5 Cara Memperlancar Bahasa Inggris dengan Cepat

September 5, 2020

Comments

Bahasa inggris sekarang ini merupakan hal yang wajib untuk kita kuasai, terlebih lagi bagi yang hendak memiliki karir yang menjanjikan, maka cara memperlancar bahasa inggris merupakan hal yang harus anda coba.

Bahkan untuk lulus dari perguruan tinggi saja, semua calon sarjananya diwajibkan untuk mengambil test toefl yang merupakan salah satu english test yang di akui di Indonesia.

Hal tersebut merupakan gambaran umum bahwa apapun jurusan anda dan dimanapun anda hendak berkarir, memiliki penguasaan akan bahasa inggris merupakan hal yang wajib.

Tidak peduli jurusan ataupun dunia kerja anda tidak membutuhkan keahlian bahasa inggris nantinya, bahasa inggris selalu menjadi syarat administrasi awal untuk seseorang di anggap layak untuk bekerja di suatu perusahaan atau tidak.

Percakapan Untuk memperlancar Bahasa inggris

Salah satu yang wajib anda kuasai untuk dasarnya adalah percakapan bahasa inggris.

Ya.

Percakapan dengan lancar dengan bahasa inggris merupakan hal awal yang harus di kuasai. Karena inilah tujuan orang belajar bahasa inggris.

Ada pun mengenai apa yang harus dilakukan setelahnya, seperti memperdalam grammar, menguasai idiom, atau bahkan master ke tahap english test seperti toefl dan ielts merupakan tahap lanjutan.

Materi Speaking Bahasa Inggris

Oke, sekarang kita sudah mengetahui tujuan kita pada awal belajar bahasa inggris, yaitu percakapan bahasa inggris. Lantas bagaimana cara memperlancar speaking bahasa inggrisnya?

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mencari materi speaking bahasa inggris. Tidak usah risau jika masih belum memiliki materi bahasa inggrisnya. Karena hal tersebut bisa sangat mudah anda dapatkan di internet.

Intinya adalah kemauan, maka materi tersebut akan didapat dari google ataupun youtube.

Setelah dan saat anda sedang belajar, disitulah anda menemukan ritme belajar yang pas dengan diri anda, seperti beberapa orang yang mencari arti kata bahasa inggris, ada juga yang mulai menerjemahkan lagu, hingga ada juga yang mencari tau cara artis – artis menguasai bahasa inggris.

Jika anda melakukannya dengan rutin, maka anda akan mudah untuk meningkatkan speaking bahasa inggris anda.

Cara Melatih Berbicara Bahasa Inggris

Setelah anda mendapatkan materi yang pas untuk diri anda, maka selanjutnya adalah waktu untuk melatih berbicara bahasa inggris.

Untuk cara melatih berbicara bahasa inggris tidaklah sulit. Anda cukup temukan partner belajar anda yang memiliki misi yang sama dengan anda. Partner tersebut bsia anda temukan di organisasi atau di perkumpulan yang membahas topik mengenai bahasa inggris seperti Toastmaster dll.

Ada banyak sekali perkumpulan – perkumpulan dan organisasi yang membahas bahasa inggris sekarang ini. Namun tugas anda adalah menemukan satu atau dua yang cocok dengan anda dan yang anda sukai.

Jika anda telah menemuukannya, maka belajar bahasa inggris serta memperlancar bahasa inggris akan serasa sangat mudah. Karena ditempat tersebut anda akan sering praktek dan sharing pengetahuan bahasa inggris anda.

Cara Fluent Bahasa Inggris

Jika sudah menyelam, ya harus minum air dong.

Yuph, jika sudah lancar bahasa inggris harus sekalian sama fasihnya dong. Jadi bukan hanya lancar dalam dalam berbicara, namun harus disertai dengan pronunciation yang tepat dan accent yang tepat pula.

Ada banyak sekali cara untuk belajar pronunciation, begitu juga untuk menguasai accent. Memang, berbicara bahasa inggris yang tepat secara pronunciation membutuhkan waktu dan proses.

Anda bisa mencari pembelajaran lengkap bahasa inggris di inggrispro atau source lainnya di google.

Accent sendiri ada banyak jenisnya, namun hanya ada dua yang paling banyak dipakai didunia, yaitu:

  • American
  • British

Ya, kedua accent diatas merupakan accent yang paling banyak penggunanya di dunia. Untuk itu saya menyarankan untuk menguasai salah satu dari kedua accent yang populer diatas.

Lanjutan : Melatih Kemampuan Bahasa Inggris

Setelah anda berhasil memperlancar bahasa inggris serta bisa menggunakannya dengan pronunciation yang tepat, maka saatnya sekarang anda melatih kemampuan bahasa inggris lanjutan.

Apa saja itu?

Anda bisa memulainya dengan memperdalam grammar.

Mengapa grammar?

Karena dengan grammar anda bisa mengerti tata bahasa secara teori, jangan khawatir jika anda sudah lancar speaking, maka anda akan lebih mudah belajar dan memperdalam grammar.

Kemudian kuasailah phrase, idiom serta beberapa istilah slank lainnya. Jika sudah maka pelajarilah rule – rule yang ada di english test seperti toefl dan ielts.

Mengapa english test yang menjadi tahap terakhir?

Karena english test merupakan tolak ukur kualitas dan penguasaan bahasa inggris bagi yang bahasa inggris bukan bahasa pertamanya. Melalui test english ini lah anda akan melihat segala progess dari pembelajaran bahasa inggris anda.

Summary

Demikianlah 5 Cara Memperlancar Bahasa Inggris dengan Cepat yang bisa anda gunakan untuk memudahkan anda untuk menguasai bahasa inggris dengan mudah.

Selamat mencoba!

By inggrispro

Inggrispro merupakan wadah segala aspek materi pembelajaran bahasa inggris. Selamat belajar!

Related Articles

Pengantar Dasar English Communication Skills

Pengantar Dasar English Communication Skills

Pengantar Dasar English Communication Skills Pada pembahasan kali ini saya akan mebahas tentang pengantar english communication skills yang sangat penting untuk bisa sukses dalam dunia karir kita di masa depan. Karena Hakikatnya adalah berbicara berbeda dengan...

read more

News & Updates

Join Our Newsletter

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Our Recent Update!

Kami selalu update rutin artikel pembelajaran bahasa inggris untuk kemudahan proses belajar anda.