InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

6 Tips Master IELTS Dijamin Band Score 7.5

6 min read

6 Tips Master IELTS Dijamin Band Score 7.5

6 tips master IELTS dijamin skor band 7.5! Pernah mendengar IELTS? IELTS merupakan salah satu ujian berbahasa Inggris dimana IELTS ini bisa kamu gunakan untuk kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa. Bukan hanya untuk mendapatkan beasiswa melainkan kamu bisa menggunakan untuk mencari pekerjaan. Contohnya saja penerjemah, seorang penerjemah pasti mempunyai sertifikat bahasa, dengan adanya sertifikat bahasa bisa membuktikan kemampuannya dalam berbahasa Inggris.

IELTS ini merupakan singkatan dari International English Language Testing System dimana kamu bisa mengikuti tes IELTS ini di tempat yang ditentukan oleh lembaga pendidikan maupun Universitas. Bahkan IELTS ini sudah ada di beberapa negara lainnya bukan hanya berada di Indonesia saja, sehingga sertifikat IELTS yang kamu miliki akan diakui oleh seluruh negara.

IELTS adalah International English Language Testing System. IELTS memiliki dua versi: IELTS Akademik untuk siswa, IELTS General untuk Imigrasi. IELTS memiliki empat modul:

  • Listening
  • Reading
  • Writing
  • SPeaking

Struktur Tes IELTS

Total waktu tes adalah 2 jam dan 45 menit. Calon diuji dalam listening, reading, writing dan speaking. Semua kandidat (baik yang academic ataupun general) menerima jenis tes listening dan speaking yang sama.

Ada pilihan antara academic ielts dan general ielts dalam Modul reading dan writing. General Ielts menerima jenis reading dan writing secara Umum yang menekankan keterampilan bertahan hidup dasar dalam konteks sosial dan pendidikan yang luas.

Modul Listening (4 bagian, 40 pertanyaan) —> durasi 30 menit
Modul Academic Reading / General Training (3 bagian, 40 pertanyaan) —> durasi 60 menit
Academic writing / writing general training (2 tugas, 150 dan 250 kata) —> durasi 60 menit
Modul speaking (wawancara tatap muka) —> durasi 11 – 14 menit

Tiga modul pertama – listening, reading dan writing – harus diselesaikan dalam satu hari yang sama.
Tidak ada jeda antar modul. Modul speaking bisa diambil, tergantung pada kebijakan panitia ujian, dalam periode tujuh hari sebelum atau setelah modul lainnya.

Penjelasan Modul IELTS secara lengkap :

Speaking

IELTS bukan ujian kecerdasan. Tujuan utama IELTS Speaking adalah komunikasi. Mereka ingin menguji kemampuan Anda untuk berkomunikasi sehingga mereka dapat mengikat Anda. Penguji IELTS tidak ingin menguji pengetahuan Anda, kecerdasan Anda, aksen Anda, kepribadian Anda atau tingkat pendidikan Anda. Mereka ingin menguji seberapa baik Anda dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris?

Bicaralah dengan lancar tanpa henti. Jangan khawatir tentang kesalahan tata bahasa. Jangan pernah memberikan jawaban singkat.

Listening

Mendengarkan adalah bagian yang paling mudah bagi kebanyakan siswa. Dua bagian pertama terutama difokuskan pada MicroListening yang berarti mereka menguji kemampuan Anda untuk memahami item spesifik yaitu tanggal, nama dan ejaan.

Sementara dua bagian terakhir dari Mendengarkan lebih fokus pada MacroListening yang berarti mereka menguji kemampuan Anda untuk memahami aspek global dari listening, tema utama (main theme), potongan situasional (situational chunk) dan jenis informasi yang dapat Anda simpulkan dari situasi mendengarkan dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menjawab pertanyaan.

Cara terbaik untuk meningkatkan skill listening IELTS bukanlah dengan menonton film atau mendengarkan lagu, cara terbaik adalah mendengarkan materi listetning terstruktur yang dipandu yang akan meningkatkan keterampilan mendengarkan kritis dalam berbagai aspek tes mendengarkan.

Cara tersebut hanya cocok untuk menopang listening untuk tingkat pemula yang menekankan pada latihan speaking, Berbeda untuk latihan IELTS.

Ketika pembicara mengatakan, “Anda punya waktu”, Anda harus membaca pertanyaan dan membuat prediksi. Ini akan sangat meningkatkan pemahaman Anda tentang listening IELTS.

Reading

Reading IELTS adalah yang paling sulit bagi kebanyakan orang. Hal terbaik yang harus dilakukan di IELTS Reading adalah tidak membaca bagian itu terlebih dahulu.

Anda harus membaca pertanyaan terlebih dahulu dan melingkari key words dan berusaha menemukan jawaban yang relevan dalam bagian ini. Jangan mencoba memahami seluruh bagian, Anda tidak akan pernah bisa dalam 60 menit.

Jangan khawatir tentang kosa kata. IELTS Reading dibuat untuk kata kunci dan sinonim. Tingkatkan sinonim Anda, bukan kosa kata.

Writing

Menulis bisa menjadi ujian yang menantang. Disarankan agar siswa membuat beberapa catatan sebelum menulis tugas mereka. Kebanyakan siswa cepat menulis. Perencanaan secara tertulis sangat penting. Rencanakan selama 5 menit dalam Tugas 1 dan 10 Menit dalam Tugas 2. Setelah Anda memiliki rencana, Anda dapat dengan mudah mulai menulis dan Anda dapat lebih fokus pada pilihan kata dan struktur kalimat daripada koherensi ide.

Selalu perbaiki tulisan Anda sehingga Anda dapat memperbaiki kesalahan yang Anda buat.

Tips Master IELTS Supaya Mendapat IELTS Band Score minimal 7.5

Biasanya kalau ingin masuk universitas rata – rata skor adalah 5,5 sampai dengan 6.5 dan yang tertinggi adalah 9.0. Ujian Ielts sendiri kurang lebih berdurasi 2 jam 45 menit. Penasaran seperti apa tes IELTS ini? Simak sekarang ya!

Kenali tipe IELTS 

Pertama, mengetahui tipe IELTS. Sebelum memulai mempelajari seperti apa IELTS itu maka kamu harus mengetahui apa saja tipe IELTS. Sebenarnya IELTS memiliki dua tipe yaitu tipe Academic IELTS dan tipe General Training atau yang bisa disebut dengan GT.

IELTS memiliki dua Jenis tes yaitu Academic IELTS dan General Training

Tentu kedua tipe ini memiliki perbedaan bisa dilihat setiap tipe pada IELTS ini, pastinya kamu bertanya – tanya bagaimana membedakan kedua IELTS tersebut. Pertama – Tama akan membahas tipe yang pertama yaitu Academic IELTS.

Pada tipe yang pertama yaitu Academic IELTS maka hanya diperuntukkan bagi kamu yang ingin mendaftar di Universitas. Tentu bukan Universitas di tempat kamu berasal melainkan berada di luar negeri yang pada pembelajaran menggunakan bahasa Inggris dari awal sampai dengan akhir pembelajaran.

Sehingga dengan melakukan tes IELTS untuk tipe Academic maka kamu bisa mendapatkan sertifikat dari tes yang telah kamu lakukan. Biasanya di dalam sertifikat terdapat nilai yang tercantum disana.

Dengan sertifikat ini, kamu bisa menggunakan sertifikat yang sudah tercantum skor band/band skor tersebut jika kamu membutuhkannya. Bukan hanya untuk calon mahasiswa atau calon mahasiswi, bahkan tes IELTS tipe Academic ini memang berguna untuk beberapa profesi lain yang ingin membuka praktek di luar negeri maupun bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris.

Sehingga dengan adanya sertifikat ini maka sudah terbukti kemampuan dalam berbahasa Inggris sehingga tidak ada yang meragukan lagi.

Berbeda dengan tipe yang pertama, maka pada tipe yang kedua ini dinamakan General Training atau bisa dikatakan sebagai tipe umum. Dengan melakukan tes IELTS tipe General Training ini bisa kamu gunakan langsung jika kamu ingin mencari magang di luar negeri.

Karena pada dasarnya di luar negeri rata – rata negara menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. Maka dari itu, sertifikat IELTS tipe General Training ini bisa kamu gunakan sebaik mungkin.

Rutin dan Sering Praktek tips yang dari IELTS Preparation course.

Kedua, Secara berkala praktek IELTS Preparation Course dan IELTS Preparation Test yang bisa anda dapatkan melalui buku – buku atau juga simulasi yang diadakan lembaga tertentu. Ini merupakan tips yang jitu dalam menguasai IETLS.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa Skill hanya bisa di asah melalui praktek yang dilakukan secara rutin dan mandiri. Sementara IELTS sendiri merupakan tes bahasa inggris yang meliputi ilmu pengetahuan dan skill itu sendiri. Sehingga praktek merupakan hal yang mutlak untuk anda lakukan.

Dengan adanya rutin praktek serta mempelajari berbagai tips yang ada di IELTS Preparation course, maka akan mempermudah bagi teman – teman untuk master IELTS dan mendapatkan band score IELTS yang ditargetkan.

Membeli buku Contoh Soal IELTS

Ketiga, membeli buku yang berisi contoh – contoh ujian ielts. Kenapa? Karena dengan membeli buku maka kamu bisa melihat seperti apa ujian tes IELTS. Dalam hal ini kamu tidak perlu membeli buku baru yang memungkinkan harganya ya mahal.

Saran saya kamu bisa meminjam teman kamu yang telah memiliki buku ini, atau kamu juga bisa langsung membeli buku tersebut. Karena dengan membeli buku tersebut maka kamu akan memegang buku tersebut lebih lama dari pada kamu meminjamnya

Salah satu buku ujian tes ielts yang saya rekomendasikan adalah Cambridge English IELTS. Dimana buku Cambridge English IELTS ini memiliki berbagai seri mulai dari seri yang pertama sampai dengan seri yang ke sebelas. Bahkan salah satu soal dari buku Cambridge English IELTS ini pernah keluar pada ujian IELTS test di tahun – tahun sebelumnya. Sehingga buku ini bisa kamu gunakan jika kamu ingin melakukan ujian tes IELTS pada tahun berikutnya.

Memiliki teman dalam belajar IELTS

Keempat, memiliki teman dalam belajar IELTS. Dalam belajar IELTS memang tidak mudah bahkan kamu harus memiliki teman. Tips ini penting karena dengan memiliki teman belajar maka kamu bisa lebih semangat dalam mempelajari berbagai materi yang ada pada buku soal.

Apalagi kalau kamu belajar dengan serius maka kamu bisa mendapatkan skor band/band skor yang memuaskan. Sebut saja seperti skor 7.5 karena skor ini adalah skor yang lumayan besar untuk kamu pada setiap lini yang kamu inginkan.

Tetapi tetap ingat jangan sampai mencari teman yang hanya membuang waktu kamu saja atau yang tidak memiliki minat untuk belajar IELTS. Tetapi carilah teman yang bisa membantu kamu dalam proses pembelajaran IELTS sehingga kamu bisa belajar dengan mudah.

Apalagi kalau kamu lihat di buku soal memang ada banyak sekali beberapa materi IELTS tips sehingga sangat membosankan sekali jika hanya kamu lakukan sendiri. Bahkan kamu bisa berdiskusi dengan teman kamu jika kamu memiliki pertanyaan selama belajar.

Membuat rencana belajar Dari setiap Tips IELTS yang ada

Kelima, membuat rencana belajar. Rencana belajar merupakan salah satu hal yang harus kamu lakukan karena dengan menulis rencana belajar untuk IELTS maka kamu bisa memiliki target selama belajar berbagai materi IELTS.

Bahkan IELTS sendiri memiliki beberapa bagian penting mulai dari bagian pertama adalah listening selection atau sesi mendengar, bagian kedua adalah reading section atau sesi membaca, writing section atau sesi menulis dan bagian yang keempat adalah speaking section atau sesi berbicara.

Keempat sesi itu memang terdapat dalam ujian tes IELTS sehingga kamu harus mempelajari seperti apa sesi – sesinya mulai dari sesi yang pertama sampai dengan sesi yang keempat. Apalagi nanti kamu bisa saja salah mengerti apa yang dibicarakan oleh speaker dan apa yang kamu pahami.

Tetapi jika kamu mempelajari secara perlahan-lahan maka kamu bisa menghindari kesalahan tersebut. Dan yang paling penting adalah jangan pernah menyerah jika kamu mendapatkan skor yang kurang memuaskan.

Mempelajari Setiap Sesi dan Fokus ke IELTS Band Score

Keenam, mempelajari beberapa sesinya. Tahap yang pertama, listening section ini harus kamu dengarkan secara baik – baik karena bisa berpengaruh pada band score kamu nantinya. Dalam tahap ini, kamu akan sering menemukan beberapa kata yang tidak kamu pahami saat pembicara menyebutkan kata tersebut. Sehingga kamu harus banyak berlatih untuk sesi mendengarkan ini. Tetapi bukan hanya itu saja, ada pula soal kasus yang terdapat pada ujian tes ini.

Kemudian ada yang namanya, Reading Section dimana kamu harus banyak menguasai berbagai kosa kata atau yang disebut vocabulary. Dan yang ketiga adalah Writing Section, dalam hal ini  kamu akan diminta membuat esai.

Caranya mudah kamu hanya cukup memahami esai IELTS yang memiliki skor tertinggi. Dan kamu bisa melihat apa saja perbedaan dibandingkan dengan esai yang memiliki skor rendah. Dan yang terakhir adalah sesi berbicara atau speaking section yang memiliki beberapa bagian mulai dari data diri, keseharian kamu dan berdiskusi.

Dengan tekun dalam belajar maka kamu bisa mendapatkan band score yang kamu inginkan selama ini. Tetaplah berlatih dan pahami materinya sebaik mungkin!

InggrisPRO inggrispro.com merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris online dari setiap topik pembahasan bahasa inggris. Selamat Belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *