Proper Noun – Penjelasan dan Contoh

October 6, 2019

Comments

Sebelumnya kita telah membahas tentang Uncountable Noun yang juga merupakan bagian dari Part Of Speech. Pada topik kali ini, masih berbicara tentang Noun; Yaitu, Proper Noun.

APA ITU PROPER NOUN?

Proper noun merupakan pengelompokan yang berupa Noun (Kata Benda)  untuk Person (orang), Place (tempat), dan Noun lainnya yang bersifat spesifik (khusus). 

Yang menjadi khas dari Noun (Kata Benda) adalah bahwa kata benda ini selalu berhuruf kapital di setiap awal kata. Proper noun digunakan untuk menamakan nama orang, tokoh, kota, nama institusi, nama jalan, nama daerah, bangsa, organisasi, agama, hari, bulan, tempat dan lain sebagainya.

PENJELASAN PROPER NOUN

Jika Common Noun adalah kata benda yang tidak jelas menunjuk kepada spesifiknya kata benda tersebut, maka Proper Noun kebalikan dari Common Noun.

Jenis kata benda ini menjelaskan kepada sesuatu yang sifatnya lebih detail. Seperti kepada siapa nama orang tersebut, nama oraginasi nya, nama bangunannya, nama tempat ibadahnya dll. Karenanya jenis kata benda ini selalu diawali dengan hurup kapital.

Beberapa Contoh

ContohArti
RaisaRaisa
LuffyLuffy
The University of Manchester Universitas Manchester
The Fashion Avenue The Fashion Avenue
KitKat KitKat
OreoOreo
Edward Road Jl. Edward
Jl. Gajah MadaJl. Gajah Mada
Minnie Bear Minnie Bear
Puppy Puppy

Dari bebetapa kata benda diatas, dapat kita lihat bersama bahwa Kata benda jenis Proper noun memiliki arti yang sama dengan bahasa inggrisnya.

Hal tersebut dikarenakan kita tidak bisa mengganti atau menerjemahkan sesuatu yang sudah menjadi nama seseorang atau benda. Jadi harus tetap memakai nama aslinya, walaupun kata tersebut memiliki arti bahasa Indonesianya.

Beberpa contoh kata benda diatas akan terlhat kurang dirasa jika tidak disertakan dengan contoh berupa kalimat. Karena memahami dengan kalimat akan mudah faham jika hanya sekedar perkata.

Berikut Ini adalah beberapa contoh kalimatnya

Nama Seseorang

Max is a smart student (Max adalah murid yang cerdas)
Penjelasan = Kata benda spesifik pada kalimat diatas adalah Max. Max adalah murid yang cerdas. Kata yang dicetak tebal juga wajib di awali dengan hurup kapital walaupun munculnya di tengah kalimat.

Nama Instansi/Perusahaan

Oxford is the best university in the world. (Oxford adalah universitas terbaik di dunia.)
Penjelasan : Kata yang bercetak tebal diatas adalah kata benda spesifik. Oxford merupakan nama dari sebuah kampus ternama didunia. Oleh karenanya kata benda tersebut termasuk dari kata benda spesifik dari bagian nama instansi dan dalam penulisannya wajib menggunakan hurup kapital.

Nama Sebuah Negara, Bangsa, dan Kota

I live in Semarang (Saya tinggal di Semarang)
Penjelasan = Kata benda spesifik pada kalimat diatas adalah Semarang. Karena Semarang merupakan nama dari sebuah tempat yang berlokasikan di Jawa tengah. Oleh karena nya, Penulisannya pun wajib menggunakan hurup kapital walaupun tidak awal kalimat.

Profesi dan Merk

I am an English Teacher (saya adalah guru bahasa inggris)
Penjelasan = Pada kalimat diatas, kata benda spesifik nya adalah Teacher. Teacher merupakan sebuah profesi maka dalam penulisannya pun memakai hurup kapital. Selain Teacher, kata benda seperti Dentist, Lawyer dll. juga menggunakan hurup kapital dalam penulisannya.

Binatang, Bulan, Hari

December is the last month of the year. (Desember adalah bulan terakhir dalam satu tahun).
Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, kata benda spesifiknya adalah Desember. Desember merupakan kata benda spesifik yang menerangkan nama bulan. Sehingga dalam penulisannya menggunakan format hurup kapital pada awal katanya.

Nama bangunan, penghargaan, religi, wilayah geografis

Monas is an iconic building in Indonesia (Monas adalah banguna ikonik di Indoneisa).
Penjelasan = Pada contoh kalimat diatas, kata benda spesifik nya ada di kata Monas. Monas merupakan kata benda spesifik yang merujuk kepada salah satu bangunan khas Indonesia di Jakarta. Sama seperti sebelumnya, format penulisannya juga menggunakan hurup kapital.

Baca juga :
Uncountable Noun
Countable Noun
Noun Singular dan Plural
Concrete Noun
Abstract Noun

By inggrispro

Inggrispro merupakan wadah segala aspek materi pembelajaran bahasa inggris. Selamat belajar!

Related Articles

Simple Future – Penjelasan Lengkap dan Contoh

Simple Future – Penjelasan Lengkap dan Contoh

Berbicara tentang tenses, Simple future merupakan salah satu dari semua anggota tenses yang 16 jumlahnya. Sebelumnya kita sesudah membahas mengenai Simple Present dan Simple Past. Simple future ini juga merupakan salah satu tenses yang paling sering juga muncul dalam...

read more
Simple Past – Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Simple Past – Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu Simple Past, baik dari pengertian serta penjelasan lengkapnya. Simple Past mengekspresikan suatu tindakan di masa lalu yang terjadi sekali, tidak pernah, beberapa kali. Ini juga dapat digunakan untuk...

read more

News & Updates

Join Our Newsletter

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get Our Recent Update!

Kami selalu update rutin artikel pembelajaran bahasa inggris untuk kemudahan proses belajar anda.