Mengenal Penggunaan Few dan Little dalam Bahasa Inggris: Penjelasan dan Contoh

Artikel ini membahas penggunaan Few dan Little beserta penjelasan dan contoh kalimatnya dalam bahasa Inggris. Tingkatkan pemahaman Anda tentang penggunaan keduanya dalam konteks yang tepat untuk meningkatkan keahlian bahasa Inggris Anda.

Penggunaan few dan little adalah merupakan kata sifat yang berfungsi sebagai determiner yaitu kata untuk membatasi makna Noun (kata benda). Secara kamus, few dan juga little memiliki arti yang relatif sama ==> SEDIKIT.

(a) little diikuti oleh uncountable noun (kata benda yang tidak dapat dihitung). selalu diikuti dengan singular verb.
(a) few diikuti oleh countable noun (kata benda yang dapat dihitung). selalu diikuti dengan plural verb.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, pemahaman yang baik tentang penggunaan kata-kata kuantitas sangat penting untuk mengkomunikasikan informasi dengan jelas dan akurat. Salah satu bagian yang seringkali menimbulkan kebingungan adalah penggunaan ‘few’ dan ‘little’. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci penggunaan kedua kata tersebut, termasuk aturan dan contoh-contoh yang relevan, untuk membantu Anda menguasai penggunaan ‘few’ dan ‘little’ dalam bahasa Inggris.

Penggunaan ‘Few’

A. Pengertian ‘Few’

‘Few’ merupakan kata yang digunakan untuk menggambarkan jumlah yang kecil dari suatu benda atau hal yang dapat dihitung (countable nouns). ‘Few’ biasanya digunakan untuk benda-benda jamak dan menggambarkan adanya beberapa benda, tetapi jumlahnya tidak banyak.

B. Penggunaan ‘Few’

  1. ‘Few’ digunakan untuk menggambarkan jumlah yang kecil dari benda yang dapat dihitung. Contoh:
  • Saya punya sedikit teman. (I have few friends.)
  • Hanya sedikit orang yang datang ke pesta. (Few people came to the party.)
  1. ‘A few’ digunakan untuk menggambarkan jumlah yang lebih besar dari ‘few’ dan memberikan konotasi yang lebih positif. ‘A few’ menggambarkan adanya beberapa benda, tetapi jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan. Contoh:
  • Saya punya beberapa buku untuk dibaca. (I have a few books to read.)
  • Beberapa siswa berhasil menjawab pertanyaan tersebut. (A few students managed to answer the question.)

C. Perbedaan antara ‘Few’ dan ‘A Few’

Perbedaan utama antara ‘few’ dan ‘a few’ terletak pada konotasi yang dihasilkan. ‘Few’ cenderung memiliki konotasi negatif, menunjukkan bahwa jumlahnya tidak cukup atau tidak memuaskan, sementara ‘a few’ memiliki konotasi positif yang menunjukkan jumlah yang cukup atau memadai.

Penggunaan ‘Little’

A. Pengertian ‘Little’

‘Little’ digunakan untuk menggambarkan jumlah yang kecil dari sesuatu yang tidak dapat dihitung (uncountable nouns). ‘Little’ digunakan untuk benda-benda tunggal dan menunjukkan bahwa jumlahnya sangat sedikit atau hampir tidak ada.

B. Penggunaan ‘Little’

  1. ‘Little’ digunakan untuk menggambarkan jumlah yang kecil dari benda yang tidak dapat dihitung. Contoh:
  • Dia memiliki sedikit uang. (She has little money.)
  • Saya minum sedikit air. (I drank little water.)
  1. ‘A little’ digunakan untuk menggambarkan jumlah yang lebih besar dari ‘little’ dan memberikan konotasi yang lebih positif. ‘A little’ menggambarkan adanya sejumlah benda, meskipun jumlahnya tidak banyak, tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan. Contoh:
  • Saya butuh sedikit waktu untuk berpikir. (I need a little time to think.)
  • Dia menambahkan sedikit gula ke dalam kopinya. (She added a little sugar to her coffee.)

C. Perbedaan antara ‘Little’ dan ‘A Little’

Perbedaan utama antara ‘little’ dan ‘a little’ terletak pada konotasi yang dihasilkan. ‘Little’ cenderung memiliki konotasi negatif, menunjukkan bahwa jumlahnya tidak cukup atau tidak memuaskan, sementara ‘a little’ memiliki konotasi positif yang menunjukkan jumlah yang cukup atau memadai.

Kesalahan Umum dalam Penggunaan ‘Few’ dan ‘Little’

Beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam penggunaan ‘few’ dan ‘little’ adalah:

  1. Menggunakan ‘few’ untuk benda yang tidak dapat dihitung, dan ‘little’ untuk benda yang dapat dihitung. Ingatlah bahwa ‘few’ digunakan untuk benda yang dapat dihitung, sementara ‘little’ digunakan untuk benda yang tidak dapat dihitung.
  1. Mengabaikan perbedaan konotasi antara ‘few’ dan ‘a few’, serta ‘little’ dan ‘a little’. Penting untuk memahami bahwa ‘few’ dan ‘little’ memiliki konotasi negatif, sedangkan ‘a few’ dan ‘a little’ memiliki konotasi positif.
  2. Menggunakan ‘few’ atau ‘little’ tanpa mempertimbangkan konteks kalimat. Dalam beberapa situasi, mungkin lebih tepat menggunakan kata-kata seperti ‘some’, ‘several’, atau ‘many’ daripada ‘few’ atau ‘little’, tergantung pada jumlah yang ingin dijelaskan.

Latihan dan Contoh

Untuk membantu Anda menguasai penggunaan ‘few’ dan ‘little’, berikut adalah beberapa latihan dan contoh:

A. Isilah kalimat berikut dengan ‘few’ atau ‘little’:

  1. There is _____ hope left for the team to win the match.
  2. She has _____ friends who can help her in her time of need.
  3. We have _____ time left before the store closes.
  4. There were _____ people who attended the meeting.

B. Isilah kalimat berikut dengan ‘a few’ atau ‘a little’:

  1. We need _____ more minutes to finish the project.
  2. Can you lend me _____ money to buy lunch?
  3. He has _____ friends coming over for dinner.
  4. Add _____ salt to the soup to make it taste better.

C. Jawaban:

  1. A. There is little hope left for the team to win the match.
  2. A. She has few friends who can help her in her time of need.
  3. A. We have little time left before the store closes.
  4. A. There were few people who attended the meeting.
  5. B. We need a few more minutes to finish the project.
  6. B. Can you lend me a little money to buy lunch?
  7. B. He has a few friends coming over for dinner.
  8. B. Add a little salt to the soup to make it taste better.

Kesimpulan

Menguasai penggunaan ‘few’ dan ‘little’ dalam bahasa Inggris akan membantu Anda lebih efektif dalam menyampaikan informasi mengenai jumlah benda atau situasi yang ingin dijelaskan. Dalam artikel ini, kita telah mempelajari penggunaan ‘few’ dan ‘little’, serta variasi mereka, ‘a few’ dan ‘a little’, beserta perbedaan konotasi yang dihasilkan.

Dengan latihan yang konsisten dan pemahaman yang benar tentang penggunaan kata-kata ini, Anda akan semakin percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Teruslah berlatih dan memperdalam pemahaman Anda tentang bahasa Inggris untuk mencapai kemampuan berbahasa yang lebih tinggi dan lebih efisien. Ingatlah untuk selalu memperhatikan konteks kalimat saat menggunakan ‘few’, ‘a few’, ‘little’, dan ‘a little’ untuk memastikan bahwa Anda menyampaikan makna yang tepat sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Selain itu, jangan ragu untuk mencari bantuan dari guru, teman, atau sumber belajar lainnya jika Anda merasa kesulitan dalam memahami penggunaan ‘few’ dan ‘little’. Diskusi dan latihan bersama orang lain dapat membantu Anda mengidentifikasi kesalahan yang mungkin dilakukan dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang aturan-aturan yang berlaku.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam perjalanan pembelajaran bahasa Inggris Anda. Selamat belajar, dan semoga sukses dalam menguasai penggunaan ‘few’ dan ‘little’ serta aspek-aspek lain dari bahasa Inggris!

Share it!
Mr. Khalid
Mr. Khalid

InggrisPRO merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris serta menyediakan resource untuk mendukung pembelajaran bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *