InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

Tips Writing Essay Untuk IELTS Band Score 8

2 min read

Seni Writing Essay Untuk IELTS Band Score 8

Pada pembahasan kali ini saya akan fokus kepada pembahasan IELTS pada bagian writing yang berbentuk ESSAY yang berbentuk tips serta seni dalam mengerjakannya.

Tips writing Essay Pada IELTS

Essay adalah komposisi yang memiliki dua kualitas utama. Yaitu memberikan fakta tentang topik yang diberikan dan juga pendapat penulis tentang fakta-fakta tersebut. Komposisi hanyalah pengaturan fakta yang sederhana.

Esai memberikan ekspresi pada pikiran penulis dan juga fakta. Jadi esai adalah sesuatu yang bersifat pribadi. Itu membawa cap atau stempel kepribadian penulis. Esai adalah karya seni. Kepribadian artis Bersinar melalui tulisannya.

Sebelum membahas lebih lanjut mari kita ketahui dahulu apa itu IELTS :

IELTS adalah International English Language Testing System. Ini menilai kemampuan Anda untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam keempat keterampilan bahasa – listening, reading, writing dan speaking.

Ini untuk orang-orang yang ingin belajar atau bekerja di mana bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi seperti Inggris atau Australia. Apa yang ada di IELTS? Sebenarnya, ada pertanyaan yang berfokus pada kemampuan Anda untuk menerapkan Keterampilan Bahasa Inggris Anda yang telah Anda pelajari sebelumnya.

IELTS diakui secara internasional oleh lebih dari 6.000 institusi pendidikan di seluruh dunia. IELTS dikelola oleh ESOL Cambridge, British Council, IDP Australia (Program Pengembangan Internasional) dan IELTS Australia. Ada dua versi IELTS: Akademik dan General. IELTS Akademik untuk siswa dan IELTS Umum untuk imigrasi atau untuk siswa yang mencari pelatihan kejuruan. IELTS juga diakui oleh Universitas Amerika.

Untuk tesnya seperti yang disebutkan diatas, bahwa writing merupakan salah satunya. Pada artikel ini akan membahas Tips atau cara dalam mengerjakan tes writing essay dalam IELTS.

Writing Essay IELTS memiliki tiga bagian

  • Introduction
  • Body
  • Summary

Bagian Beginning memberikan pengenalan subjek dalam satu atau dua paragraf. Bagian tengah adalah bagian utama dari esai yang membahas poin-poin utama dari topik tersebut. Penutup atau ending memberikan kesimpulan dan penilaian akhir dari penulis.

Tips Writing essay

Introduction

Essay harus memiliki daya tarik yang kuat dan langsung. Untuk tujuan ini, permulaan harus memiliki pendekatan tertentu. Sebagai contoh:

  • Mulailah Essay Anda dengan kutipan pada subjek dan jelaskan kutipannya.
  • Mulailah Essay Anda dengan pernyataan umum dan tunjukkan baris yang akan Anda tulis.
  • Mulailah Essay Anda dengan lelucon yang tepat atau anekdot tentang topik tersebut. Ini akan memberikan Essay Anda nada dan warna yang bahagia.
  • Jika subjeknya sangat “kabur” sehingga kurang bisa difahami, Anda harus memberikan pemahaman atau definisi Essay menurut Anda sendiri dan kemudian melanjutkannya.

Body

Bagian utama tips writing Essay terdiri dari sejumlah paragraf. Harus ada rasa kontinuitas dalam paragraf. Essay adalah satu keseluruhan besar. Jadi setiap paragraf sebagai bagiannya harus mengikuti semangat persatuan.

Ide-ide paragraf tidak harus dipisah-pisahkan. Setiap paragraf baru harus menunjukkan hubungan dengan paragraf terakhir.

Summary

Essay harus diselesaikan dengan benar. Ide akhir atau ide harus jelas. Harus ada rasa selesai tentang Essay dan akhir harus mengesankan seperti awal.

JENIS ESSAY

Ada berbagai jenis tips Essay, setiap jenis harus diperlakukan dengan benar supaya memiliki kualitas writing yang diharapkan.

  1. Descriptive Essay: Ini menggambarkan tempat atau adegan atau hal menarik lainnya. Penulis juga memberikan pendapat pribadinya tentang fakta-fakta dalam esai.
  2. Narrative Essay: Ini berkaitan dengan cerita, kejadian, peristiwa atau anekdot dalam hal ini, penulis selalu menggunakan bentuk lampau karena peristiwa atau peristiwa itu hanya milik masa lalu.
  3. Reflective Essay: Ini berkaitan dengan beberapa masalah. Penulis harus mengekspresikan pandangannya sendiri tentang subjek tersebut.
  4. Expository Essay: Esai ini juga seperti esai reflektif. Tetapi di sini penulis hanya perlu menjelaskan beberapa teori atau fakta secara objektif tanpa suka atau tidak suka pribadinya.

Tips writing essay Penting

  • Bahasa essay harus sederhana dan mudah dimengerti.
  • Jangan menggunakan kata-kata yang sulit atau bombastis
  • Jangan ulangi fakta atau fakta berulang-ulang. Jangan menggunakan kata-kata yang sama berulang kali
  • Tulis dengan jelas. Jangan mencoba menjadi kabur
  • Esai adalah satu keseluruhan besar. Jadi jangan memberikan judul paragraf.
  • Tuliskan kalimat pendek dan sederhana saja. Seorang penulis yang baik juga idiomatis dalam ekspresinya.

mikianlah penjelasan mengenai tips untuk kualitas writing essay ielts yang bisa teman teman pelajarin melalui artikel ini.

Selamat mencoba!

Related Articles :
Tips IELTS dijamin band skor tinggi
Tips Listening IELTS

InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

2 Replies to “Tips Writing Essay Untuk IELTS Band Score 8”

    1. Semua itu tergantung dari kemampuan dan dasar yang telah di kuasai, jika emang bener – bener dari nol, maka cara tercepatnya adalah melalui kursus. Namun jika sudah ada basic dan tau kemana arah belajar nya, maka cukup belajar IELTS melalui otodidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *