Possessive Noun – Definisi, Ciri dan Penjelasan

October 9, 2019

Comments

APA ITU POSSESSIVE NOUN (Kata Benda Kempemilikan)?

Possessive noun adalah Kata benda yang berfungsi sebagai salah satu cara untuk menunjukkan suatu possession (kepemilikan) pada kata benda dalam sebuah kalimat. Bisa dibilang bahwa Ini merupakan cara termudah untuk mengungkapkan suatu possession dalam kalimat.

Jika kita bandingkan dengan dua cara alternative lainnya yaitu possessive adjective dan possessive pronoun. Maka pembuatan kalimat Possessive noun akan lebih lebih familiar dari dua jenis kalimat kepemilikan yang dua tadi.

Ciri – Ciri

Jenis kata benda ini merupakan bentuk kepemilikan untuk suatu benda, dimana noun (kata benda) menjadi tuan atau pemilik suatu benda tersebut.

Biasa yang menjadi pemiliki dari suatu kata benda tersebut adalah nama orang. Namun tidak menutup kemungkinan kalau Noun jenis common noun juga bisa menepati posisi pemiliki dari suatu kata benda tersebut.

Dalam penggunaannya dan prakteknya dalam kalimat adalah adanya APOSTROPHE pada jenis kata benda ini.

Aturan pemakaian APOSTROPHE dalam Possessive Noun

APOSTROPHE adalah tanda baca berupa tanda peti satu yang menandakan kepemilikan seseorang atau sesuatu terhadap sesuatu.

Bagaimana caranya?

Cara nya adalah dengan menambahkan tanda baca berupa tanda petik satu tepat setelah di Noun yang berperan sebagai pemilik dari suatu benda.

Kemudian, Letakkan hurup ‘s’ setelah tanda baca tersebut tanpa spasi. Maka jadilah kata benda kepemilikan dengan sempurna.

Beberapa Contoh

ContohArti
John’s bookBuku John
Raisa’s songLagu Raisa
School’s feeBiaya sekolah
Book’s coverCover buku
Books’ coverCover buku – buku
Max’s book / Max’ bookBuku Max
Salt and pepper’s flavorsRasa garam dan merica
Man and wife’s vows Sumpah pria dan istri
My sister-in-law’s partyPesta saudara ipar saya
The children’s toyMainan anak-anak
Everyone’s phone Telepon semua orang
Each other’s room Kamar masing-masing

Pada beberapa contoh Possessive Noun diatas, dapat kita lihat bersama bahwa harus ada nya tanda baca berupa APOSTROPHE dan diikuti dengan hurup S tepat setelah tanda baca APOSTROPHE tersebut.

Contoh Kalimat Possessive Noun

Untuk lebih memahami nya secara sempurna, ada baiknya juga untuk dipelajari dalam kalimat juga. Berikut ini adalah contoh kalimat terkait possessive noun.


My girl friend’s sister is very beautiful. (Kakak pacarku sangat cantik)

Penjelasan = Pada kalimat yang tertera diatas, dapat kita lihat bersama bahwa phrase My girl friend’s sister merupakan contoh dari possessive noun. Contoh tersebut memiliki arti ‘kakak pacarku’.


My student’s score is very satisfying. (Skor muridku sangat memuaskan)

Penjelasan = Contoh kalimat diatas, menunjukkan bahwa contoh dari kata benda kepemilikan nya terdapat pada kata My student’s score (skor muridku). Seperti yang telah dijelaskan bahwa harus ada tanda baca APOSTROPHE tepat setelah kata benda yang berperan sebagai pemilik. Dalam kasus contoh kalimat diatas, Pemiliki dari kata benda (score) nya adalah Student.


Baca Juga :
Material Noun
Singular dan Plural Noun
Proper Noun
Countable Noun
Uncountable Noun
Collective Noun
Common Noun

By inggrispro

Inggrispro merupakan wadah segala aspek materi pembelajaran bahasa inggris. Selamat belajar!

Related Articles

Simple Future – Penjelasan Lengkap dan Contoh

Simple Future – Penjelasan Lengkap dan Contoh

Berbicara tentang tenses, Simple future merupakan salah satu dari semua anggota tenses yang 16 jumlahnya. Sebelumnya kita sesudah membahas mengenai Simple Present dan Simple Past. Simple future ini juga merupakan salah satu tenses yang paling sering juga muncul dalam...

read more
Simple Past – Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Simple Past – Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu Simple Past, baik dari pengertian serta penjelasan lengkapnya. Simple Past mengekspresikan suatu tindakan di masa lalu yang terjadi sekali, tidak pernah, beberapa kali. Ini juga dapat digunakan untuk...

read more

News & Updates

Join Our Newsletter

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Our Recent Update!

Kami selalu update rutin artikel pembelajaran bahasa inggris untuk kemudahan proses belajar anda.