7 Cara praktek bahasa inggris - Praktek Untuk Cepat Berbahasa Inggris

7 Cara praktek bahasa inggris – Praktek Untuk Cepat Berbahasa Inggris

Pembelajaran bahasa inggris dari tahun ke tahun memiliki perbaikan secara konsisten. berbagai cara cepat berbahasa inggris dan praktek bahasa inggris digagaskan. Dari cara memperlancar bahasa inggris secara traditional hingga cara modern hingga saat ini yang tidak membosankan yang akan di bahas pada artikel  7 cara cepat berbahasa inggris

Kami percaya praktik adalah cara utama untuk fasih atau kelancaran. Sebagian besar pembelajar bahasa inggris menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk belajar bahasa inggris (tata bahasa, kosa kata, cara pengucapannya, dll.).

Namun tidak dapat menggunakannya dengan baik dalam situasi kehidupan nyata. Ini seperti ketika kita pertama kali belajar naik sepeda motor dan ingin segera lancar di jalan raya tanpa latihan dan bimbingan terlebih dahulu.

Mempraktekkan cara cepat berbahasa inggris secara berulang-ulang adalah hal yang harus dan mutlak untuk fasih dalam bahasa inggris. Namun untuk kosa kata yang seakan secara reflek keluar sendiri saat bicara, diperlukannya latihan.

Praktek berarti pengulangan. baik itu melalui lagu yang berbahasa inggris atau melalui audio bahasa inggris yang di dengarkan berulang-ulang setiap hari.

Masalah pun timbul,,

Masalahnya, pengulangan secara tradisional dalam pembelajaran bahasa itu membosankan!.
Masalah lain: sangatlah tidak mudah untuk praktek apalagi dalam keadaan sendiri dirumah.

Terlebih lagi, kita tidak mengetahui apa saja yang sebenarnya yang seharusnya kita lakukan yang bisa membawa kemajuan.

Berbagai cara untuk fasih dalam bahasa pun ditekuni. dari pindah dari kursus satu yang satu ke kursus yang lain. Bahkan ada yang sampai mengikuti kelas online. Namun tetap saja harapan mereka untuk bisa fasih alami berbicara bahasa inggris kian memupus.

Untuk memudahkan pembelajar bahasa inggris agar fasih secara maksimal. Inilah terdapat beberapa cara cepat berbahasa inggris yang dapat dilakukan:

Cepat berbahasa Inggris dengan Mendengarkan lagu berbahasa inggris

belajar bahasa inggris dengan lagu
belajar bahasa inggris dengan lagu

Cara cepat berbahasa inggris yang pertama adalah mendengarkan lagu berbahasa inggris. Tidak sedikit di antara kita yang masih mengingat lantunan lagu yang sering didengar pada saat kita kecil dulu. Itu bukan hanya kebetulan melainkan itulah cara kerja otak.

Otak akan sangat mudah mengingat kembali sesuatu yang berpola. Misal, sebuah lantunan pada lagu dll. Oleh sebab itu, kefasihan dalam bahasa inggris akan sangat mudah didapatkan dengan cara mendengarkan ke sebuah lagu dan mengulang nya berkali-kali.

Setelah itu Anda harus menyanyikan nya dengan menggunakan pronunciation yang sesuai lagunya agar fasih alami berbicara bahasa inggris.

Mengenai belajar bahasa inggris dengan lagu anda bisa mempelajarinya lebih detail pada artikel kami tentang cara belajar bahasa inggris dengan lagu.

Lagu bahasa inggris adalah merupakan hal yang paling bagus dalam rangka meningkatkan bahasa inggris anda. Anda hanya memerlukan gadget anda untuk melatih bahasa inggris dengan english song.

Untuk pemilihan lagu yang bisa dipilih untuk latihan adalah tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika anda mau mempraktekkan lagu bahasa inggris yang akan mempengaruhi kemampuan bahasa inggris anda:

  1. Lagu harus di ucapkan dengan pronunciation yang jelas.
  2. Peyanyi bernyanyi dengan suara yang jelas. ini sangat penting karena jika anda hanya asal praktek saja, maka itu tidak akan membuahkan hasil dalam bahasa inggris anda.
  3. Pilih lagu yang memiliki speed yang sesuai dengan kemampuan anda. jangan sesekali memilih karena enaknya saja. Ingat tujuan anda adalah untuk belajar bahasa inggris.

Hal-hal lain yang dibutuhkan untuk mempelajarinya adalah tergantung masing-masing. Ada yang membutuhkan teks printed, ada juga yang cukup lewat gadget yang dimilikinya.

Ya, itu tergantung pilihan masing-masing.

Tentu anda tidak bisa sembarangan memilih lagu. karena lagu harus sesuai dengan kriteria di atas. Seperti, harus memiliki pengucapan yang jelas ataupun speed yang sesuai dengan kemampuan anda.

Inilah lagu bahasa inggris yang cocok untuk latihan speaking anda

Bryan Adams – Heaven
Lagu ini memiliki pengucapan yang fasih speed yang standar dan vocabulary yang familiar.

Richard Marx – Right Here Waiting
Lagu ini hampir sama dengan kriteria dia atas dan sangat cocok untuk jadi pilihan beljar lagu bahasa inggris.

Owl City – Good Time
Lagu ini memiliki accent dan pronunciaition yang sangat jelas dan bahkan satu-satu penyanyi yang memiliki ciri khas bernyanyi seperti itu.

Anda bisa saja memilih lagu yang lebih cepat dari dari yang sudah ada di atas. dengan catatan, lagu yang memiliki speed yang cepat tersebut harus menyesuaikan kemampuan anda.

Saran saya adalah anda mempraktekkan satu lagu yang sama untuk beberapa kali latihan. Karena latihan yang fokus itu lebih baik dari hanya sekedar praktek.

CARA CEPAT BERBAHASA INGGRIS dengan Dengarkan dan respon

dengarkan dan respon
belajar bahasa inggris dengan mendengarkan dan merespon

Pilihlah suatu percakapan atau video seperti VOA yang sangat banyak tersebar di Youtube. Setelah anda mendengarnya dengan saksama dan berulang-ulang, kemudian anda ikuti pengucapannya secara secara bersamaan dengan percakapan atau video yang anda dengar tadi.

Tidak berhenti disitu, setelah anda dengar dan mengikutinya, tugas selanjutnya adalah dengan merespon percakapan atau video yang anda dengar barusan. Anda utarakan apa yang anda pikirkan secara pribadi anda tentang topik yang sedang anda pelajari itu.

karena bahasa adalah sebuah pola kita sendiri yang harus menemukan celah di setiap pola tersebut.

Jadi ketika anda sering mendengarkan hingga merespon apa yang anda dengar, itu lah cara terbaik untuk mengenalkan lidah rahang dan vita suara kita kepada bahasa baru yang sedang kita pelajari.  Mari kita lanjutkan.

Dengarkan dan respon merupakan cara ajaib yang dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa inggris. Mendengarkan sesuatu dan merespon dari hal yang kita dengar akan memancing kemampuan kita dalam berbahasa inggris.

Jadi, sebelum penjelasan lebih jauh lagi. kami mau bertanya

Bahasa inggris terlalu susah?

Pelajaran di kelas pusing?

Bahkan bukunya pun terlalu banyak?

Jika jawabannya kebanyakan iya,

Atau bahkan semuanya iya,

Sekarang tidak harus seperti itu lagi. Karena dengan menerapkan metode dengarkan dan respon akan secara insting kita memancing otak kita untuk merespon hal yang kita dengar sebelumnya.

Ada yang bertanya.

Bagaimana kalau saya mendengarkan dan mengulangi apa yang saya dengar?

Jawabannya itu bagus dalam latihan pronunciation sehingga cepat berbahasa inggris dengan fasih dan berintonasi,

namun kurang kondusif dalam pengkembangan speaking.

Target utama kita saat memperdalam metode ini adalah untuk memaksimalkan perkembangan kemampuan bahasa inggris kita. Cara ini akan terdengar dan kelihatan sulit pada awalnya.

Itu adalah hal wajar, itu adalah proses pembelajaran. Jangan putus asa dan ingatlah selalu hasil akhir bahwa anda akan menguasai bahasa inggris.

Zaman semakin berkembang, dan kita pun selalu melakukan sesuai kemajuan zaman. Jadi lupakan cara klasik belajar bahasa inggris yang terlalu monoton dan berpanutan dengan buku teks.

Jadi, ada cara yang lebih efektif dan terbukti berhasil. Yaitu dengan metode ini.

Bagaimana untuk melakukan dengarkan dan respon?

Pertama

Carilah audio berbahasa inggris yang isinya merupakan percakapan penutur asli. Lebih bagus lagi jika anda memiliki audio bahasa inggris sesuai kecepatan nya dalam berbicara.

Mulai dari audio yang dia berbicara dengan lambat, sedang dan audio yang berbicara dengan cepat.

Kedua

Kemudian jika anda tidak memahami artinya anda bisa mendengarnya dengan seksama.

Jika anda tetap tidak memahami dengan apa yang barusan anda dengar. Coba anda lihat ke teks dari audio tersebut.

Ketiga

Kemudian jika anda telah memahaminya, cobalah untuk memberi respon dari artikel tersebut. Jika artikel tersebut membubuhi pertanyaan, maka jawablah.

seperti halnya artikel yang dibubuhi keprihatinan maka responlah. Jika artikel itu membawakan tentang opini, maka berilah juga opini anda.

Lakukan terus hal ini berulang-ulang. Semuanya akan sempurna dengan pengulangan seperti yang pernah kami bahas di artikel yang lain.

Metode dengarkan dan respon adalah metode yang sudah terbukti secara efektif dalam perkembangan bahasa setiap pembelajar.

Menonton film berbahasa inggris –
CARA CEPAT BERBAHASA INGGRIS

Belajar bahasa inggris dengan menonton
Belajar bahasa inggris dengan menonton

Cara cepat berbahasa inggris yang selanjutnya adalah menonton film berbahasa inggris. Ini adalah cara fasih dalam bahasa inggris melalui menonton film berbahasa inggris.

Saya sering bahkan hampir ke setiap murid murid saya untuk selalu menonton film bahasa inggris. Dengan tujuan agar mereka mendapat taste dialek serta intonasi yang pas seperti penutur aslinya.

Cara ini agak berbeda dengan cara di atas karena cara di atas untuk memperbagus listening kita dan ide kita dalam berbicara, sedangkan cara ini adalah cara untuk kita pembelajar mendapatkan dialek dan intonasi secara alami.

Belajar bahasa inggris dengan menonton sudah bukan menjadi rahasia bahwa seringnya menonton akan meningkatan kemampuan bahasa inggris kita. Belajar bahasa inggris berarti belajar bagaimana orang inggris atau amerika berkomunikasi.

Cara yang paling gampang dan ramah untuk mendengar bule dalam berbicara bahasa inggris adalah menonton. Sudah banyak yang menuai hasil dari menonton ini, baik dari anak kecil atau pun pembelajar dewasa.

Pada pandangan pertama, belajar bahasa inggris akan kelihatan lebih sulit dari semua skill yang ada. Namun jika kita merujuk kepada orang yang sudah expert dalam bahasa inggris. Maka kita akan mendapati testimoni bahwa bahasa inggris itu mudah.

Pada pembahasan sebelumnya, ada pembahasan konten dan konteks.

Konten adalah pembelajaran bahasa inggris melalui tulisan, buku dll.

Konteks adalah pembelajaran bahasa inggris secara aktual.

Mempelajari bahasa inggris yang paling efektif adalah dengan mempelajari inggris secara konteks bukanlah konten.

Pada artikel lain akan saya bahas tentang apa itu pembelajaran secara konten dan pembelajaran secara konteks.

Kenapa kita harus belajar bahasa inggris dengan menonton (watching)?

Karena kita akan mempelajari bahasa inggris secara real.

Learn real english. Jadi bukan belajar dengan buku teks.

Belajar bahasa berarti belajar budaya tentang bagaimana mereka berbahasa inggris. Dan semua itu tidak akan dan sangat susah di dapat pada pembelajaran secara buku teks.

Kita mempelajari bahasa inggris secara konteks

Pembelajaran bahasa inggris dengan menonton adalah pembelajaran secara konteks yang mana dengan secara jelas bagaimana bahasa inggris itu di ucapkan (pronunciation),

tatanan bahasa (grammar), kosa kata (vocabulary). Setiap murid bahasa inggris akan merasa jenuh pembelajaran secara teks, hafalan yang berbasis konten. Tapi itu tidak akan terjadi jika kita sodorkan ke setiap pembelajar bahasa inggris secara konteks.

ada banyak jenis pembelajaran secara konteks tapi menonton film berbahasa inggris adalah cara paling ampuh dan terfavorit bagi pemebelajar bahasa inggris.

Karena akan merevolusi kemampuan pronunciation kita secara drastis

Kelancaran dan kefasihan dalam berbicara bahasa inggris adalah sebuah angan kebanyakan pembelajar. Namun ini tidak lagi menjadi sebuah angan belaka.

Yuph. Hanya dengan menonton. Skill berbahasa asing adalah skill yang paling mudah mempelajari nya. Karena anda hanya cukup duduk manis di dalam kamar dan mulai menonton film berbahasa inggris.

Ngomong dan dengarkan

cara cepat berbahasa inggris ngomong dan dengarkan
belajar bahasa inggris dengan ngomong dan dengarkan

Cara cepat berbahasa inggris selanjutnya adalah dengan merekam diri kita sendiri dan mendengarkannya. Cara ini untuk memastikan dialek serta intonasi yang kita gunakan.

Apakah sudah pas atau belum. Jika belum ulangi lagi beberapa kali dan sesering mungkin lakukan perekaman dan dengarkan.

Ini adalah cara termudah dan tercepat dari cara diatas karena anda bebas melakukan rekaman dimanapun atau kapanpun bahkan untuk seberapa lama anda merekam diri anda.

Setelah itu buat label rekaman kita dari awal hingga akhir untuk mengetahui hasil rekaman kita.

anda akan menemukan hasil kualitas bahasa inggrsi yang berbeda antara rekaman yang satu dengan yang lainnya. Namun anda secara pasti akan menemukan progres yang menakjubkan dari metode nomong dan dengarkan ini.

Ngomong dan dengarkan merupakan metode pembelajaran bahasa inggris penting bagi setiap pembelajar bahasa inggris. Karena setiap pembelalajar akan mengetahui setiap peningkatan bahasa inggrisnya secara nyata.

Telah lama belajar bahasa inggris namun tidak tau hasilnya.

Tidak ada yang mau mendengarkan anda berbicara bahasa inggris?

Ya sudah pasti tidak akan ada yang mau. karena itu akan membuang-buang waktu mereka saja.

Terus bagaimana cara nya agar anda bisa mengetahui kualitas bahasa inggris anda sendiri?. Bahkan tanpa butuh bantuan orang lain untuk mendengarkan bahasa inggris anda?

Jika anda belum pernah sebelumnya mendengarkan suara anda sendiri berbicara berbahasa inggris, Maka setelah ini maka wajib bagi anda untuk ngomong dan dengarkan suara bahasa inggris anda.

Mengapa demikian?. Karena setelah nya anda akan mengetahui kualitas dari suara anda yang orang lain dengar ketika anda berbicara bahasa inggris.

Selain itu anda akan mengetahui peningkatan dari kualitas bahasa inggris anda. anda tidak akan mengetahui perkembangan bahasa inggris anda.

Jika diibaratkan seperti tumbuhnya kita menjadi dewasa. Kita tidak akan pernah merasakan proses pertumbuhan kita menjadi dewasa,

karena bagi kita, kita adalah kita.

Begitu juga dengan bahasa inggris, kita tidak akan pernah mengetahui perkembangan bahasa inggris selama masa pembelajaran kita.

Satu-satunya cara agar anda dapat mengetahui proses peningkatan anda dalam berbahasa inggris adalah dengan ngomong dan dengarkan. Yaitu dengan cara merekam diri anda berbicara bahasa inggris.

Selain untuk mengetahui proses peningkatan, cara ngomong dan dengarkan juga efektif dalam meningkatan skill kita dalam berbahasa inggris.

Bagaimana untuk melakukan Ngomong dan dengarkan?

Inilah cara nya untuk melakukan metode ngomong dan dengarkan untuk membuat bahasa inggris kita menjadi lancar.

Pertama

Siapkan terlebih dahulu topik apa yang akan anda bicarakan.

Juga siapkan alat recorder.

bisa juga lewat hand phone kepunyaan kita sendiri.

Kedua

Jika anda sudah menyiapkan semuanya, maka mulai lah ngomong dan merekam diri anda.

Pada saat perekaman berlangsung, usahakan anda memakai dialek inggris dan memakai pronunciation yang benar.

Pada awal nya akan terlihat sulit. Namun itulah prosesnya. Semua akan terlihat sulit pada awalnya.

Ketiga

Setelah anda melakukan rekaman, tugas anda sekarang adalah memutar hasil rekaman anda dan anda simak baik-baik. Apakah suara anda mendekati seperti penutur aslinya atau belum.

Jika belum, jangan menyerah dan teruslah berusaha

Jika sudah, jangan berhenti serta konsisten dalam latihan.

Keempat

Jangan pernah sesekali membuang atau menghapus hasil rekaman suara anda. yang harus anda lakukan selanjutnya adalah simpan rekaman anda. beri tanggal di setiap anda melakukan rekaman.

Kelima

Kemudian setiap sebulan sekali, cek lah kembali hasil rekaman anda pada bulan sebelum nya dan bulan sebelumnya lagi.

Apakah ada perubahan?

Apakah anda melihat peningkatan perubahan bahasa inggris anda tanpa anda sadari.

Yuph ini lah cara bagaimana tips ini bekerja. anda sesekali tidak akan pernah menyadari kemampuan bahasa inggris anda.

Cara ngomong dan dengarkan ini secara tidak sadar akan membuat anda mengetahui perkembangan bahasa anda dan melatih kemapuan anda dalam kelancaran dan kefasihan.

Jangan takut dan ragu untuk praktek bahasa inggris

cara cepat berbahasa inggris sering praktek bahasa inggris
cara praktek bahasa inggris

Cara cepat berbahasa inggris yang kelima adalah jangan takut dan ragu untuk praktek. Fasih atau lancar dalam berbicara bahasa inggris itu semua masalah praktek saja.

Tok til.

Seperti yang sering kita lihat di footage buku tulis kita di sekolah “practice makes perfect”.

Kami tidak bilang pembelajar itu malas dalam praktek. Karena kami mengetahui pada hakikatnya rata-rata pembelajar itu malu untuk praktek dan takut salah. Bahkan tidak tau harus praktek kemana karena lingkungannya tidak ada yang menggunakan bahasa inggis.

“PRACTICE MAKES PERFECT”

Pokok nya hilang kan rasa malu. Pikirkan saja hasil akhir “fasih”. Dan untuk yang tidak punya lingkungan berbahasa inggris bisa mencari kumpulan berbahasa inggris di dekat tempat tinggal seperti komunitas atau organisasi dan sebagainya.

Organisasi yang bisa di ikuti adalah toastmaster. Saat ini toastmaster sudah hadir hampir ada seluruh provinsi di indonesia. Jadi hampir tidak ada lagi alasan untuk tidak ada lingkungan berbahasa inggris.
Pokoknya yang penting niat mencari, pasti ada.

Praktek

Praktek

Ptaktek

Hari ini kami akan sharing tentang cara praktek bahasa inggris yang menyenangkan – praktek yang berarti. Berbicara menggunakan bahasa inggris yang lancar dan akurat adalah dambaan pembelajar bahasa inggris.

Semua cara bahkan mereka lakukan agar bisa akurat dan lancar berbicara bahasa inggris. Segala praktek bahasa inggris mereka lakukan bahkan tidak sedikit dari mereka yang sampai merogoh kantong mereka.

Namun, pembelajaran keakuratan dan kelancaran dalam bahasa inggris tidak didapat dari mempelajari aturan tata bahasa inggris atau menghafal definisi.

Juga bukan berasal dari menghafal kosa kata. Keakuratan dan kelancaran berbicara bahasa inggris berasal dari praktek (practice).

Yang kami maksud praktek bahasa inggris di sini bukanlah percakapan yang menjadi pemahaman tren saat ini. Bahkan juga bukan percakapan menggunakan apa yang Anda ketahui.

Juga, bukan percakapan sesuatu yang telah Anda ingat. Karena semua latihan itu hanya sekedar membuat Anda merasa lancar, akan tetapi tidak lancar dan akurat pada hakikatnya. Sehingga praktek bahasa inggris yang benar sangat dibutuhkan disini.

Jadi,, apa yang kami maksud PRAKTEK disini?

Berbicara bahasa inggris dengan akurat dan lancar, ada yang lebih penting dari praktek itu sendiri. Itu adalah mengetahui kata (diction) mana yang keluar bersama saat berbicara.

Yuph, cuma itu saja.

Dan itu berdasarkan personal experience.

Saya tidak memungkiri pentingnya dengan percakapan bahasa inggris,

Akan tetapi percakapan tersebut akan menjadi sia-sia jika tidak di latih dengan praktek yang sebenarnya.

Masih bingung?

Begini,,

Pernah Anda memainkan alat musik?.

Atau pernahkah Anda melatih mengendarai sepeda motor?.

Atau pernahkah Anda melatih diri Anda dalam olahraga tertentu?.

Penjelasan Praktek bahasa inggris

  1. Ketika Anda memainkan alat musik, Anda pasti akan berlatih lagu yang berulang-ulang. Membuat kesalahan dalam not lagu atau nada suara. Semakin lama Anda merasa semakin nyaman, menikmatinya, yang kemudian mengembangkan kemampuan Anda dalam memainkan lagu tersebut.
  2. Ketika Anda belajar mengendarai sepeda motor, Anda pasti akan mencobanya berulang-ulang. Terkadang kesalahan saat Anda belajar mengendarai sepeda motor akan terjadi. Seperti jatuh dari motor, salah menginjak rem atau gigi dan lain sebagainya. Semakin sering Anda mengendarai sepeda motor, semakin Anda lihai ketika Anda berada di jalan.
  3. Ketika Anda melatih diri Anda dalam olah raga tertentu, Anda pasti akan mengulangi olah raga tersebut secara berulang-ulang. Anda pasti akan mencobanya hingga Anda merasa nyaman. Anda tidak akan berhenti sampai Anda tiba pada titik puas Anda. Bahkan ketika Anda sudah tiba pada titik puas Anda, Anda tidak akan berhenti untuk terus berlatih untuk olah raga yang sedang Anda tekuni.

Bahkan ketika Anda sudah tiba pada titik puas Anda, Anda tidak akan berhenti untuk terus berlatih untuk olah raga yang sedang Anda tekuni.

inilah cara praktek bahasa inggris yang menyenangkan – praktek yang berarti yang kami paparkan dengan jelas kepada anda.

Jika anda sudah memahami dengan benar tips diatas dengan benar maka selanjutnya anda hanya tinggal menguasai cara mengetahui kata (diction) mana yang keluar bersama saat berbicara.

Praktek bahasa inggris sesungguhnya tidak akan susah jika dilakukan dengan ilmu yang pas dan cara yang benar

Untuk bisa menguasai dalam pemilihan kosa kata yang pas saat berbicara bahasa inggris bisa di baca di artikel memilih kosa kata yang pas berbicara bahasa inggris.

Pentingnya Praktek Berbicara Bahasa INggris

Ada 4 keterampilan utama saat Anda belajar bahasa:

  1. Listening
  2. Reading
  3. Speaking
  4. Writing

Kalau saya tanya!

Manakah dari berikut ini yang merupakan “Odd-One-Out”? Manakah yang berbeda dari tiga lainnya?

Jawabannya adalah Speaking.

Tiga lainnya dapat Anda lakukan sendiri, sendiri, tanpa orang lain.

Anda dapat listening radio sendirian. Anda bisa reading buku sendiri. Anda bisa writing surat sendiri. Tapi Anda tidak bisa berbicara sendiri! Berbicara kepada diri sendiri bisa menjadi “berbahaya” karena rumah sakit jiwa mungkin datang dan membawa Anda pergi !!

Itulah mengapa Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan seseorang untuk diajak bicara.

Di mana Anda dapat menemukan orang yang dapat berbicara bahasa Inggris dengan Anda? Dan bagaimana Anda bisa berlatih berbicara saat Anda sendirian?

Praktek bahasa inggris di sekolah

Jika Anda bersekolah di sekolah bahasa, Anda harus menggunakan kesempatan ini untuk berbicara dengan guru Anda dan siswa lain. Saat pulang, Anda masih bisa berlatih mendengar, membaca, dan menulis, tetapi mungkin tidak bisa berlatih berbicara.

Jika guru Anda mengajukan pertanyaan, gunakan kesempatan ini untuk menjawab. Cobalah untuk mengatakan sebanyak mungkin. Jika guru Anda meminta Anda untuk berbicara berpasangan atau berkelompok dengan siswa lain, cobalah untuk berbicara sebanyak mungkin. Jangan khawatir tentang kesalahan Anda. Bicaralah!

Praktek bahasa inggris di Speaking Club

Banyak kota di seluruh dunia memiliki klub sepeaking english di mana orang dapat bertukar satu bahasa dengan bahasa lain. Anda bisa mencarinya di koran lokal dalam mencari klub percakapan di dekat Anda. Klub tersebut biasanya gratis meskipun beberapa mungkin mengenakan sedikit biaya pendaftaran.

Sebagai contoh, ada club berupa pelatihan public speaking seperti Toastmaster yang merupakan organisasi non-profit yang berfokus pada pelatihan leadership yang mana salahsatunya adalah melatih public speaking bahasa inggris.

Perbelanjaan

Jika Anda tinggal di negara berbahasa Inggris, Anda memiliki kesempatan bagus. Berlatihlah berbicara dengan penduduk setempat seperti asisten toko atau supir taksi.

Bahkan jika Anda tidak ingin membeli apa pun, Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang produk yang Anda minati di toko.

“Berapa biaya ini?” “Bisakah saya membayar dengan cek?” “Mana yang Anda rekomendasikan?” Seringkali Anda dapat memulai percakapan nyata – dan tidak ada biaya apa pun!

Bahasa ada di sekitar Anda

Ke mana pun Anda pergi, Anda menemukan bahasa. Nama toko, nama jalan, iklan, pemberitahuan di bus dan kereta api.

Meskipun Anda tidak berada di negara berbahasa Inggris, sering kali ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang dapat Anda lihat saat berjalan di jalan, terutama di kota-kota besar.

Dan juga selalu ada angka. Nomor mobil, nomor telepon, nomor rumah. Bagaimana ini bisa membantu Anda? Saat Anda berjalan di jalan, berlatihlah membaca kata dan angka yang Anda lihat. Katakan pada diri Anda sendiri.

Ini sebenarnya bukan bagian dari praktek conversation, tapi hal tersebut akan membantu Anda untuk “think” dalam bahasa Inggris.

Misalnya, jika Anda berjalan di sepanjang barisan mobil yang diparkir, sebutkan nomor pada setiap mobil secepat Anda melewatinya.

Tes diri Anda, untuk melihat seberapa cepat Anda bisa berjalan dan tetap mengucapkan setiap angka.

Praktek bahasa inggris dengan Lagu dan Video

Dengarkan kata-kata dari lagu berbahasa Inggris yang Anda sukai. Kemudian ulangi untuk diri Anda sendiri dan cobalah bernyanyi dengan musik.

Ulangi kata-kata tersebut sebanyak mungkin hingga menjadi otomatis. Anda akan segera menyanyikan seluruh lagu. Atau dengarkan salah satu aktor favorit Anda di video dan ulangi satu atau dua kalimat yang Anda suka.

Lakukan sampai menjadi otomatis. Ini latihan yang baik untuk ingatan Anda dan untuk otot mulut yang Anda butuhkan untuk bahasa Inggris.

Yang terpenting, jangan takut untuk berbicara. Anda harus mencoba untuk berbicara, meskipun Anda membuat kesalahan. Anda tidak bisa belajar tanpa kesalahan.

Ada pepatah yang mengatakan: “Orang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah melakukan apa pun.” Jadi pikirkan kesalahan Anda sebagai sesuatu yang positif dan berguna.

Bicaralah sebanyak mungkin! Buat kesalahan sebanyak mungkin! Ketika Anda tahu bahwa Anda telah membuat kesalahan, Anda tahu bahwa Anda telah membuat kemajuan.

6. Chatting

cara cepat berbahasa inggris dengan chatting
belajar bahasa inggris dengan chatting

CHATTING??

Bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris?

Beneran bisa?

Gak ngigo kan?

Cara cepat berbahasa inggris selanjutnya adalah chatting. Chatting merupakan wadah penting dalam mempraktekkan bahasa inggris. Apalagi di era digital saat ini sangatlah mudah untuk mencari partner native speaker melalui media sosial yang menyediakan fasilitas chatting.

Dengan meluangkan sedikit waktu kita untuk chatting maka kita telah melatih alam bawah sadar kita untuk berbahasa inggris karena semua kata yang terketik di chat, semua nya sudah terucap dalam benak.

Segala hal sudah di dalam benak seharusnya kita bisa mengucapkannya dengan dialek dan intonasi yang pas. Semakin sering pembelajar melakukan nya dan benaknya pun sudah sangat terbiasa dengan itu. Maka lidah, rahang dan vita suara pun akan sangat mudah menyesuaikan kedepannya.

Chatting merupakan jalan termudah cara cepat berbahasa inggris untuk lebih akurat dalam penulisan dan tata bahasa.

Power dari chatting bahasa inggris adalah sebuah proses pembelajaran bahasa inggris yang tidak harus melalui tempat formal dan suasana formal. Chattingan yang sekarang akrab dengan kebiasaan remaja zaman now, dipercaya bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris setiap orang.

Tapi,, Apabila itu anda chat kepada orang yang berasal dari daerah yang berbasis bahasa inggris. Atau bisa juga kepada teman kita yang sesama pembelajar bahasa inggris.

Intinya, asalkan Chatting itu menggunakan bahasa inggris baik kepada siapa pun itu dan teman chatting kita memakai bahasa inggris yang bagus, maka kita akan ketularan bahasa inggris nya secara unconsciously.

Masalahnya saya tidak ada teman yang sedang atau bisa berbahasa inggris apalagi teman bule yang bisa di ajak chat bahasa inggris.

Jadi caranya tidak lah sangat susah seperti yang kita bayang sebelumnya. Berikut ini adalah cara kita menemukan partner untuk praktek berbahasa inggris:

Memanfaatkan forum chat. (recommended)

Forum chat yang dimaksud disini adalah forum chat yang isinya pembelajar bahasa inggris. Jadi bukan forum chat yang asal-asalan. Ini juga memiliki keefektifan yang tinggi karena para pembelajar selain chatting praktek bahasa inggris, mereka juga akan share beberapa tips yang bermanfaat.

Cara ini sangat bagus untuk di coba. karena anda akan selalu mempraktekkan bahasa inggris anda pada forum chat tersebut. Disini lah momen bagus nya. Karena anda akan menemukan seluruh dari anggota chat tersebut merupakan orang yang memiliki tujuan yang sama dengan anda.

Mendatangi ketempat wisata yang ramai oleh pendatang asing

Datangi ke beberapa tempat wisata yang banyak pendatang asing di tempat tersebut. beranikan diri untuk mulai menyapa salah satu dari mereka.

Ajak mereka mengobrol.

Setelah akrab dengan mereka, coba minta kontak salah satu sosial media mereka. kemudian bilang kalau anda akan mengontaknya segera.

Ulangi!!! (agar anda dapat banyak teman chatting yang lebih dari satu)

Cara selanjutnya adalah

Memanfaatkan jejaring sosial media yang kita punya

Apabila anda tidak memiliki ide ketempat wisata mana anda harus berlabuh untuk mencari pendatang asing tersebut, maka cara termudah adalah dengan memanfaat jejaring sosial media kita.

Cara ini bagus juga tapi tidak sebagus yang cara di atas karena secara emosional kita belum terikat dengan mereka. Jadi ada kemungkinan kita akan di abaikan oleh teman chatting yang kita temui di jejaring sosial tersebut.

Berbeda dengan cara sebelumnya yang mana kita sudah memiliki ikatan secara emosional ketika ketemu dengan mereka secara langsung.

Jadi, gak ada salahnya sekalian mendapatkan kenalan baru dengan pendatang asing yang memakai bahasa yang sedang kita pelajari, kita melakukan sedikit usaha. Dan memang seharusnya begitu.

Dengan artikel ini kami yakin anda akan merasakan perubahan yang sangat signifikan dalam kemampuan berbahasa inggris anda.

Power dari belajar bahasa inggris dengan chatting merupakan salah satu pengalaman pribadi kami dalam belajar kala itu.

7. Dengar dan ulangi

cara cepat berbahasa inggris dengan dengar dan ulangi
belajar bahasa inggris dengar dan ulangi

cara cepat berbahasa inggris selanjutnya adalah Dengar dan ulangi. Ini merupakan cara pembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan pronunciation. Keakuratan dalam pelafalan adalah target di latihan ini.

Berbeda dengan dengarkan dan respon yang berfokus pada perluasan ide saat berbicara.

Juga berbeda dengan ngomong dan dengarkan yang berfokus kepada proses real time saat belajar bahasa inggris.

Dengar dan ulangi berfokus pada latihan laring, lidah dan rahang. Latihan ini tidak susah jika di lakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh.

Proses merupakan hal yang wajib di jalanin oleh setiap pembelajar bahasa inggis. Untuk lebih detail, inilah artikel tentang dengar dan ulangi.

Banyak orang yang mengeluh akan pronunciation mereka. Terutama bagi mereka yang sudah lama bahkan bertahun-tahun mempelajari bahasa inggris namun tidak juga memiliki pronunciation seperti yang diharapkan. Itu semua karena mereka tidak menerapkan metode dengar dan ulangi.

Apakah sesusah itu?

Apakah rumit itu?

Banyak kita temui orang yang sudah bertahun-tahun mempelajari bahasa inggris dengan hasil yang begitu-begitu saja.

Namun, ada juga yang tidak boleh kita abaikan yang berhasil bicara berbahasa inggris secara fasih bahkan dalam hitungan bulan. Atau bahkan kurang dari 6 bulan.

Mengapa itu bisa terjadi?

Itu semua kembali kepada metode yang di gunakan pembelajar. metode yang di gunakan akan berdampak kepada proses pembelajaran itu sendiri. Bahkan bisa juga berdampak pada hasil itu sendiri.

Lantas bagaimana proses yang harus dilalui untuk mengusai pronunciation dan bisa berbicara secara fasih?.

sampai saat ini cara dengar dan ulangi adalah cara yang paling ampuh dalam perkembangan berbahasa inggris. Kemampuan berbahasa inggris saat ini harusnya bukan lah sebuah rahasia lagi.

Bahkan sekarang pembelajaran bahasa inggris bisa dilakukan dengan online. Tapi semua itu kembali kepada ke pembelajar itu sendiri.

Apa yang harus di lakukan untuk menguasai pronunciation dan fasih dalam pengucapannya?

Gampang.

Inilah cara untuk dengar dan ulangi yang harus anda lakukan.

Pertama

Anda siapkan artikel berbahasa inggris yang anda sukai topik nya. Namun artikel yang harus di siapkan disini adalah sebuah artikel yang juga tersedia versi audionya.

Kedua

Kemudian anda dengarkan audio yang telah disiapkan tadi beberapa kali.

Ketiga

Kemudian anda putar lagi audio nya dan stop kan di setiap titik sesuai dengan teks nya. Disaat audio nya sedang diberhentikan, Kemudian tugas anda adalah untuk mengikuti/meniru suara audio yang anda dengar tadi.

Keempat

Usahakan saat sedang dengar dan ulangi ini, anda upayakan lidah, pita suara serta rahang anda untuk bisa se-fasih mungkin dalam pengucapan dengan pronunciation yang benar.

Pasti akan susah di awal nya. Asal anda tidak menyerah pasti anda akan menemukan hasil akhir anda.

Proses dengar dan ulangi ini adalah sebuah proses dimana otak kita merangsang kegiatan baru yang terjadi pada mulut kita.

Secara bersamaan otak kita akan menyesuaikan kebiasaan baru kita tersebut apabila kita secara aktif dan sering dalam melakukannya. Intinya jangan pernah berhenti.

Demikian, 7 cara cepat berbahasa inggris yang kami harap dapat memberi solusi pada pembelajaran Anda agar terlihat alami, tidak membosakan dan memiliki hasil yang maksimal.

8 komentar untuk “7 Cara praktek bahasa inggris – Praktek Untuk Cepat Berbahasa Inggris”

  1. mau tanya, kalo saya prakteknya dengan menggunakan metode ngomong depan kaca gitu bisa gak sir, soalnya saya gak ada partner dan tinggal di lingkungan yang tidak mendukung juga

    1. Bisa banget,Yang penting mulai aja dulu. Justru praktek bahasa inggris depan cermin memiliki kelebihan tersendiri, yaitu bisa membuat kita lebih percaya diri ketika berkomunikasi berbahasa inggrris.

  2. Malem min…
    Mang kalo cuma ngapalin kosakata doang tanpa praktek langsung, tetap kurang efektif ya Min?
    Walaupun saya hafal ribuan kosan kata..

    Please anter ya Min..

    1. Ya malam juga,,

      Bener Rahma,, akan kurang efektif dan bahkan sangat kurang jika hanya menghafal kosa kata tanpa praktek. walaupun sudah hafal ribuan kata.
      karena bahasa itu skill dan harus di latih rahma,,
      kalo kosa kata tu ilmu pengetahuan makanya di hafal dan bukan skill

      gmna rahma, sudah jelas penjelasan saya

      hehe, apanya yang di anter rahma, typo ya?

  3. Apa yang harus aku lakukan agar speaking saya menjadi semakin baik Mr?

    Karena kalau bermain bola tinggal pergi kelapangan dan latihan..

    Kalau speaking gmna ya cara nya?

    1. Hi Riko 🙂
      Jika untuk lancar dalam bermain bola adalah dengan pergi kelapangan, maka untuk lancar dalam speaking adalah dengan secara langsung praktek berbicara bahasa inggris.

      Prakteknya bisa sesama teman, atau lewat chatting dengan teman bule, atau kalau tidak punya teman sama sekali bisa dengan praktek lewat cermin.
      Ada banyak jalan menuju roma.

      semoga jawaban ini membantu Mr. Riko 🙂

    1. Hi ms. Nebby,

      I am glad to hear that you are enjoying this blog.
      Just stay close with us in this blog, coz we will do our best to this blog.

      Keep spirit
      keep fighting

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top