Fleksibilitas sangat diperhitungkan pada abad ini, termasuk membuat sesuatu yang ribet menjadi simpel seperti menggunakan bahasa inggris terjemahan google.

Tidak sedikit kita temukan bagi kebanyakan pengguna internet menggunakan jasa gratis terjemahan gratis yang disediakan oleh google tersebut.

Selain dari sisi fleksibilitas, terjemahan google ini dapat menerjamahkan teks panjang atau pendek dengan waktu yang sangat singkat.

Selain itu, Google terjemah dapat menerjemahkan dari satu bahasa ke banyak bahasa termasuk bahasa inggris.

Bagaimana cara menggunakan bahasa inggris terjemahan google?

Google sendiri sangat memanjakan pengguna dalam menggunakan fasilitas ini. Berikut ini cara menggunakan bahasa inggris terjemahan google :

Laman hasil Pencarian Google

Cara yang pertama ini adalah cara termudah, yaitu dengan langsung menggunakan fasilitas ini langsung pada halaman hasil pencarian google tanpa harus membuka website nya.

Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Bahasa Inggris Terjemahan Google - Laman Hasil Pencarian
Bahasa Inggris Terjemahan Google – Laman Hasil Pencarian

Pada gambar diatas kita lihat bahwa kita dapat menerjemahkan teks kita kebahasa terntentu pilihan kita pada laman pencarian google, tanpa harus membuka website resminya.

Website resmi Google Terjemah

Bahasa Inggris Terjemahan Google - Website Resmi
Bahasa Inggris Terjemahan Google – Website Resmi

Cara selanjutnya untuk menggunakan jasa penerjemahan google adalah dengan langsung menuju ke website resmi google terjemah.

Apa bedanya dengan terjemahan google yang ada di hasil laman pencarian?

Tidak ada beda dalam sisi kualitas terjemahan dan hasil terjemahan. Namun, Jika kamu mempunyai artikel yang panjang untuk di terjemahkan, maka lebih baik gunakan website resmi google terjemahan.

Mengapa demikian?

Bahasa inggris terjemaan google pada website resminya lebih mempunya fitur yang lebih lengkap dari pada yang ada di laman hasil pencarian.

Juga, bahasa inggris terjemahan google pada situs resminya lebih memiliki ruang atau space yang lebih luas.

Menggunakan kamera dengan aplikasi android

Bahasa Inggris Terjemahan Google - aplikasi
Bahasa Inggris Terjemahan Google – aplikasi

Cara yang terakhir untuk menggunakan terjemahan google adalah dengan menggunaka kamera yang ada di aplikasi google translate.

Cara nya ialah dengan memencet ikon kamera pada interface aplikasi google translate tersebut.

Kemudian arahkan kamera ke teks yang akan diterjemahkan. Tunggu beberapa saat, nanti google akan merubah teks bahasa indonesia yang ada di layar kamera menjadi bahasa inggris secara otomatis.

Baca Lengkapnya disini : Translate Bahasa Inggris Pakai Kamera di Google Translate

Tujuan menggunakan terjemahan google untuk menerjemahkan artikel bahasa inggris

Segala sesuatu pasti memiliki tujuan, termasuk adanya layanan google translate dan banyaknya pengguna menggunakan layanan ini.

Berikut ini adalah tujuan orang menggunakan layanan google translate:

Mencari Sinonim

Selain menerjemahkan secara teks dengan banyak kalimat, tentunya layanan ini bisa digunakan untuk menerjemahkan kata perkata.

Kebanyakan pengguna menerjemahkan secara perkata karena ingin mengetahui sinonim dari kata bahasa inggris tersebut.

Sebab, Selain disediakannya arti perkata, google juga menyediakan berbagai sinonim untuk bahasa inggris terkait.

Menerjemahkan artikel

Tujuan yang paling banyak juga adalah untuk menerjemahkan artikel. Baik artikel lepas, artikel bahasa inggris atau bahasa lain yang tidak tau artinya.

Atau juga untuk menerjemahkan skripsi. Penulis sendiri tidak menyarankan menggunakan layanan ini untuk tujuan tulisan akademik. Karena kualitas untuk layanan ini bukan untuk kalangan profesional. Jadi, hasil terjemahannya pun seadanya.

ya wajar saja, namanya juga layanan gratis.

Kualitas bahasa inggris terjemahan google

Setelah pembahasan diatas, nah sekarang bagaimana dengan kualitas dalam penerjemahannya.

Apakah bagus?

Apakah Profesional?

Apakah Biasa – biasa saja?

Atau bahkan jelek?

Dalam hal ini, penulis akan obyektif dalam menilai. Kualitas penerjemahan dari google translate Sudah cukup bagus. Namun, tidak direkomendasikan untuk tujuan akademik atau profesional.

Oleh sebab itu, Gunakan google translate untuk kegunaan konsumtif saja tapi jangan untuk penggunaan produktif seperti untuk tujuan akademik atau kebutuhan profesional.

Karena kualitas tulisannya bukan ditujukan untuk tujuan akademik. Hasil terjemahan google sangat cocok untuk tulisan lepas, Tugas kuliah (S1), atau bahkan subtitle, dll.

Namun, jika digunakan untuk tujuan akademik atau tujuan profesional sangat tidak direkomendasikan.

Mengapa demikian?

Karena struktur bahasa dalam google translate tidak sampai ke hasil tulisan formal akademik, ia hanya terstruktur untuk mudah dipahami oleh penggunanya.

Google telah melakukan upgrade engine berupa Neural Machine Translation atau (NMT), sehingga hasil dari terjemahan bahasa inggris akan terlihat lebih natural dan lebih akurat.

Namun, Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam tulisan akademik dan profesional, mengedepankan tulisan dengan struktur tinggi agar terkesan formal.

Jadi, Kalau lemah atau tidak bisa bahasa bahasa inggris, bagaimana solusinya?. Supaya tulisan dari hasil terjemahan google menjadi tulisan dengan kualitas premium.

Simak dibawah ini.

Apa bisa diakali agar bahasa inggris terjemahan google nya menjadi profesional?

Tentu saja bisa.

Cara nya teman – teman menerjemahkan artikel dari bahasa indonesia ke bahasa inggris sama seperti biasanya.

Kemudian hasil dari terjemahan google tersebut kita copy.

Kemudian cari situs yang menyediakan layanan pengkoreksian grammar. dan paste kan pada kolom yang sudah disediakan.

Untuk layanan pengkoreksian ini ada yang gratis ada juga yang berbayar.

Tentunya untuk layanan berbayar, memiliki kualitas grammar dan saran perombakan kalimat yang lebih profesional.

Karena biasanya pengkoreksian grammar gratisan hanya sampai setingkat phrase saja prombakannya. Namun, tetap bagus hasilnya. Hanya saja yang berbayar, kita disuguhi pilihan kalimat yang lebih bagus untuk dipilih.

Untuk pengkoreksian grammar, Penulis merekomendasikan di dua tempat ini :

GINGER dan Grammarly

Baik Ginger ataupun Grammarly sama – sama menyediakan layanan gratis dan berbayar. Teman – teman bisa memilih layanan sesuai kebutuhan.

Dengan adanya kedua tool diatas, hasil penerjemahan dari google translate akan memiliki grammar bahasa inggris yang profesional.

Grammarly dan ginger juga merupakan tool pengkoreksian grammar yang paling banyak di pakai pengguna dan paling terpercaya.


Dengan berkembangnya zaman, Sekarang google menyediakan layanan gratis bagi para pengguna smartphone untuk translate artikel bahasa inggris.

Merupakan terobosan teknologi yang berorientasi kepada user. Pada beberapa tahun lalu kita hanya bisa menggunakan jasa translate google melalui artikel yang diketik atau di copy – paste kan.

Namun, sekarang ada yang baru dari google. Sekarang kita bisa menerjemahakan tulisan yang ada pada objek tertentu dengan menggunakan kamera hp kita.

Fitur ini merupakan fitur dengan penerjemahan instan dengan memanfaatkan kamera smartphone dan aplikasi google translate.

Cara nya, cukup dengan mengarahkan kamera smartphone yang telah terinstal aplikasi google translate didalamnya ke objek yang ingin diterjemahkan.

baca : Kualitas terjemahan bahasa inggris google

Dan dengan seketika google translate akan menerjemahkan artikel tersebut secara langsung pada layar hp.

APA KEUNGGULAN TRANSLATE BAHASA INGGRIS GOOGLE

Translate bahasa inggris
Translate bahasa inggris

Tidak hanya bahasa inggris, Kini google bisa menerjemahkan ke berbagai bahasa hingga 88 bahasa.

Mengenai kualitas, Kini terjemahan pada google translate telah didukung Neural Machine Translation atau (NMT) agar memberikan hasil terjemahan yang lebih akurat dan terkesan alami.

Tambahan, Fitur ini juga telah mendukung untuk pengguna berbahasa indonesia untuk menggunduh bahasa. Sehingga pengguna tetap bisa menggunakan layanan ini walau dalam kondisi tidak terkoneksi dengan internet.

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN TRANSLATE BAHASA INGGRIS PAKAI KAMERA DI GOOGLE TRANSLATE?

Untuk caranya sendiri tergolong sangat mudah dan user-friendly. Berikut ini merupakan tahapan untuk translate bahasa inggris menggunakan kamera yang ada di google translate.

BUKA APLIKASI GOOGLE TRANSLATE

Langkah pertama ialah dengan membuka aplikasi terjememahan bahasa inggris tersebut dari hp. Aplikasi ini telah support di kedua platform hp yaitu android dan IOS.

Jika belum memilikinya silahkan untuk mendownloadnya terlebih dahulu di Play Store atau App Store. Gratis.

PILIH BAHASA

Seperti yang telah di terangkan di atas, bahwa google translate tidak hanya bisa menerjemahkan bahasa inggris, Namun juga bisa ke 88 jenis bahasa lainnya.

Caranya sangat mudah, Cukup memilih bahasa yang hendak anda pakai pada kolom pilih bahasa.

PILIH IKON KAMERA

Kemudian, tepat dibawah kolom untuk menuliskan teks, akan ada beberapa ikon dengan beberapa fungsi. Salah satunya adalah ikon kamera.

Dan pilih lah ikon kamera tersebut, dan arahkan lah kamera ke objek tulisan yang akan diterjemahkan. Dan akan kelihatan seperti gambar di bawah ini.

Translate bahasa inggris - Hasil terjmehan kamera
Google Translate bahasa inggris – Hasil terjmehan kamera

Selain cara instan google translate juga menyediakan fitur scan / pindai untuk hasil yang lebih rapi dan terstruktur.

Jadi , sekarang pengguna tidak akan kesulitan lagi dalam melakukan terjemahan bahasa inggris, Karena google translate bahasa inggris akan melakukannya untuk anda.

Cara ini sangat efektif karena bisa menghemat waktu pengguna untuk mengetik ulang tulisan yang ada diobjek tertentu. Semoga fitur ini akan ditingkatkan lagi secara fungsi dan kualitas.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Demikianlah ulasan saya tentang google terjemahan. Semoga bermanfaat.