Public Speaking

Public Speaking – Tujuan, Manfaat beserta Contoh

Public speaking artinya seseorang melakukan komukasi dengan pembahasan tertentu di depan publik atau di depan kelompo tertentu. Contohnya seperti melakukan presentasi, pidato atau bahkan melakukan presentasi didepan client.

Hal tersebut kadang menjadi dilema bagi berapa orang. Khususnya bagi mereka yang mempunyai sindrom berbicara di depan orang. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang mencari pelatihan Public speaking yang mana diharapkan dapat melakukan cara public speaking yang natural dan dapat mencapai goal presentasi atau pidato tersebut.

Penulis sendiri pernah mengalami masa saat merasa takut, grogi, gemetar dan gugup ketika harus berbicara di depan orang banyak.

BAGAIMANA MENGUASAI dan BELAJAR PUBLIC SPEAKING?

Terutama bagi anda yang dalam karir nya membutuhkan skill untuk berbicara atau presentasi di depan publik dengan tujuan untuk merebut hati client dan sejenisnya. Maka mempelajarinya adalah wajib hukum nya bagi anda untuk perkembangan dan kemajuan karir anda.

Bagi yang masih menempuh jenjang karir atau bahkan belum lulus sekolah atah kuliah bisa dimatangkan skill nya sejak dini, karena skill ini butuh yang namanya jam terbang.

Semakin banyak jam terbang, maka akan bagus skill pidato kita dan akan lebih terlihat natural berjalan nya waktu.

Kemampuan public speaking tidak bisa didapat hanya dengan mendengar tips dari tutorial yang ada di youtube, buku atau bahkan dari seminar sehari.

Kemampuan public speaking merupakan sebuah skill yang perlu di asah dengan jam terbang; yaitu dengan sering berlatih dan sering praktek didepan orang banyak.

Materi Belajar Public Speaking
Materi Belajar Public Speaking

Materi Belajar sebagai Pelatihan Public Speaking

Ngomong didepan orang banyak memerlukan latihan secara mandiri dan dipandu oleh mentor dan kalau bisa bersama tim yang sama sama memiliki tujuan yang sama.

Ada beberapa hal untuk dilatih agar public speaking kita terlihat profesional, natural dan excellent. berikut caranya:

Minimalisir Hesitation (Suara jeda – jeda)

Hesitation adalah suara yang keluar ketika pembicara ragu atau bingung atau juga lupa sama materi bahasannya. Seperti “err,,,,, hmmmm,,, eee,,, ennggg,, dll.

Suara tersebut pastinya sangat mengganggu buat pendengar dan memecahkan konsentrasi.

Cara untuk mengurangi bahkan menghilangkan hesitation adalah dengan sering melakukan latihan berbicara depan orang banyak.

Juga berbicara secara perlahan ketika latihan public speaking juga akan membantu menghilangkan hesitation.

Dengan bergitu anda akan memiliki banyak jam terbang dan akan berdampak baik bagi karir anda di masa depan.

Intonasi Suara

Public speaking yang bagus dan sempurna adalah public speaking yang dinamis; yaitu melakukan speech dengan memperhatikan intonasi.

Intonasi suara yang pas dan teratur dan sesuai dengan apa yang sedang dibahas akan menunjukkan kenaturalan dalam melakukan presentasi di deiapn publik atau klien.

Mengapa demikian?

Karena jika kita tidak mengatur dan memperhatikan intonasi serta menggunakan intonasi yang datang dalam melakukan presentasi akan membuat presentasi monoton. Itu sangat buruk untuk kesan dan hasil dari presentasi kita.

Efek buruknya adalah audience akan menganggap pembahasan presentasi kita tidak penting walaupun sebenarnya itu sangat penting dan bagus. Tapi karena kesalahan penggunaan intonasi, membuat presentasi memiliki hasil yang tidak diinginkan.

Jaga Eye Contact

Eye Contact adalah melakukan kontak mata kepada audience ketika melakukan presentasi. Hal ini merupakan hal yang sangat penting.

Mengapa demikian?

Karena ketika melakukan kontak mata kepada setiap pemirsa yang hadir secara bergantian akan membuat mereka secara psikologi bahwa kita secara langsung berinteraksi dengan mereka.

Hal itu akan membuat mereka mendengarkan dengan seksama atas apa yang kita sampaikan dan akan berdampak baik kepada setiap yang hadir.

Juga kita akan mendapatkan goal dari tujuan kita melakukan presentasi di tempat tersebut, baik itu goal dari tujuan public speaking, atau bahkan hasil approve dari client.

Jangan lupa Ekspresi dan Body Language

Hal yang paling dibenci setiap orang adalah merasa bosan. Juga, ketika melakukan public speaking dengan tanpa ekspresi dan tanpa body language sudah memenuhi syarat untuk presentasi yang membosankan.

Hal itu sangat tidak baik dan akan berakibat fatal.

Lakukanlah latihan ekspresi dan Body language ketika anda belajar public speaking. Ketika anda memiliki ruang gerak yang lebih lakukan secara proforsional body language yang pas dengan apa yang sedang di sampaikan.

Juga dengan ekspresi, jangan berikan eksrpesi datar. Juga jangan lakukan dengan memakai ekspresi yang berlebihan.

penggunaan Ekspresi dan Body language yang proforsional akan membuat presentasi terlihat hidup dan semakin mudahnya tersampaikan pesan tersirat dari presentasi.

PRACTICE, PRACTICE, PRACTICE

Setelah beberapa teori di atas, hal selanjutnya adalah melakukan praktek dan latihan secara konsisten. Akan lebih baik jika anda memiliki tim dan mentor yang memiliki tujuan yang sama; yaitu sama sama ingin memiliki kualitas dalam penyampaian presentasi ke publik.

Dimana Belajar PUBLIC SPEAKING

Dimana Belajar PUBLIC SPEAKING?

Ada banyak sekali tempat untuk belajar public speaking. Bahkan disetiap daerah di setiap kota akan kita temukan sebuah lembaga yang menyediakan kursus untuk latihan public speaking.

Namun ada satu tempat rekomendasi penulis untuk latihan public speaking.

TOASTMASTER

Ya nama tempat untuk belajar public speaking terbaik adalah toastmaster. Toastmaster merupakan organisasi non-profit yang bergerak dibidang leadership yang kegiatannya berupa latihan leadership yang salah satunya adalah bisa menjadi public speaker yang handal.

Toastmaster pertama berdiri di Amerika serikat. Namun jangan khawatir, karena Toastmaster telah mengepakkan sayapnya di kancah internasional di setiap negara. Termasuk Indonesia.

Saat ini, Di Indoensia, Toasmater telah ada dan tersedia di setiap kota di Indonesia dan ada banyak klub di setiap kotanya.

Cara bergabungnya sangat mudah, Yaitu hanya dengan datang langsung ke club terdekat dari tempat tinggal anda.

Untuk mengetahui club meeting terdekat dari lokasi anda, bisa buka langsung situs resmi Toastmaster. Kemudian anda cari menu club dan akan otomatis anda akan menemukan beberapa klub yang berada disekitar anda.

Anda kemudian bisa memilih klub mana saja sesuai hati anda dan juga yang sesuai dengan jadwal anda. Karena pada umumnya, Klub mengadakan meeting time seminggu sekali atau dua minggu sekali dan dengan hari yang berbeda-beda.

Sebenarnya ada banyak sekali klub di luaran sana atau cara yang bsia anda pakai untuk meningkatkan kemampuan public speaking anda. Jadi tugas anda kemudian adalah memilih yang mana yang menurut anda nyaman.

Jadi, anda dapat dengan bebad menentukan waktu dan lokasi yang tidak menyusahkan anda. Kemudian, Untuk mendaftar anda tinggal ngomong ke ketua klub pada saat anda hadir pada waktu meeting yang anda tentukan.

Tujuan Public Speaking

Tujuan Public Speaking merupakan communication skills dari salah satu jenis komunikasi lisan dengan melakukan pidato, ceramah atau presentasi. Bisa juga jenis berbicara di depan umum (orang banyak) lainnya.

Adanya keterampilan ini memiliki suatu tujuan secara umum, yaitu untuk memberikan informasi, mempengaruhi dan juga menghibur.

keterampilan berpidato merupakan turunan dari rumpun ilmu komunikasi dimana seseorang melakukan pembicaraan didepan publik atau suatu kelompok atau depan perorangan dengan tujuan yang diatas tadi.

APA BELAJAR PUBLIC SPEAKING PENTING?

Tahukah anda kalau apapun pekerjaan anda, public speaking merupakan sebuah skill yang sangat di butuhkan dalam dunia kerja atau karir anda. Ia merupakan skill penunjang yang wajib anda kuasai.

Apalagi anda bekerja pada perusahaan yang sering bertemu dengan client. Maka kemampuan public speaking menjadi wajib untuk anda.

Namun banyak juga yang menghindari untuk berbicara didepan orang banyak. Hal ini karena untuk berbicara depan orang banyak di butuhkan kemampuan public speaking yang baik dan natural.

ya….

Semua itu butuh latihan dan jam terbang.

Saran penulis jika anda memiliki kesempatan untuk berbicara didepan orang atau umum, maka lakukanlah. Karena kemampuan public speaking perlu latihan dan bukan hanya asal bicara dan ada teknik yang perlu anda pelajari dan taklukan.

Tujuan Public Speaking - Definisi serta Penjelasan
Tujuan Public Speaking – Definisi serta Penjelasan

Apa Tujuan Public Speaking?

Jika diatas kita telah diuraikan bahwa public speaking secara umum bertujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi dan juga menghibur.

Maka,

Berikut ini adalah Tujuan Public Speaking secara khusus :

Mempengaruhi

Public speaking secara umum dilakukan pembicara untuk mempengaruhi audience baik itu banyak atau jumlah sedikit untuk mempengaruhi dan mengubah pikirannya.

Apa lagi anda yang bekerja atau pekerja mandiri yang sering bertemu client untuk memenuhi permintaan anda dengan cara membuat mereka percaya dengan apa yang anda sampaikan.

Jika anda melakukan nya dengan baik, maka mereka (client anda) akan percaya dengan karena anda telah merubah pikirannya dengan presentasi anda.

Menginformasikan

Selain untuk mempengaruhi orang lain, Public juga bertujuan untuk menginformasikan sesuatu ke khalayak banyak orang tentang sesuatu. Baik itu tentang ilmu atau lainnya.

Biasanya public speaker menginformasikan dua hal dalam presentasi mereka :

Ilmu (Semua jenis ilmu)
Pengunguman
Berita Penting

Menghibur

Public Speaking juga memiliki tujuan untuk menghibur para audience dengan materi yang telah dipersiapkan oleh pembicara. Untuk hal ini anda bisa melihat banyaknya acara talk show atau lawak yang tersedia ditelevisi nasional yang penuh dengan humor.

Bahkan juga ada jenis terbaru sekarang ini yaitu, Stand up Comedy. Stand Up Comedy juga termasuk melakukan presentasi atau public speaking dengan tujuan menghibur.

tentu melakukan stand up comedy lebih sulit dari pada acara lawak dan talk show yang terdiri dari satu tim dan melakukan lawak.

Stand up comedy yang baik adalah stand comedy yang melakukan presentasi materi komedi dengan baik dan benar .

Memotivasi

Hal lain dari tujuan public speaking adalah untuk memotivasi. Seperti yang dilakukan motivator dalam acara seminarnya. Sekarang juga ada beberapa juga acara televisi dengan topik motivasi dimana motivator melakukan presentas tentang tema tertentu tentang pengembangan diri.

Mengubah

Yang terakhir adalah untuk mengubah. Maksudnya mengubah suasana yang tadinya tegang menjadi hangat, yang tadi nya membosankan menjadi meriah dengan cerita, presentasi atau apa saja dengan penyampaiannya.

Dengan memahami tujuan dari semua tujuan diatas, dapat kita ambi kesimpulan bersama bahwa tujuan diatas sangat penting bagi dunia karir kita.

Karena dunia kerja rata rata semuanya dan segalanya selalu berhubungan dan berinteraksi dengan manusia (client), dan public speaking yang akan membuat semua nya mudah.

MANFAAT PUBLIC SPEAKING

Tentu bagi yang sedang mendalami karirnya, tidak asing lagi dengan istilah Public Speaking beserta semua manfaat nya. Kemampuan berbicara di depan publik sudah menjadi kebutuhan primer pada abad ini.

Tidak bisa dipungkiri juga sudah banyak orang yang melirik ke bisnis menjadi pembicara public speaker. Semua itu karena memiliki honor yang lumayan besar.

Terlepas dari itu semua, ada banyak sekali manfaat manfaat dari public speaking itu sendiri.

Pada era ini, Hampir semua perusahaan khususnya perusahaan ternama mengutamakan pegawainya untuk punya keahlian dalam keterampilan ini terlepas dari apa bagiannya di perusahaan tersebut.

Lantas apa saja manfaanya. Mari kita ulas sama – sama mengenai manfaatnya:

Kemudahan Dalam Karir

Seperti yang telah diuraikan diatas bahwa public speaking sudah menjadi salah satu kualifikasi dalam pemilihan dan jenjang pada setiap karyawan khususnya dalam perusahaan ternama.

Intinya jika pekerjaan nya mengharusnya berinteraksi dengan manusia, maka ia harus menguasai public speaking untuk kemudahan dalam karirnya.

Menyampaikan Ide Lebih Efisien

Penyampaian gagasan atau ide akan lebih efisien jika disampaikan dengan cara public speaking dari pada dengan cara pribadi atau cara yang kurang formal.

Melatih Leadership

Tidak semua orang bisa melakukan public speaking. Bahkan walaupun ia termasuk manusia tercerewet sekalipun. Jika ia tidak memiliki pengalaman dan tidak pernah latihan berbicara didepan publik maka akan susah dan tidak sempurna public speakingnya.

Sehingga public speaking dapat, secara tidak langsung, melatih skill leadership kita. Kedua nya sama sama memiliki seni berhadapan dan mempengaruhi banyak orang untuk mengikuti pandangannya.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Hal ini sudah pasti termasuk dalam manfaat dalam public speaking.

Mengapa demikian?

Karena ketika anda melakukan presentasi didepan banyak orang, secara tidak langsung anda melatih kepercayaan diri anda lebih tinggi lagi.

Profesi Bergengsi

Selain dapat menjdai penunjang utama dalam karir anda, Anda juga dapat berkarir dalam dunia public speaking itu sendiri.

Saat ini Profesi Speaker adalah profesi yang bergengsi sekaligus profesi dengan bayaran termahal didunia.

Contoh Public Speaking

Public Speaking merupakan kegiatan yang melibatkan kepercayaan diri dalam melakukan presentasi dan diri kita adalah sebagai contoh atau figur sebagai pembicara.

Public speaker yang baik adalah pembicara yang melakukan presentasi dengan tenang dan tetap pada alur presentasi yang telah ia persiapkan.

Namun karena masalah minor, menjadi penyebab public speaker tersebut mejadi tidak profesional. Bisa karena grogi atau lupa materi atau hal lainnya.

Untuk mengatasinya, Diperluka latihan secara konsisten dan terarah dengan tim dan mentor. Dukungan tim dan mentor akan membuat skill kita terasah lebih cepat dan tajam.

Disini ada beberapa contoh berupa video dari organisasi Toastmaster yang bisa mejadi rujukan teman – teman untuk belajar meningkatkan skill berbicara didepan public.

Ramona J SMith


Kevin Stamper


Aaron Beverly


Diatas merupakan beberapa video terbaik pada kompetisi dari organisasi Toastmasteryang diadakan tiap tahunnya.

Bisa teman – teman tonton videonya dan pelajarin bagaimana mereka dengan tenang dan relax dan secara lepas melakukan presentasi.

Dengan mempelajari public speaking dari video – video para ahli public speaker di atas, secara tidak langsung kita juga telah mempelajari kemampuan dan skill serta tau cara praktek bahasa inggris dari video diatas.

Tentu saja tidak secara langsung mereka bisa menjadi profesional dan mengikuti ajang kompetisi tersebut. Mereka adalah pilihan klub mereka masing – masing yang menjadi perwakilan untuk district mereka.

Jadi mereka telah senior dan memiliki banyak jam terbang melakukan presentasi secara publik.

Baca Juga :
Kuis bahasa inggris Online

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top