya dari apa yang dia katakan. Jika wanita itu membutuhkan waktu lima jam untuk melakukan paruh pertama presentasi, maka secara logis dia akan membutuhkan waktu lima jam lagi untuk melakukan paruh kedua.

Karena dia hanya punya waktu satu jam sampai presentasinya selesai, dia mungkin TIDAK akan bisa siap untuk presentasi. Jadi, sementara jawaban tidak segera terlihat pada pertanyaan pria itu, ketika Anda menerapkan beberapa logika pada jawabannya, Anda dapat menemukan makna tersembunyi di bawahnya.

Grammar in listening

Memprediksi jenis informasi yang hilang juga memprediksi apa kata atau frasa yang hilang (Bagian dari Bicara) sebenarnya. Tata bahasa dapat membantu di sini.

Dalam reading, pertanyaan hampir selalu mengikuti urutan di mana Anda mendengar informasi pada rekaman.

Tulis kata-kata yang hilang tepat seperti yang Anda dengar. Baca lagi kalimat / ringkasan untuk memastikan bahwa kata-kata yang Anda tambahkan masuk akal dan cocok dengan tata bahasa. Dalam tes, gunakan pena stabilo untuk menyorot kata-kata kunci.

Visualise in listening

Pikirkan tentang apa yang sudah Anda ketahui tentang subjek tersebut. Bahkan ide kasar akan membantu Anda. Perkirakan apa informasi yang mungkin hilang sebelum Anda mendengarkan. Anda selalu punya waktu untuk membaca pertanyaan sebelum mendengarkan.

Pastikan Anda menggunakan waktu ini dengan bijak: ulang frase pertanyaan di pikiran Anda sendiri dan garis bawahi kata-kata kunci yang memberi tahu Anda apa yang harus didengarkan dan mencoba mencari tahu apa yang digambarkan diagram.

Dengarkan secara global (Listen globally)

Anda harus mengikuti intisari dari apa yang dikatakan dan mendengarkan kata-kata dan frasa tertentu, seperti nama-nama bagian dari mesin atau tahapan kunci dalam proses. Diagram secara visual mewakili suatu objek atau ide. Bagan alur secara visual mewakili langkah-langkah dalam suatu proses.

Ingat bahwa daftar bernomor selalu dalam urutan yang sama ketika Anda mendengar informasi dalam rekaman. Ingat bahwa dengan tugas semacam ini Anda dapat menggunakan setiap huruf lebih dari satu kali.

Selalu baca instruksi dengan seksama pada listening IELTS (Sering diabaikan)

Baca pertanyaan dengan sangat hati-hati untuk melihat berapa banyak jawaban yang perlu Anda pilih. Pilih jumlah jawaban yang tepat. Pilih hanya jawaban yang disebutkan dan yang menjawab pertanyaan spesifik yang Anda tanyakan. Baca pertanyaan dengan sangat hati-hati. Ketika Anda mendengarkan, letakkan garis di sepanjang gagasan dalam daftar yang salah.

Kesimpulan

Setelah 20 menit tes listetning, ada 10 menit tambahan. Selama tes Anda telah menulis semua jawaban dalam buklet tes listening. 10 menit ini diberikan kepada Anda untuk menyalin jawaban Anda ke Lembar Jawaban, dan Anda harus menggunakannya dengan cerdas. Lembar Jawaban memiliki 2 sisi, satu untuk tes reading dan satu untuk tes listening, jadi pastikan Anda menulis di sisi listening.

Related Articles:
Tips IELTS

InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *