Apa Itu Noun – 11 Jenis, Penjelasan Lengkap Beserta Contoh

Noun merupakan kata benda yang berfungsi untuk memberi nama. Penamaan yang dimaskud adalah orang, hewan, benda, tempat dll. Masuk untuk penjelasan detail.

Noun adalah kata yang dipergunakan untuk memberi nama. Noun secara bahasa berartikan Kata Benda. kelas kata (Part of speech) ini mengacu pada kata yang digunakan untuk menamakan perorangan, benda, hewan, tempat, benda ada kejadian.

Apa itu noun? Noun sendiri merupakan bagian dari Part of Speech yang 8. Kata benda sendiri merupakan pembahasan awal dari Part of Speech. Pada artikel ini, kita akan membahas terkait dengan penjelasan noun dalam bahasa inggris berikut juga contoh noun dalam bahasa inggris

Penjelasan Noun dan Jenis-jenis (Kata Benda)

Penjelasan Noun dan Jenis-jenis (Kata Benda)
Penjelasan Noun dan Jenis-jenis (Kata Benda)

Countable Noun

Countable Noun adalah kata benda yang juga banyak dan sering ditemukan dalam kalimat baik secara lisan ataupun tulisan. Jadi, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas lengkap tentang Countable noun secara jelas beserta contohnya.

Contoh

Countable Noun Arti
Book Buku
Table Meja
Pen Pulpen
Pencil Pensil
Bottle Botol

beberapa contoh kata diatas merupaka kata benda yang dapat dihitung secara angka. Kata benda ini meiliki ciri penambahan “s” pada akhir setiap kata ketika jamak.

Countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung. Jenis kata benda ini juga sering dan banyak kelaur pada tes-tes Bahasa inggris seperti TOEFL dan juga IELTS.

Untuk mempermudah tes – tes tersebut, ayo kita belajar Bersama tentang apa dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat.

APA ITU COUNTABLE NOUN?

Countable Noun jika diartikan secara harfiah maka merupakan kata atas dua suku kata, yaitu Countable (dapat dihitung) dan Noun (kata benda). Jadi, dapat dikatakan bahwasanya Countable Noun adalah kata benda yang dapat dihitung.

Countable noun adalah kata benda yang dapat diartikan dengan mudah dengan angka. Jadi, singkatnya countable noun digunakan sebagai jawaban dari pertanyaan “how many?” atau “berapa banyak (dalam jumlah)?”

Jenis noun ini merupakan Noun yang rekat kaitannya dengan angka karena ia dapat dihitung. sehingga ia memiliki bentuk :

SINGULAR ==> Book, Bike, House

PLURAL ==> two Books, two Bikes, two Houses

Dalam bentuk Plural nya, jenis kata benda ini selalu diawali dengan quantifier “many” atau “several”, juga angka-angka dalam Bahasa inggris seperti ten, three dst.

Ciri-ciri Countable Noun?

Berikut ini adalah ciri dari Countable Noun :

  1. Bisa berubah menjadi jamak atau plural (bentuk jamak)
  2. Bisa dirangkaikan kepada article “the”, mau itu kepada bentuk jamaknya maupun dalam bentuk tunggal.
  3. Bisa disatukan dengan kata some atau any, (dalam bentuk jamak).
  4. Bisa digabungkan dengan article “a” atau “an”
  5. Bisa digabungkan dengan kata many, a lot of, a great many, atau several.
  6. Bisa digabungkan dengan kata all of, none of, both, atau a few. (dalam bentuk jamak.
  7. Diharuskannya memakai bentuk jamak (plural) pada kata kerja jamak dalam sebuah kalimat. Yaitu dengan membubuhkan tambahan s/es pada kata bendanya.
  8. Diharuskannya memakai katabenda bentuk tunggal untuk kata kerja tunggal dalam sebuah kalimat. Yaitu dengan tidak menambahkan apa-apa pada kata bendanya dan menambahkan e/es pada kata kerjanya.

Contoh kalimat :

  1. Max has ten apples in his bag. ( Max memiliki 10 apel di dalam tasnya.)
  2. Caroline buys a pen ( Caroline membeli sebuah buku).
  3. There are five eggs on the table  (Ada lima telur diatas meja).
  4. I played two games last night. ( Saya memainkan dua game tadi malam).
  5. Risa has some fruits. (Risa memiliki beberapa buah).
  6. All pens in my bag are red. ( Semua pulpen didalam tas saya berwarna merah).

Contoh Penerapan Dalam Kalimat

Contoh beserta penjelasan dibawah ini merupakan contoh kalimat dari Countable noun. Karena yang sedang dibahas adalah kata benda yang dapat dihitung, maka ia selalu kuat kaitannya dengan singular dan plural.

Untuk memudahkan dalam pemahaman, kami memberikan kata yang di BOLD pada Noun countable nya. Tanda bold nya ditandai baik pada bahasa Indonesia dan juga Bahasa inggrisnya.

  1. There’s a car in front of my house. (ada sebuah mobil baru di depan rumah saya).

Penjelasan : Pada contoh kalimat diatas, car” (mobil), merupakan kata benda yang dapat dengan mudah kaitkan dengan angka. Simpel nya kata benda yang bisa dihitung wujud nya; satu mobil, dua mobil, tiga mobil dll. Kata benda di atas merupakan kata benda singular, sehingga ada article “a” yang bersanding dengan kata benda yang di bold di atas penanda bahwa kata bendanya tunggal.

2. I bring five pens everyday. (saya membawa lima pulpen setiap hari).

Penjelasan : Pada contoh kalimat diatas terdapat angka “Five”. Yang mana merupakan penanda bahwa kata benda berikutnya adalah sebuah kata benda yang dapat dihitung. Pada kalimat diatas, kata bbenda yang melekat dengan angka adalah “pulpen”. Karena pulpen bisa dihitung dan kaitkan dengan angka secara wujud.

3. Many students come to that football competition. (Banyak siswa yang datang pada pertandingan sepak bola itu).

Penjelasan : Pada contoh kalimat diatas, kata benda yang dapat dihitung nya adalah Student (siswa). Kata benda diatas merupakan kata benda plural, sehingga ada tambahan “s” diakhir kata sebagai penand. Kata “many” sendiri adalah quantifier yang menandakan bahwa kata benda tersebut lebih dari satu, namun masih belum jelas jumlah pastinya. Selain “many”, kata “several” juga bisa dipakai sebagai penanda jamak.

Semoga dengan beberapa contoh kalimat diatas jelas dan bisa dengan mudah difahami.

Kata benda jenis ini juga sering keluar pada tes TOEFL atau IELTS yang kadang juga menjadi dilemma bagi pembelajar Bahasa inggris. Oleh sebab itu, menguasai topik ini adalah sangat penting untuk kemudahan dalam menghadapi tes TOEFL ataupun IELTS.

Uncountable Noun

Apa itu Uncountable Noun? penjelasan noun pada Uncountable noun terdiri dari dua suku kata; Uncountable (tidak dapat dihitung) dan Noun (kata benda). Jadi secara perkata Uncountable Noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung.

Uncountable noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung secara angka. Karena sifatnya yang berbentuk ide, atau kualitas tak terlihat atau juga benda yang terlalu kecil dari sebuah objek. Sehingga yang menjdikannya tidak dapat dihitung layaknya kata benda countable.

Contoh

Uncountable Noun Arti
Water Air
Oil Minyak
Salt Garam
Rice Nasi
Tea Teh
Sugar Gula

Bebapa contoh kalimat diatas merupakan kalimat yang tidak dapat dihitung secara jumlah. Sifat nya yang cair atau padat atau terlalu kecil, membuatnya dikategorikan sebagai kata benda yang tidak dapat dihitung.

Terlepas dari itu semua ada juga beberapa kata benda yang bisa menjadi Countable dan Uncountable. Seperti contoh di bawah ini :

Countable Uncountable
Dollar Money
Song Music
Suitcase Luggage
Table Furniture
Battery Electricity
Bottle Wine
Report Information
Tip Advice
Journey Travel
Job Work
View Scenery

Dari beberapa contoh kata benda tidak dapat dihitung diatas, dapat kita lihat bahwa semua kata di atas tidak akan bisa jika disandingkan dengan angka secara langsung.

Tidak ada yang akan memahami jika kita mengucapkan “dua minyak” atau “3 nasi”. Karena sifat alami dari kata ini adalah tidak bisa dihitung, maka jenis kata ini tidak bisa disandingkan dengan angka secara langsung.

Untuk bisa memahami lebih dalam, contoh kalimat dibawah semoga membantu. Kami akan mem BOLD kata benda yang tidak bisa dihitung baik dalam Bahasa inggrisnya ataupun dalam Bahasa indonesianya.

  1. I have much money. (saya memiliki banyak uang)

Penjelasan : Contoh kalimat diatas adalah conoth sederhana dari kata benda yang tidak dapat dihitung. Kata benda yang tidak dapat dihitung nya adalah money (uang).

Pada kalimat diatas, ada quantifier “much” (banyak) sebagai penanda jamaknya suatu benda. Namun, Jika pada countable noun ada penambahan “s” pada akhiran kata bendanya sebagai penanda jamak, Tidak berlaku rule tersebut pada uncountable noun.

Jadi bentuk kata benda yang tidak dapat dihitung adalah tetap baik berapapun banyak jumlah yang membatasinya.

Lantas apa bisa disandingkan dengan angka jika tidak secara langsung?

JAWABANNYA ==> BISA.

Maksud dari bisa disandingkan secara tidak langsung adalah adanya “quantifier” seperti angka atau lainnya yang membatasi kata benda itu sendiri.

Jadi, bukan berarti kata benda nya yang bisa dihitung, namun ada nya quantifier yang membatasi makna kata benda sehingga terkesan uncountable yang bisa disandingkan dengan angka.

e.g.

I want buy cups of coffee.

Penjelasan : Pada contoh kalimat diatas, terdapat penerang penanda jamak. Namun, walaupun begitu, tidak mempengaruhi sedikitpun ke kata benda uncountablenya.

Jadi, dengan adanya “quantifier”, adalah sebagai pembatas makna noun dan bukan hal yang bisa menjadikannya jamak.

Apa saja ciri ciri uncountable noun?

  1. Tidak adanya bentuk jamak (plural), selamanya berbentuk tunggal (singular).
  2. Bisa disandingkan dengan kata much, a lot of, a great deal of atau plenty of, sebagai penanda jamak.
  3. Ciri khas yang selalu memakai kata kerja tunggal; yaitu dengan adanya tambahan s/es untuk verb Ordinary dan to be is atau was untuk verb-to be.
  4. Tidak bisa disandingkan dengan article a atau an
  5. Bisa disandingkan dengan article the (dalam arti tunggal).
  6. Bisa disandingkan dengan kata some dan any, (menunjukkan arti sedikit).
  7. Bisa disandingkan pada kata all of, none of, atau a little (of)
  8. Uncountable Noun Bisa dijadikan menjadi Countable Noun dengan syarat adanya penambahan quantifier (kata yang menunjukkan kuantitas atau ukurannya).

Contoh kalimat :

  1. I need much money. (saya membutuhkan banyak uang).
  2. I take the sugar. (saya mengambil gula)
  3. Could you give me a glass of water? (Bisakah kami memberikan ku segelas air)
  4. There is only a little water left in the bottle. (hanya ada sedikit sisa air didalam botol).
  5. He has some food. (dia memiliki beberapa makanan)
  6. This sugar is too sweet for me. (Gula ini terlalu manis untukku)
  7. There is no fresh water in this area. (Tidak ada air bersih di area ini)

Dari beberapa contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa kata kerja yang tidak dapat dihitung tidak memiliki dan tidak bisa berbentuk jamak selayaknya kata benda countable.

Setelah membaca penjelasan ulasan lengkap diatas dari definisi hingga contoh beserta penjelasan, kami harap semua sudah faham. Terima kasih.

Proper noun

Sebelumnya kita telah membahas tentang Uncountable Noun yang juga merupakan bagian dari Part Of Speech. Pada topik kali ini, masih berbicara tentang Noun; Yaitu, Proper Noun.

Proper noun merupakan pengelompokan yang berupa Noun (Kata Benda)  untuk Person (orang), Place (tempat), dan Noun lainnya yang bersifat spesifik (khusus). 

Yang menjadi khas dari Noun (Kata Benda) adalah bahwa kata benda ini selalu berhuruf kapital di setiap awal kata. Proper noun digunakan untuk menamakan nanounma orang, tokoh, kota, nama institusi, nama jalan, nama daerah, bangsa, organisasi, agama, hari, bulan, tempat dan lain sebagainya.

Contoh

Kategori Contoh Kalimat
Orang / People Indra is taking trip to Jakarta.
Kota / City Jakarta is a capital of Indonesia.
Negara Indonesia adheres to democratic law
Makanan Rice is a main food of Indonesian.
Tempat Semeru is a biggest mountain in Indonesia.
Sekolah ITS is one of technology college in Indonesia.

Diatas merupakan salah satu dari beberapa contoh untuk Jenis kata benda ini.

PENJELASAN PROPER NOUN

Jika Common Noun adalah kata benda yang tidak jelas menunjuk kepada spesifiknya kata benda tersebut, maka Proper Noun kebalikan dari Common Noun.

Jenis kata benda ini menjelaskan kepada sesuatu yang sifatnya lebih detail. Seperti kepada siapa nama orang tersebut, nama oraginasi nya, nama bangunannya, nama tempat ibadahnya dll. Karenanya jenis kata benda ini selalu diawali dengan hurup kapital.

Beberapa Contoh

Contoh Arti
Raisa Raisa
Luffy Luffy
The University of Manchester Universitas Manchester
The Fashion Avenue The Fashion Avenue
KitKat KitKat
Oreo Oreo
Edward Road Jl. Edward
Jl. Gajah Mada Jl. Gajah Mada
Puppy Puppy
Minnie Bear Minnie Bear

Dari bebetapa kata benda diatas, dapat kita lihat bersama bahwa Kata benda jenis Proper noun memiliki arti yang sama dengan bahasa inggrisnya.

Hal tersebut dikarenakan kita tidak bisa mengganti atau menerjemahkan sesuatu yang sudah menjadi nama seseorang atau benda. Jadi harus tetap memakai nama aslinya, walaupun kata tersebut memiliki arti bahasa Indonesianya.

Beberpa contoh kata benda diatas akan terlhat kurang dirasa jika tidak disertakan dengan contoh berupa kalimat. Karena memahami dengan kalimat akan mudah faham jika hanya sekedar perkata.

Contoh kalimat

Nama Seseorang

Max is a smart student (Max adalah murid yang cerdas)
Penjelasan = Kata benda spesifik pada kalimat diatas adalah Max. Max adalah murid yang cerdas. Kata yang dicetak tebal juga wajib di awali dengan hurup kapital walaupun munculnya di tengah kalimat.

Nama Instansi/Perusahaan

Oxford is the best university in the world. (Oxford adalah universitas terbaik di dunia.)
Penjelasan : Kata yang bercetak tebal diatas adalah kata benda spesifik. Oxford merupakan nama dari sebuah kampus ternama didunia. Oleh karenanya kata benda tersebut termasuk dari kata benda spesifik dari bagian nama instansi dan dalam penulisannya wajib menggunakan hurup kapital.

Nama Sebuah Negara, Bangsa, dan Kota

I live in Semarang (Saya tinggal di Semarang)
Penjelasan = Kata benda spesifik pada kalimat diatas adalah Semarang. Karena Semarang merupakan nama dari sebuah tempat yang berlokasikan di Jawa tengah. Oleh karena nya, Penulisannya pun wajib menggunakan hurup kapital walaupun tidak awal kalimat.

Profesi dan Merk

I am an English Teacher (saya adalah guru bahasa inggris)
Penjelasan = Pada kalimat diatas, kata benda spesifik nya adalah Teacher. Teacher merupakan sebuah profesi maka dalam penulisannya pun memakai hurup kapital. Selain Teacher, kata benda seperti Dentist, Lawyer dll. juga menggunakan hurup kapital dalam penulisannya.

Binatang, Bulan, Hari

December is the last month of the year. (Desember adalah bulan terakhir dalam satu tahun).
Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, kata benda spesifiknya adalah Desember. Desember merupakan kata benda spesifik yang menerangkan nama bulan. Sehingga dalam penulisannya menggunakan format hurup kapital pada awal katanya.

Nama bangunan, penghargaan, religi, wilayah geografis

Monas is an iconic building in Indonesia (Monas adalah banguna ikonik di Indoneisa).
Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, kata benda spesifik nya ada di kata Monas. Monas merupakan kata benda spesifik yang merujuk kepada salah satu bangunan khas Indonesia di Jakarta. Sama seperti sebelumnya, format penulisannya juga menggunakan hurup kapital.

Collective noun

Collective noun Merupakan jenis Noun (kata benda) yang biasa digunakan dalam menyatakan nama kumpulan atau kelompok. (terdiri dari lebih dari satu anggota). Noun (Kata benda) Jenis ini dapat berupa benda, abstrak. orang dan hewan.

Sebelumnya kita telah mempelajari akan apa itu noun. Yang mana berfungsi sebagai kata benda yang merujuk kepada orang, binatang, tempat, dan benda itu sendiri.

Collective noun biasanya digunakan untuk mengelompokkan kata yang anggota kelompoknya berjumlah dua atau juga lebih. Jenis kata benda ini juga sangat sering dipergunakan dalam keseharian.

Contoh

Collective Noun Arti
Government The government system in Indonesia is very good.
Team Manchester United is my favorite team.
Class there are the competition among class next week.
Public I talk in front of the public.

Note : Collective Noun dalam TOEFL :

  • USA          : Singular
  • British       : Plural

Contoh lain

Collective Noun Arti
Team Tim
Club Klub
Family Keluarga
Committee Panitia
Bunch Ikat ( barang yang kecil )
Troupe Rombongan
Pile / Heap Tumpukan (barang)
Mob Massa
Group Grup
Crew Awak
Class Kelas

Dari beberapa contoh diatas dapat kita lihat bersama bahwa semua kata benda diatas meruapakan benda jenis kelompok. Baik kelompok dari hanya dua orang atau bisa lebih dari itu.

Kita ambil contoh satu contoh kata dari kata diatas. Family merupakan kata yang mendeskripsikan kumpulan manusia yang dari satu keturuan kakek – nenek atau bisa juga dari sebatas orang tua mereka atau sejenisnya.

Untuk lebih memahami lebih dalam tentang apa itu collective noun, alangkah baiknya jika kita membahas nya dalam contoh kalimat.

Untuk jenis kata benda collective noun akan ada tanda BOLD untuk memudahkan teman-teman dalam memahami jenis kata benda ini dengan maksimal.

Contoh Kalimat

The committee agrees that english language should be in our habit. (Panitia setuju bahwa bahasa inggris seharusnya menjadi habit kita).

Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, kata benda kolektif nya ada di kata committee (Panitia). Kata Committee merupakan kata pengelompokan untuk yang sedang bertugas dalam suatu tujuan yang sama dan terdiri dari satu pimpinan dan beberapa anggota yang memiliki tujuan yang sama.

I want to go to my class (saya ingin pergi ke kelas saya)

Penjelasan = Kalimat diatas merupakan contoh kalimat yang mengandung kata benda kolektif. Kata benda kolektifnya adalah class (kelas). Class merupakan kata benda yang mendeskripsikan banyak nya sekolompok murid dengan jumlah dua atau lebih di sebuah tempat yagn dinamakan kelas.

Common Noun

Jika sebelumnya kita membahas tentang Proper Noun, sekarang kita akan membahas yang masih bagian dari noun; yaitu, Common Noun. Common Noun merupakan sub pembahasan dari pembahasan inti yaitu Part of Speech.

Common Noun merupakan kata benda umum yang biasa kita temui dalam keseharian kita dan dia berwujud dan bisa di rasakan oleh kelima indera kita. Format penulisannya tidak menggunakan hurup kapital.

Common Noun adalah sebuah penggolongan kata benda untuk orang (person), tempat (place), benda umum lainnya. Jenis Noun ini tidak sah untuk di gunakan menggunakan hurup kapital pada awal katanya. Jenis kata benda ini sah jika di pakaikan dengan hurup kapital jika di posisikan di awal kalimat.

Contoh

Common Noun Arti
Book Buku
Bottle Botol
Computer Komputer
Pen Pulpen
Shirt Kemeja
Window Jendela
Marker Spidol

Jika kita lihat bersama pada beberapa contoh kata benda umum di atas, semuanya merupakan kata benda yang memang benar-benar umum. Juga bisa dirasakan oleh kelima panca indera manusia.

Contoh Kalimat

Contoh Kata Contoh Kalimat
Man I see a man in the large room.
Country I want to go out of this country.
Book I read a book.
Teacher The teacher teach the student.

Pada contoh kata di atas, dapat kita lihat bersama bahwa kata benda jenis ini merupakan kata benda umum dan tidak memiliki ciri khas apapun layaknya proper noun.

Di bawah ini merupakan perbedaan mendasar antara Common Noun dan Proper Noun.

Common Noun Proper Noun
Man, Boy Smith
Woman, Girl Katy
Country, Town England, London
Company Ford, Sony
Shop, Restaurant McDonalds
Month, Day of week January, Sunday
Book, Film Harry Potter, Titanic

Untuk bisa lebih memahami lebih dalam lagi, Penjelasan contoh kata benda umum dalam kalimat akan membantu.

Berikut ini merupakan beberapa contoh kalimat bahasa inggris tentang kata benda umum.

A student is reading a book Seorang murid membaca buku)

Penjelasan = Kalimat diatas adalah kalimat bahasa inggris yang didalamnya mengandung kata benda umum. Kata benda umum nya adalah Book (buku). Buku merupakan kata benda umum yang mana dia bukan merupakan kata benda spesifik seperti nama orang atau nama bangunan yang di bahas di proper noun.

I give much money to my parent (saya memberi banyak uang ke orang tua saya)

Penjelasan = Contoh kalimat diatas juga merupakan kalimat yang mengandung kata benda umum. Kata benda umum pada kalimat diatas adalah money (uang). Money bukan merupakan kata benda yang spesifik layaknya nama geografis, nama orang dll. Ia hanya kata benda umum yang wujud nya ada disekitar kita.

I live in a big city (saya tinggal di kota besar)

Penjelasan = Kalimat diatas merupakan contoh dari kalimat yang mengandung kata benda umum. Kata benda umum nya adalah city (kota). City merupakan kata benda biasa dan umum dan bukan merupakan kata benda spesifik layaknya penamaan terhadap sesuatu atau suatu tempat.

MATERIAL NOUN

Material Noun Nama benda yang merupakan bahan dasar untuk memuat sesuatu, atau Noun yang berasal dari alam. Juga bisa menunjukkan untuk benda yang berupa buatan manusia.

Kata benda jenis ini secara jenis termasuk dalam jenis kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun). Walaupun tidak bisa dihitung dengan cara angka dan jumlah, ia tetap bisa dihitung dengan cara takaran atau berat dll.

Material noun termasuk kata benda yang tidak dapat dihitung karena kita tidak dapat menghitung kata benda yang berbentuk cair, semi cair, gas, atau padatan.

Beberapa Contoh

Material Noun Arti
Paper Kertas
Salt Garam
Sugar Gula
Iron Besi
Roof Genteng
Stone Batu
Sand Pasir
Paint Cat
Gold Emas

Kita bisa melihat bersama semua dari beberapa contoh kata benda material di atas berasal dan dari golongan yang terbuat dari alam.

Kata benda diatas tidak memiliki bentuk penjumlahan angka, Namun memiliki jenis hitungan berat atau takaran.

Untuk memudahkan dalam pemahaman, kami sediakan juga beberapa contoh berupa kalimat untuk pembahasan material noun.

Contoh Kalimat Material Noun

Kata Benda material yang berasal dari Tanaman

I see no sugar on the table (Saya tidak melihat gula di atas meja).

Penjelasan = Pada kalimat di atas, Jenis Kata benda material nya terdapat pada akta sugar (gula). Sugar merupakan kata benda yang dihasilkan dari alam yaitu dari tumbuhan tebu dan jagung. Sehingga Sugar termasuk dari bagian dari material Noun.

Kata Benda Material dari Alam

I want to drink mineral water (Saya mau minum air meniral).

Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, kata yang merupakan kata benda material dari alam adalah water (air). Water adalah kata benda yang berasal dari alam. Dalam penghitungannya pun tidak bisa dijumlahkan dengan angka, akan tetapi dengan liter.

Kata Benda Material dari Hewan

I love drinking milk. (Saya suka minum susu)

Penjelasan = Contoh kalimat diatas adalah contoh kalimat yang mengandung kata benda material didalamnya. Kata benda material nya adalah milk (susu). Milk merupakan kata benda yang berasal dari hewan yang di ambil susu dari dalam tubuh nya.

Kata Benda Materi Buatan Manusia

I like to eat bread with cheese (Saya suka makan roti denngan keju)

Penejalasan = Pada dasarnya hanya ada tiga bagian dari kata benda material; yaitu alam, tanaman dan hewan. Namun manusia juga bisa membuat sesuatu yang baru lagi yang jua merupakan dari kategori kata benda material. Yaitu produk baru yang mentahannya dari ketiga hal tersebut.

POSSESSIVE NOUN

Possessive noun adalah Kata benda yang berfungsi sebagai salah satu cara untuk menunjukkan suatu possession (kepemilikan) pada kata benda dalam sebuah kalimat. Bisa dibilang bahwa Ini merupakan cara termudah untuk mengungkapkan suatu possession dalam kalimat.

Jika kita bandingkan dengan dua cara alternative lainnya yaitu possessive adjective dan possessive pronoun. Maka pembuatan kalimat Possessive noun akan lebih lebih familiar dari dua jenis kalimat kepemilikan yang dua tadi.

Ciri – Ciri

Jenis kata benda ini merupakan bentuk kepemilikan untuk suatu benda, dimana noun (kata benda) menjadi tuan atau pemilik suatu benda tersebut.

Biasa yang menjadi pemiliki dari suatu kata benda tersebut adalah nama orang. Namun tidak menutup kemungkinan kalau Noun jenis common noun juga bisa menepati posisi pemiliki dari suatu kata benda tersebut.

Dalam penggunaannya dan prakteknya dalam kalimat adalah adanya APOSTROPHE pada jenis kata benda ini.

APOSTROPHE dalam Possessive Noun

APOSTROPHE adalah tanda baca berupa tanda peti satu yang menandakan kepemilikan seseorang atau sesuatu terhadap sesuatu.

Bagaimana caranya?

Cara nya adalah dengan menambahkan tanda baca berupa tanda petik satu tepat setelah di Noun yang berperan sebagai pemilik dari suatu benda.

Kemudian, Letakkan hurup ‘s’ setelah tanda baca tersebut tanpa spasi. Maka jadilah kata benda kepemilikan dengan sempurna.

Contoh

Possessive Noun Arti
John’s book Buku John
Raisa’s song Lagu Raisa
School’s fee Biaya sekolah
Book’s cover Cover buku
Books’ cover Cover buku – buku
Max’s book / Max’ book Buku Max
Salt and pepper’s flavors Rasa garam dan merica
Man and wife’s vows Sumpah pria dan istri
My sister-in-law’s party Pesta saudara ipar saya
The children’s toy Mainan anak-anak
Everyone’s phone Telepon semua orang
Each other’s room Kamar masing-masing

Pada beberapa contoh Possessive Noun diatas, dapat kita lihat bersama bahwa harus ada nya tanda baca berupa APOSTROPHE dan diikuti dengan hurup S tepat setelah tanda baca APOSTROPHE tersebut.

Contoh Kalimat Possessive Noun

Untuk lebih memahami nya secara sempurna, ada baiknya juga untuk dipelajari dalam kalimat juga. Berikut ini adalah contoh kalimat terkait possessive noun.

My girl friend’s sister is very beautiful. (Kakak pacarku sangat cantik)

Penjelasan = Pada kalimat yang tertera diatas, dapat kita lihat bersama bahwa phrase My girl friend’s sister merupakan contoh dari possessive noun. Contoh tersebut memiliki arti ‘kakak pacarku’.

My student’s score is very satisfying. (Skor muridku sangat memuaskan)

Penjelasan = Contoh kalimat diatas, menunjukkan bahwa contoh dari kata benda kepemilikan nya terdapat pada kata My student’s score (skor muridku). Seperti yang telah dijelaskan bahwa harus ada tanda baca APOSTROPHE tepat setelah kata benda yang berperan sebagai pemilik. Dalam kasus contoh kalimat diatas, Pemiliki dari kata benda (score) nya adalah Student.

Abstract Noun

Abstract Noun merupakan salah satu bagian untuk belajar Noun (kata benda) yang dapat digolongkan menjadi beberapa jenis yang salah satunya akan di bahas pada kesempatan kali ini yaitu abstract noun.

Noun merupakan kata benda yang berfungsi untuk menjelaskan atau menerangkan benda itu sendiri, manusia, hewan dan hal lainnya.

Kata benda merupakan hal yang terpenting dalam komponen kalimat Bahasa inggris karena ia hamper selalu ada dalam setiap kalimat yang tertulis ataupun yang terucap.

Kita bisa melihat “cantik” nya seorang wanita, Namun tidak akan bisa melihat sebuah kecantikan. Karena ia bersifat abstract.

Contoh

Abstract Noun Arti
Happiness Kebahagiaan
Darkness Kegelapan
Idea Ide
Sadness Kesedihan

Dari beberapa contoh kata benda abstrak diatas, dapat dilihat bahwa semua nya merupakan kata benda yang tidak bisa di rasakan oleh indera manusia.

Nah, untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas dengan lugas akan apa itu Abstract Noun dan penjelasannya.

Apa itu noun pada Penjelasan ABSTRACT NOUN?

Abstract Noun adalah Kata benda yang tidak berwujud. Jenis kata benda ini merupakan kata benda yang menyatakan :

  • idea (ide)
  • Feeling (perasaan)
  • concept (konsep)
  • state (keadaan)
  • quality (sifat, karakter)

Abstract noun merupakan kata benda yang dapat di fahami, dirasakan dan diketahui keberadaannya. Namun, tidak bisa disentuh keberadaannya

e.g.

Happiness, Bravery, movement, truth, sorrow, dll.

Noun jenis ini rata – rata memiliki imbuhan me – an dalam bahasa indonesia nya.

Pengertian Kata Benda Abstract Noun

Abstract Noun merupakan kata benda dalam bahasa inggris yang keberadaannya secara fisik tidak dapat kita rasakan dengan panca indera sehingga kita tidak bisa melihat, menyentuh, ataupun menciumnya.

Kata benda abstrak ini bisa juga disebut sebagai kata benda yang berbentuk konsep, ide atau gagasan yang hanya ada dalam benak dan pikiran.

Jadi, Jenis kata benda ini tidak ada wujud nya dalam dunia nyata. Namun, walaupun seperti itu, Jenis kata benda ini tetap dalam kategori kata benda.

Abstract noun juga bisa disebut a noun for concept atau hanya sebuah konsep, ide, gagasan yang hanya ada di pikiran kita saja, dengan kata lain kita hanya bisa membayangkan benda tersebut tanpa pernah bisa melihat, menyetuh ataupun menciumnya.

Beberapa Contoh Kata benda Abstrak

Contoh Arti
Beauty Kecantikan
Justice Keadilan
Freedom Kebebasan
Happiness Kebahagiaan
Fact Fakta
Dark Kegelapan
Idea Ide
Bravery Keberanian

Dari beberapa contoh kata benda yang ada dalam table diatas, semuanya adalah kata benda yang tidak ada wujud fisiknya. Semuanya hanya ada dalam benak dan pikiran kita.

Abstract Noun dalam kalimat:

we can buy cars but we can’t buy a happiness.
I am telling you the truth.
I like that man’s bravery.
I hated ignorance when I was a kid.
Those Kids’ intelligence are a good prospect for our future.
I learn how to do a magic. I want to be magician.
Genius person will always have huge curiosity

Kita pun merasakan keberadaan kata benda tersebut melalui batin dan perasaan kita. Oleh sebab itu, Jenis kata benda ini dinama kan kata benda abstrak yang tidak ada wujudnya namun ada dibenak kita.

Pembentukkan Kata Benda Abstrak

Abstract noun bisa dibuat dengan cara menambahkan imbuhan (derivational suffix) pada adjective, verb, atau common noun.

Contoh Kalimat

Untuk memudahkan pemahaman, Kami akan mem BOLD pada kata benda abstrak dalam contoh kalimat dibawah ini. Baik pada Bahasa indonesianya dan juga pada bahasa inggrisnya.

e.g.

I can not see anything in dark
Saya tidak bisa melihat apapun pada kegelapaan
==> Kata benda abstrak yang ada diatas terdapat pada kata dark (kegelapan). Dark merupakan kata benda yang tidak bisa dirasakan secara fisik juga tidak berwujud, namun ia ada.

e.g.

We can not buy a happiness with money
Kita tidak dapat membeli sebuah kebahagiaan dengan uang
==> Pada kalimat di atas, kata benda asbtraknya ada pada kata happiness (kebahagiaan). Kita tidak bisa melihat wujud kebahagiaan, tapi bisa merasakannya.

Concrete Noun

Sekarang, Kita akan membahas Bersama – sama tentang Concrete Noun beserta Contohnya. Dalam Bahasa inggris Noun terbagi kebeberapa jenis bagian. Salah satunya adalah Concrete Noun.

Sebelum Membahas lebih jauh Mari kita ingat kembali dengan apa itu NOUN. Noun adalah kata benda yang menerangkan tempat, ide, hewan dan juga benda. Jadi, semua benda-benda, tempat-tempat dan apapun yang berada disekitar kita adalah Noun (Kata Benda).

Contoh

Concrete Noun Arti
Table Meja
Computer Komputer
Bag Tas
Paper Kertas
House Rumah
Book Buku

Dari semua jenis kata benda diatas dapat kita lihat bersama, bahwa semua kata benda diatas merupakan kata benda yang dapat dijangkau oleh indera kita.

Nah, Concrete Noun sendiri merupakan Jenis Noun yang sifatnya sudah pasti berwujud nyata/ril. Hal tersebut dikarenakan Concrete Noun syaratnya adalah bias dikenali dan dirasakan oleh kelima panca indera kita.

Lima panca indera tersebut mampu melihat, merasakan dan mengetahui Concrete Noun melalui pendengaran, penglihatan, rasa, sentuhan dan penciuman.

Penerapan dalam Kalimat

Untuk memudahkan pemahaman untuk topik ini, mari kita membahasnya Bersama dengan contoh berupa secara perkata dan kalimat.

Berikut ini adalah beberapa contoh secara perkata:

Countable Noun Arti
Book Buku
Chair Kursi
Good Book Buku bagus
Door Pintu
Lamp Lampu
I go to school Saya pergi ke sekolah

Dari beberapa contoh perkata diatas, dapat kita lihat Bersama bahwa semua nya adalah kata benda yang dapat kita lihat dan rasakan dengan kelima indera kita.

Jadi simple nya, semua benda yang ada disekitar kita yang bias kita lihat dan rasakan adalah bagian dari kata benda konkret. Untuk lebih menguasai terkait materi ini, silahkan untuk praktek membuat contoh kalimat dari kata – kata tersebut sebagai sarana untuk belajar noun dalam bahasa inggris.

Berikut ini Contoh dalam kalimat serta penjelasannya.

Untuk memudahkan dalam pemahaman, saya akan mem BOLD kata yang merupakan bagian dari kata benda konret. Baik dalam Bahasa inggris maupaun dalam Bahasa indonesianya.

e.g.

I have three books.
She has a new towel.
Those girls bring some apple.
I bought ten brand new cars.
My phone is ringing.
where is my towel?
Anybody knows where the book is.
I drink ten cups of tea every week.
I always lock the door before sleeping

e.g.

I go to school
Saya pergi ke sekolah
==> Pada kalimat diatas, kata benda Konkret terdapat pada kata School (sekolah). Kita semua dapat melihat dan merasakan bentuk dari sekolah dengan panca indera kita masing-masing.

e.g.

Raisa is a beautiful girl
Raisa adalah wanita yang cantik
==> Pada contoh kalimat diatas, kata benda konkret nya terdapat pada kata girl (sekolah). Kita semua bias melihat dan menyentuh seorang wanita dengan panca indera kita.

Compound noun

Compound noun adalah kata benda yang terdiri dari dua kata yang digabungkan menjadi satu kesatuan.

Contoh

PolaCompound Noun
kata Benda + kata Bendatoothpaste
kata benda + verb (Kata Kerja)roadshow, waterfall
Kata Benda + prepositional phrasefather-in-law
adjective (Kata Sifat) + Kata Bendawhiteboard

Mengenal lebih dalam Noun Singular Plural Dalam Bahasa Inggris (Singular Noun, dan Plural Noun)

Noun singular plural dalam Bahasa inggris ada yang dapat dihitung (Countable) dan ada juga yang tidak dapat dihitung (Uncountable).

Untuk Noun Countable terbagi menjadi dua;

Singular

Plular

Noun adalah kata benda yang menjelaskan seseorang, tempat, benda (baik abstrak atau konkrit, atau bahkan gagasan. Dalam pembahasan Bahasa Indonesia, noun disebut juga sebagai dengan nomina. Noun pada umum nya merupakan subjek atau objek dari clause.

Cara paling mudah untuk mengenali kata-kata yang termasuk dalam golongan noun adalah tidak bisanya digabungkan dengan kata “tidak” (not). Mari kita simak contohnya berikut ini:

  • Person : Sister, Lawyer, Student, father-in-law.
  • Place : Park, country, Cottage, Course, class.
  • Things: pen, Hat, Table, pencil, Room.
  • Idea : Talent.

Dapat kita lihat bersama dari contoh noun di atas bahwasanya kita tidak dapat menggabung kata “Pengacara” (lawyer) dengan kata “tidak”. Karena pada kata “tidak pengacara” tentu memiliki makna yang rancu. Begitu pula dengan “kelas” (class), tidak bisa menjadi “tidak kelas”.

Penjelasan Noun Singular Plural

Noun dapat berupa singular noun (nomina tunggal) atau plural noun (nomina jamak/majemuk). Untuk mengubah singular noun menjadi plural noun, seringkali kita hanya harus menambahkan huruf -s/-es di akhir kata tersebut. Namun ada pula plural noun yang berbeda dari bentuk singular-nya.

Coba perhatikan cara untuk membentuk plural noun di bawah ini:

Noun yang berakhiran -s, -ss, -zz, -ch, -sh, -x.
Ditambahkan -es mess -> messes
Class -> Classes
Dish -> Dishes
coach -> Coaches
  Noun yang berakhiran -o, didahului dengan huruf vocal.
Ditambahkan -s Cameo -> Cameos
Stereo -> Stereos
Bamboo -> Bamboos
Studio -> Studios
  Noun yang berakhiran -o, didahului dengan konsonan.
Biasanya ditambahkan -es. Tomato -> Tomatoes
Buffalo -> Buffaloes
Negro -> Negroes
Kadang ditambahkan -s. Soprano -> Sopranos
Piano -> Pianos
Solo -> Solos

Auto -> Autos
Photo -> Photo
s
  Noun yang berakhiran -y, didahului dengan huruf vocal.
Ditambahkan -s. Donkey ->Donkeys
Destroy -> Destroys
way -> Ways
Key -> Keys
  Noun yang berakhiran -y, didahului dengan konsonan
Biasanya mengubah -y menjadi -i, dan ditambahkan -es Army -> Armies
City -> Cities
Penny -> Pennies
Country -> Countries
Story -> Stories
  Noun yang berakhiran -f atau -fe
Biasanya mengubah -f/-fe menjadi -ves Knife -> Knives
Leaf -> Leaves
Thief
-> Thieves
Life -> Lives
Half -> Halves
Wife -> Wives
Kadang ditambahkan -s Belief -> Beliefs
Roof ->Roofs
Hoof -> Hoofs
Dwarf -> Dwarfs

Tambahan Penjelasan Noun

Namun, Ada juga beberapa noun (kata benda) yang meskipun bentuk tunggalnya berakhiran –O, bentuk jamaknya dapat ditambahkan baik berupa akhiran -s/-es, seperti ini:

  • Domino -> Dominos/Dominoes
  • Avocado -> Avocados/Avocadoes
  • Mango -> Mangos/Mangoes
  • Zero -> Zeros/Zeroes
  • Mosquito -> Mosquitos/Mosquitoes

Beberapa noun memiliki bentuk jamak yang tidak biasa dan disebut dengan irregular plural form, sehingga tidak mengikut aturan penulisan di atas, antara lain:

  • Child -> Children
  • Foot -> Feet
  • Tooth -> Teeth
  • Mouse -> Mice
  • Man -> Men
  • Woman -> Women

Ada juga yang bentuk plural noun yang memiliki bentuk yang sama dengan singular-nya, atau dengan tidak ada perubahan sama sekali. Berikut contohnya:

  • One sheep -> Three sheep
  • One species -> Five species
  • One Deer -> Ten Deer
  • One fish -> Six fish
  • One deer -> Seven deer

Ada juga Bentuk yang di adopsi dari bahasa lain atau noun yang dipinjam dari bahasa asing, sehingga dalam bentuk plural-nya di ambil dari bahasa aslinya, seperti:

  • Datum -> Data
  • Phenomenon -> Phenomena
  • Criterion -> Criteria
  • Oasis -> Oase
  • Alumnus -> Alumni
  • Cactus -> Cacti
  • Syllabus -> Syllabi
  • Bacterium -> Bacteria

Soal Latihan Noun

Untuk lebih memahami tentang materi diatas, Mari kita bahas Bersama soal latihan yang ada di bawah ini:

  • I always tell a funny (storys / stories) to my son
  • I want to buy some (dish / dishes) for my guest
  • Risa has three (brother / brothers) and one (sister / sisters)
  • All (participant / participants) want to drink coffee
  • I want to defeat all (enemys / enemies)

Nah, jika kita masih kurang yakin dengan bagaimana cara menyebut/mengeja noun dalam bentuk jamak, kita bisa dengan mencari bentuk tunggalnya terlebih dahulu di kamus. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan penambahan/pengubahan akhiran kata yang tepat ke dalam bentuk majemuknya.

Noun That Can Be Countable And Uncountable

Definisi : kata benda yang yang bisa menjadi Countable (dapat diitung) dan Uncountable (tidak dapat dihitung).

Berikut adalah beberapa contoh dari kata dengan maksud yang sama tapi berbeda jenis.

COUNTABLE UNCOUNTABLE
Dollar Money
Song Music
Suitcase Luggage
Table Furniture
Battery Electricity
Bottle Wine
Report Information
Tip Advice
Journey Travel
Job Work
View Scenery 

Fungsi NOUN dalam Sebuah kalimat

FungsiKalimat
Subject Of VerbMax stands on the floor
(Max berdiri diatas lantai)

Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, dapat dilihat bahwa kata benda yang berfungsi sebagai subjek adalah Max. Max Merupakan Noun (kata benda) bagian Proper Noun.

Kata benda jenis ini sendiri memiliki ciri khas selalu menggunakan hurup kapital pada awal setiap kata.

Fungsikalimat
Direct / Indirect Object He buys an expensive car == > direct object
(Dia membeli sebuah mobil mahal).
I give her my love ==>  indirect object
(Aku memberinya cintaku)

Penjelasan = Contoh kalimat pada tabel diatas, menerangkan bahwa Noun (Katab Benda) yang berfungsi sebagai objek adalah Car. Car sendiri merupakan Noun (kata benda) bagian Kata benda umum. Juga bagian dari direct object.

Sedangkan pada kata Love, yang merupakan golongan indirect object tidak secara langsung menjadi object untuk si subjek. Sehingga di beri nama indirect object.

FungsiKalimat
Subject / Object of ComplimentI am a teacher ==> subject complement
(Saya seorang guru)
I bring him a bag ==> object complement
(Saya membawakannya sebuah tas)

Penjelasan = Dikedua contoh kalimat diatas, Bahwa kata teacher berfungsi sebagai subject complement yang mana menjelaskan si subjek. Jadi dinamanyakan sebagai Subject complement.

Sedangkan pada kata bag, untuk menjelaskan objek yang pertama. Karena objek pertama belum bergitu memberikan kejelasan maksud dari si pembicara. Sehingga di berinama Object Complement.

Fungsi Kalimat
Object of PrepositionShe was standing in the class
(Dia sedang berdiri di kelas)

Penjelasan

Dari contoh kalimat diatas, dapat kita lihat bersama bawah kata benda nya adalah Class. Kata bendanya datang setelah preposition, sehingga di beri nama Object of Preposition.

Karena fungsi nya yang lumayan banyak seperti penjelasan diatas, itulah yang menyebabkan kata benda paling sering muncul dalam setiap kalimat.

Baik itu kalimat secara lisan ataupun tulisan. Selain itu, Pembahasan kata benda juga merupakan pembahasan awal pada pembahasan Part of Speech.

Walaupun ada juga beberapa buku yang tidak memulainya dengan pembahasan kata benda, namun, kata benda lah yang paling banyak di bahas pada awal pembahasan Part of Speech.

ADDITIONAL TERMS

Kata Benda yang berasal dari ADJECTIVE ( kata sifat )

Dengan menambah akhiran “ness

KATA SIFAT ARTINYA KATA BENDA ARTINYA
Good Baik Goodness Kebaikan
Happy Bahagia Happiness Kebahagiaan
Polite Sopan Politeness Kesopanan
Sad Sedih Sadness Kesedihan

Kata benda abstrak yang berasal dari kata sifat lainnya

KATA SIFAT ARTINYA KATA BENDA ARTINYA
Beautiful Cantik Beauty Kecantikan
Brave Berani Bravery Keberanian
Deep Dalam Depth Dalamnya
Fluent Lancar Fluency Kelancaran
Hot Panas Heat Panasnya
Important Penting Importance Pentingnya
Long Panjang Length Panjangnya
Poor Miskin Proverty Kemiskinan
Proud Bangga Pride Kesombongan
Rich Kaya Riches Kekayaan
Wise Bijaksana Wisdom Kebijaksanaan
Young Muda Youth Muda mudi

Kata Benda yang berasal dari Kata benda Abstrak

COMMON NOUN ARTINYA ABSTRACT NOUN ARRTINYA
Agent Agen Agency Keagenan
Champion Juara Championship Kejuaraan
Child Anak Childhood Masa kecil
Man Orang laki – laki Manhood Masa dewasa
Hero Pahlawan Heroism Kepahlawanan
Friend Sahabat Friendship Persahabatan

Semoga Bermanfaat!

Share it!
Mr. Khalid
Mr. Khalid

InggrisPRO merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris serta menyediakan resource untuk mendukung pembelajaran bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of CloudFlare's Turnstile service is required which is subject to the CloudFlare Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.