Panduan Praktis Penggunaan Say dan Tell Beserta Contoh

Artikel ini menyajikan panduan praktis penggunaan say dan tell beserta contoh kalimat yang relevan dalam bahasa Inggris. Tingkatkan kemampuan Anda dalam menggunakan keduanya secara tepat dan efektif.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan di seluruh dunia. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk mempelajari bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara. Salah satu hal yang perlu dipelajari ketika belajar bahasa Inggris adalah perbedaan antara kata-kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, seperti ‘say’ dan ‘tell’.

Baik say maupun tell merupakan bagian dari irreguler verb. Bentuk kedua dan ketiga dari say dan tell adalah said dan told. Penggunaan say dan tell sama sama digunakan pada Reported speech, namun memiliki cara pemakaian yang berbeda.

‘Say’ dan ‘tell’ keduanya adalah kata kerja yang digunakan dalam konteks komunikasi. Namun, meskipun keduanya memiliki arti yang mirip, mereka memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara mereka digunakan dan struktur kalimat yang melibatkan mereka.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci perbedaan antara ‘say’ dan ‘tell’, serta cara penggunaannya.

Perbedaan Say dan Tell
Perbedaan Say dan Tell

Penggunaan ‘Say’

Kata kerja ‘say’ digunakan ketika seseorang memberikan informasi atau pesan kepada orang lain.

Kata ini sering digunakan dalam kalimat langsung, dan biasanya diikuti oleh kata yang memberikan informasi tentang siapa yang berbicara dan apa yang mereka katakan. Misalnya:

  • She said, “I love you”.
  • He said that he would come to the party.

Ketika menggunakan ‘say’ dalam kalimat, kata tersebut biasanya diikuti oleh objek langsung, yang merupakan informasi atau pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain.

Objek langsung biasanya berupa kalimat atau frasa, dan dapat berupa sesuatu yang bersifat positif, negatif, atau netral. Contoh kalimat dengan objek langsung sebagai berikut:

  • She said that she was very happy.
  • He said that he didn’t like coffee.
  • They said they were going to the movies.

Objek langsung tersebut dapat berupa kalimat langsung atau tidak langsung, tergantung pada konteks kalimat.

Namun, ketika menggunakan kalimat langsung, penting untuk menggunakan tanda kutip di awal dan akhir kalimat. Misalnya:

  • She said, “I am going to the store”.
  • He said, “I will see you tomorrow”.

Penggunaan ‘Tell’

Kata kerja ‘tell’ digunakan ketika seseorang memberikan informasi atau pesan kepada orang lain, seperti halnya dengan ‘say’.

Namun, ‘tell’ digunakan dalam konteks yang sedikit berbeda. Kata kerja ini sering digunakan ketika seseorang memberikan instruksi atau perintah kepada orang lain. Misalnya:

  • She told him to be quiet.
  • He told me to come early.

Seperti ‘say’, ‘tell’ juga diikuti oleh objek langsung yang memberikan informasi atau pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain.

Namun, objek langsung dalam kalimat dengan ‘tell’ sering kali diikuti oleh objek tidak langsung yang merupakan orang yang menerima pesan tersebut. Misalnya:

  • She told him to be quiet. (objek langsung: “be quiet”, objek tidak langsung: “him”)
  • He told me to come early. (objek langsung: “come early”, objek tidak langsung: “me”)

Ketika menggunakan ‘tell’, penting untuk memperhatikan kata ganti orang kedua dan ketiga yang digunakan dalam kalimat, seperti ‘him’, ‘her’, atau ‘them’.

Hal ini menunjukkan bahwa pesan atau instruksi diberikan kepada orang lain, bukan kepada pembicara itu sendiri.

Selain itu, ‘tell’ juga dapat digunakan dalam kalimat tidak langsung, seperti dalam contoh berikut:

  • She told him that she loved him.
  • He told me that he couldn’t come to the party.

Dalam hal ini, objek langsung tidak ditulis secara langsung, tetapi diungkapkan dalam bentuk kalimat yang mengikuti kata kerja ‘tell’. Karena itu, tanda kutip tidak diperlukan.

Perbedaan Antara ‘Say’ dan ‘Tell’

Meskipun ‘say’ dan ‘tell’ digunakan dalam konteks yang serupa, ada beberapa perbedaan penting antara keduanya. Berikut adalah beberapa perbedaan antara ‘say’ dan ‘tell’:

  1. Objek Langsung dan Tidak Langsung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ‘say’ lebih sering digunakan dengan objek langsung, sedangkan ‘tell’ lebih sering digunakan dengan objek tidak langsung.

  1. Konteks Kalimat

‘Say’ digunakan untuk memberikan informasi atau pesan kepada orang lain, sedangkan ‘tell’ lebih sering digunakan untuk memberikan instruksi atau perintah.

  1. Struktur Kalimat

Ketika menggunakan ‘say’, kata tersebut sering kali diikuti oleh kalimat langsung dan tanda kutip. Sementara itu, ketika menggunakan ‘tell’, objek langsung dan tidak langsung sering kali dihubungkan dalam satu kalimat, tanpa menggunakan tanda kutip.

  1. Kepentingan Informasi

Dalam kalimat dengan ‘say’, pesan atau informasi yang disampaikan cenderung bersifat netral atau tidak terlalu penting. Namun, dalam kalimat dengan ‘tell’, pesan atau instruksi yang disampaikan cenderung lebih penting dan memiliki konsekuensi jika tidak diikuti.

Contoh Kalimat dengan ‘Say’ dan ‘Tell’

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang mengilustrasikan penggunaan ‘say’ dan ‘tell’:

Say:

  • She said that she had a great time at the party.
  • He said, “I can’t wait to see you again.”
  • They said that they would help with the project.

Tell:

  • She told him to turn off the TV.
  • He told me to take a seat.
  • They told us to be careful on the road.

Kesimpulan

‘Say’ dan ‘tell’ keduanya adalah kata kerja yang digunakan dalam konteks komunikasi. Meskipun keduanya memiliki arti yang mirip, mereka memiliki perbedaan penting dalam cara penggunaan dan struktur kalimat yang melibatkan mereka.

‘Say’ lebih sering digunakan dengan objek langsung, sedangkan ‘tell’ lebih sering digunakan dengan objek tidak langsung. Selain itu, ‘tell’ sering digunakan untuk memberikan instruksi atau perintah yang memiliki konsekuensi jika tidak diikuti.

Memahami perbedaan antara ‘say’ dan ‘tell’ dapat membantu seseorang menggunakan kata-kata tersebut dengan tepat dan memperkuat kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris.

Share it!
Mr. Khalid
Mr. Khalid

InggrisPRO merupakan wadah pembelajaran bahasa inggris serta menyediakan resource untuk mendukung pembelajaran bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *